Langsung ke konten utama

Kenapa Kita Harus Berbuat Baik ?


Yups.. kenapa ya kita harus berbuat baik ? Sampai kapan kita harus berbuat baik ? Apakah kalau ada orang yang berbuat jahat kepada kita, kita juga harus tetap berbuat baik juga ? Apa sebaiknya kita balas dendam aja ? Hahahaha… Bingung kan..???!!!

Well… Kalau kamu mau tau, hidup aku tuh dari dulu biasa aja. Ga oke-oke banget. Ga special banget. Dan ga istimewa banget. But I have a beautiful life in my version untuk saat ini. Banyak hal yang sudah terjadi di dalam hidup aku. Kebahagiaan, kesedihan, penderitaan, waaaah.. semuanya udah aku alamin.

Terpuruk ? Pernah.. sering malahan.. hehehe.. tapi aku selalu bangkit lagi walaupun susah.  Abis itu terpuruk lagi ? Wah jangan ditanyaa…  Pernah banget. Tapi selalu semangat lagi. Dan akhirnya aku sampai di sini sekarang..

Kenapa bisa ? Ya itu karena aku selalu berbuat baik. Alasannya agak klise sih emang kalo menurut orang-orang  Tapi emang bener itu. Karena aku selalu berbuat baik. Bukan hanya kepada oraang lain, tapi kepada diri aku sendiri. Berbuat kepada orang lain mah gampang. Tapi jujur, berbuat kepada diri sendiri adalah bagian yang susah dan tersulit. Bahkan terpenting. Karena akhirnya aku harus dipaksakan untuk baik dan terima dengan keadaan diri aku yang sekarang. Istilahnya berdamai dengan diri sendiri. Yess.. terima apa adanya. Itu yang susah..!! Tapi karena aku mengikuti prosesnya maka semua ngalir gitu aja.

Jujur.. Awalnya emang berat. Terlebih kita harus berbuat baik sama orang yang pernah jahat sama kita. Wah pasti gondok banget. Mau marah ?? Jangan ditanya. Apalagi untuk aku yang dulunya emang basicnya sifat asli aku adalah pemarah. Wuihhhhhh… Bisa ngamuk. Tapi Alhamdulillah aku berhasil mengendalikan emosi aku pada saat itu walaupun hanya untuk sesaat. Ga lama tapi bisa pengaruh banget lho sama perubahan hati dan pikiran aku. Paling ga aku jadi berpikiran rasional, dibanding ketika aku pada saat lagi marah-marah atau emosi.

Ini yang aku maksud berbuat baik kepada diri sendiri. Karena aku selalu menganggap berbuat  baik sama aku sendiri adalah hal yang positif yang bisa aku bangun. Karena secara tidak langsung aku peduli sama diri aku sendiri. Dan ketika kita berbuat baik, bahkan terbiasa berbuat baik, maka pikiran kita pun jadinya akan selalu mengarah pada hal yang positif karena kita selalu memandang segala sesuatu pada sisi baiknya. Bahkan kebaikan kita itu bisa mendatangkan kebaikan yang lain lho..  !!

Contohnya ketika kamu membantu orang lain, energy positif yang mengalir pada saat kamu melakukan kebaikan bisa jadi akan menggugah hati orang yang kamu bantu untuk melakukan kebaikan pada orang lain juga, sehingga kebaikan tersebuut akan mendatangkan kebaikan yang lain.

Asal kamu tahu, kamu ga perlu sesuatu hal yang besar kok untuk memulai suatu kebaikan. Cukup dengan hal-hal yang sederhana aja, misalnya membagi cerita inspiratif atau cukup hanya mendengarkan keluh kesah keluarga, teman, sahabat, pasangan, anak. Itu semua bisa mengawali kebaikan kamu hari ini.

Dan yang pasti berbuat baik itu bikin kita jadi lebih sehat. Semua orang yang kenal dekat sama aku pasti tahu kalau aku orangnya penyakitan, sering banget aku sakit dari dulunya. Karena emang aku orang yang gampang stress dan marah-marah. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah mulai berkurang. Karena aku sadar betul setiap kali aku berbuat baik, yang awalnya aku berbuat baik pada diri aku sendiri, otak aku sepertinya akan otomatis memproduksi hormon-hormon yang dapat membuat aku jadi lebih bahagia, yang ternyata memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Dan pastinya yang aku tahu, saat aku sudah memulai berbuat baik untuk aku dan untuk orang lain, aku tidak hanya memberikan kepada orang lain, tapi juga kebahagiaan untuk diri aku sendiri.

So… ??? Masih mikir sampai kapan untuk berbuat baik ? Masih ga mau nih berbuat baik ?
Pada dasarnya berbuat baik itu mudah. Tinggal niatnya saja. Karena hanya dengan satu langkah kecil kita hari ini, kita dapat mengubah dunia menjadi lebih baik lagi. Jadi mulailah sesuatu dan awali dengan kebaikan.

Semangat… !!!












Komentar

  1. Kenapa kita harus berbuat baik? Karena gak ada alasan untuk tidak berbuat baik. Berbuat baik ya berbuat baik aja sih. Tanpa ada alasan, tanpa ada yang diharapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget.. rules nya adalah manusia kalo bisa emang harus jadi orang baik

      Hapus
  2. Berbuat baik bukan untuk menerima perbuatan baik alias pahala sih, tapi lebih kepada karena Tuhan sudah begitu baik sama kita masa kita ga mau membagikan kebaikan Tuhan itu kan ke orang-orang.. bener kan yah...hehehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener... berbuat baiklah tanpa dipaksa dan jangan mengharapkan imbalan yaa

      Hapus
  3. i think when we do kind, and then the kindness will come with us too with every spicies and style. sure with me

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess.. karena kebaikan bisa datang dari mana aja yaa

      Hapus
  4. Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tidak tampak. Ini kerap banget terjadi. Berbuat salah sama orang lain, ada perasaan bersalah. Tapi berbuat salah pada diri sendiri, kitanya suka abai.

    Pura-pura baik-baik aja, padahal hati sendiri sedang sakit, hahaha ...

    BalasHapus
  5. Berbuat baik itu sebenarnya sudah tertanam dari hati kita sejak lahir ditambah lagi didikan dari orangtua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya ya kak.. tapi kadang ada pengaruh buruk dari luar yang datang yang bikin seseorang jadi berubah

      Hapus
  6. Kalau aku mikirnya perlakukan orang seperti apa kita ingin diperlakukan. Hm...pastinya kita mau diperlakukan dengan baik kan ya, jadi berbuat baik lah :)

    BalasHapus
  7. Berbuat baik itu memang memungkinkan utk menular. Apalagi yang menggugah hati banyak orang.Berbuat baik itu emang gak mengenal waktu dan itu kudu dibiasakan :)

    BalasHapus
  8. kadang berbuat baik suka gak perlu alasan sih ya mbak. aku sering ngerasa kalau malah jahat sama orang, apa bisa ya tidur nyenyak, apa gak kepikiran gitu, dsb..

    BalasHapus
  9. Berbuat baik kepada orang lain hakikat berbuat baik pula kepada diri sendiri. Apa yg kita tanam itu yang akan kita panen

    BalasHapus
  10. Hidup ini selalu ada sebab dan akibat. Ketika kita berbuat baik, maka kebaikan itu akan kembali lagi kepada kita. Karena kebaikan itu bersifat menular dan dapat membuat hati damai, tenang dan tenteram


    BalasHapus
  11. Kenapa kita harus melakukan hal-hal yang baik? Karena hal-hal baik bisa membuat kita bahagia ya, kak. Karena melakukan kebaikan bisa membawa kebahagiaan.

    BalasHapus
  12. Betuls..
    Berbuat baik itu mudah banget. Tapi yaa tergantung diri ini, mau memilih berbuat bai atau nggak.

    BalasHapus
  13. Banyak belajar sih dari pengalaman juga memang gak ada ruginya untuk terus berbuat baik, tanpa berharap balasan.. semangat juga ya kak untuk terus jadi orang baik :)

    BalasHapus
  14. Aku sih selalu percaya kalau kita berbuat baik kepada orang lain meski nggak dibalas dengan kebaikan, Allah nanti yang akan membalasnya

    BalasHapus
  15. Berbuat baik itu membahagiakan. InsyaAllah memang pasti ada gantinya yang lebih membahagiakan tanpa kita sangka.

    BalasHapus
  16. berbuat baik sebagai bentuk syukur karena Allah sudah memberi banyak kebaikan dalam kehidupan kita. berbuat baik juga bisa mendatangkan kebaikan lainnya, membuat hati kita senang dan tentunya menambah tabungan pahala kita, InsyaAllah...

    BalasHapus
  17. Makanya ada istilah Apa yang kita tuai maka itulah yang akan kita tanam.

    BalasHapus
  18. Pertanyaan filosofis banget nih, kak. Harus ada mata kuliah khusus yang tujuannya mencari jawaban dari pertanyaan semacam ini. :)))

    BalasHapus
  19. Dalam Islam sendiri diajarkan untuk selalu berbuat baik selalu tanpa mengharapkan sesuatu apapun

    BalasHapus
  20. Setuju, Kak. Saya sepakat kalau kita mau berbuat baik ya berbuat baik aja nggak usah mikir. Saya juga percaya kalau kita berbuat baik, suatu saat kita kesulitan maka kebaikan yang pernah kita lakukan akan "membantu" kita.

    BalasHapus
  21. tersentil juga baca tulisan ini, sepakat banget kalo berbuat baik gak boleh mikir dulu

    BalasHapus
  22. Berbuat baik itu mudah sekali dilakukan asalkan niat kita tulus, pasti bisa tersampaikan maksud dari perbuatan itu. Semangat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sesuatu yang dikerjakan drengan sebuah ketulusan makan hasilnya akan enak. dan kita mengerjakannya juga jadinya ikhlas

      Hapus
  23. Berbuat baik itu ternyata untuk diri sendiri yah. Saat kita berbuat baik, maka energi positif akan memancarkan di sekitar kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi menularkan sesuatu yang positif untuk orang lain akhirnya bikin kita seneng ya

      Hapus
  24. Setuju bgt. Aku juga sering emosional. Alhasil suka marah2, tapi udah belajar utk ngerem sih skrg jadi agak mendingan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kakak.. aku pun juga masih belajar dalam mengendalikan emosi nih

      Hapus
  25. Sepakat kak. Kalau kita membantu orang lain, maka energy positif akan mengalir pada saat kita melakukan kebaikan juga.

    BalasHapus
  26. Berbuat baik ga perlu ngarep imbalan baik Dateng cepet jg, harus ikhlas ya, karena Tuhan jg kaya gitu ma kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ilmu ikhlas lebih berat lagi nih... dan saya juga masih belajar

      Hapus
  27. Berbuat baik ke org lain akan berbalik lagi kekita nantinya entah langsung atau kemudian hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess bener banget.. apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se