Langsung ke konten utama

Belajar Bahasa Inggris dari TBI dan Komunitas ISB


Kata siapa kalau sudah tua tidak boleh belajar lagi ?

Buktinya saya.. Umur sudah kepala tiga, anak juga sudah tiga, seorang ibu rumah tangga pula, tapi semangat belajar masih ada. Setelah saya dapat workshop gratis tentang mengoptimalisasi blog, eh seperti ketiban rejeki durian runtuh, saya pun juga diterima ikutan belajar bahasa inggris gratis dari TBI (The British Institute). Hati siapa yang ga senang coba ?? Hehehehe…

Oiya buat yang belum tau, kerjaan saya sehari-hari selain saya mengurus anak-anak dan rumah, saya juga suka menulis. Yang saya tulis pun macam-macam. Bisa cerita sehari-hari, cerita parenting, review produk, buku, film, bahkan iseng bikin skenario. Pokoknya macam-macam deh. Intinya saya itu menulis apa aja. Makanya saya punya blog. Bukan cuma satu tapi ada dua blog. Blog yang pertama memang khusus untuk pekerjaan saya, dan yang satu lagi blog pribadi yang isinya hanya cerita-cerita curhatan saya.

Sebagai seorang penulis, saya itu sebenarnya kepengen banget punya salah satu tulisan artikel yang memakai bahasa inggris semua. Kayanya tuh keren gitu lho dibacanya. Hehehe… Kedengerannya sih terlalu muluk ya impian saya. Secara bahasa inggris saya juga ga lancar-lancar amat, ditambah saya belum percaya diri untuk mulai menulisnya. Takut salah tulis, takut tidak sesuai grammar. Banyak takutnya deh pokoknya..

Seperti gayung bersambut tiba-tiba saya dapat pengumuman di instagram kalau saya mendapatkan kesempatan belajar bahasa inggris dari TBI. Jadi waktu itu saya coba apply belajar bahasa inggris yang diadakan oleh Komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur) bekerja sama dengan TBI. Hingga tiba saat pengumuman bulan Mei dan Juni nama saya tidak kunjung ada. Ya sudahlah ga pa pa. Mungkin saya belum rejeki. Tapi ternyata di bulan Juli nama saya ada. Alhamdulillah seneng banget dengernya. Akhirnya…


Tentang TBI (The British Institute) 


Teman-teman sudah pada kenal dong pastinya dengan TBI. Bagi yang belum yuk kenalan…

TBI ini merupakan salah satu institusi pendidikan yang fokusnya yaitu kepada pembelajaran atau lebih tepatnya seperti kursus bahasa inggris. TBI didirikan pada tanggal 18 Februari 1984. Wah bulan berdirinya TBI sama nih seperti bulan lahir anak saya. Kalau dilihat dari tahun berdirinya berarti sudah lama juga ya. Hampir sama seperti umur saya. Berarti mutu dan kualitas dari lembaga ini sudah tidak perlu diragukan dan dipertanyakan lagi.

Soal pengajar yang ada di TBI pun juga pastinya sudah expert dan memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standar internasional. Sehingga nantinya TBI akan tetap menjadi pilihan utama dari beberapa orang untuk mengembangkan lebih luas lagi tentang kemampuan belajar bahasa inggrisnya.

Dan pastinya mempunyai kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris sebagai second language merupakan nilai lebih banget nih untuk saya yang memang bisa saya pergunakan seumur hidup saya. Bahkan untuk pekerjaan saya dan juga untuk mengajar anak-anak saya.

TBI juga adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Language). Dan inilah yang menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metode pengajarannya.

Dan tahun 2020 ini, TBI sudah menginjak angka yang ke-36. Bukan merupakan waktu yang sebentar dalam memberikan pelayanan yang luar biasa kepada seluruh murid-muridnya. Makanya dalam rangka merayakan ulang tahunnya, TBI mengadakan beberapa acara kompetisi. Seperti lomba menulis, mebuat vlog, kompetisi video, dan masih banyak lagi lomba lainnya. Tujuannya adalah agar murid-murid dari TBI menjadi lebih bersemangat dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka tapi dengan cara yang menyenangkan.

Wah seru juga yaaa… andai saja saya sudah jadi muridnya TBI nih.. pasti saya bisa ikutan.


Kelebihan dari TBI 


Kenapa sih harus belajar bahasa inggris di TBI ? Berikut penjelasannya
  • Metode dan materi pengajaran yang diberikan sangat up-to-date
  • Menerapkan sistem pengajaran yang praktis dan relevan
  • Metode pembelajaran sangat menyenangkan dan dinamis. Jadi murid-murid tidak akan cepat bosan
  • Jadual kelas sangat bervariasi dan pastinya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan murid. Karena TBI memiliki kelas dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu mulai pukul 10.00 – 19.00 . Jadi fleksibel banget kan..
  • Tenaga pengajar yang sangat berpengalaman baik yang asing maupun yang local. Dan pastinya para pengajar ini memiliki standar kuallifikasi serta sertifikasi internasional
  • Bisa belajar dimana saja karena TBI juga memiliki kelas yang dapat diakses secara online atau digital learning
  • Biaya kursus yang sangat terjangkau



Program Kelas di TBI


Di TBI ada beberapa program kelas yang bisa kita pilih, diantaranya adalah :
  • Children
  • Pre Teen
  • Teen
  • Global English
  • Exam Preparation for TOEFL or IELTS Test
  • Workshop
  • In House Training
  • Private Class
  • Blended Learning
  • Online Learning
  • Teacher Training



Aktifitas di TBI 


Selain belajar TBI juga mempunyai beberapa kegiatan aktivitas yang sering dan pernah dilakukan, yaitu :
  •          Supporting acara pendidikan
  •          Pentas seni
  •          Special Promotion
  •          All Year Programme
  •          Holiday Programmed & Back To School Programme



Lokasi dan Cabang TBI


Jakarta
-          Pondok Indah
-          Kuningan
-          Kelapa Gading
-          Cibubur

Selain di Jakarta, TBI juga ada di :
-          Depok
-          BSD - Tangerang
-          Gading Serpong - Tangerang
-          Bandung : Jalan Riau, Dago, Jatinangor
-          Festival Citylink di Jalan Peta – Bandung
-          Malang


Belajar Bareng TBI dan Member Komunitas ISB 


Nah sekarang lanjut cerita saya pas dapat kelas belajar singkat dari TBI yaa..
Jadi Alhamdulillah saya dapat short course dari TBI selama 3 hari, yaitu tanggal 21 – 23 Juli 2020. Walaupun cuma  3 (tiga) hari tapi saya senang karena ilmu yang saya dapat sangat bermanfaat.

Day 1
Di hari pertama ini saya bertemu dengan Ms Efsa. Disini saya belajar tentang Introducing. Contohnya introducing my self. Lalu saya juga belajar tentang membuat kalimat tunggal yang sangat sederhana sekali.

Day 2
Hari kedua bertemu dengan Mr Mojo. Dan kali ini pembahasannya adalah tentang Writing For Blogger, dengan materi lanjutannya adalah mengetahui perbedaan antara simple sentences, compound sentences, dan complex sentences.

Agak njlimet sih untuk saya yang anti banget dengan yang namanya grammar English. Tapi karena tutor dari TBI bisa menjelaskan dengan bahasa yang santai yang dapat dipahami oleh saya dan teman-teman akhirnya saya mulai mengerti dan bisa menerapkannya dalam tulisan saya.

Day 3
Pembahasan di hari ketiga lebih detail, karena secara tidak langsung materi kali ini adalah tentang mereview produk dan juga belajar mengemukakan pendapat secara objektif.



Untuk pembelajaran saya dengan TBI ini adalah hampir sekitar 2 jam setiap harinya. Singkat banget sih. Yah namanya juga short course. Tapi pastinya ilmu yang didapati sangat lumayan. Dan bisa menambah kepercayaan diri saya untuk bisa memulai menulis artikel berbahasa inggris tanpa harus merasa takut salah atau takut jelek atau apa pun.

Terima kasih banget untuk TBI karena memberikan short course yang sangat bermanfaat sekali untuk saya. Dan pastinya saya akan merekomendasikan TBI kepada teman dan keluarga saya untuk belajar bahasa inggris di TBI.

Nah buat temen-temen yang mau kursus bahasa inggris di TBI, silahkan menghubungi contact person di bawah ini ya.. Mudah-mudahan dapat promo nih..


Info : 0823-1601-0164
Website : www.tbi.co.id
Instagram : tbibandung
Facebook : TBIBandung



Selamat Belajar……



Sharing is Caring


Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Ya ampun, salut sama semangatnya mom, aku pingin deh belajar bahasa Inggris tp kok susah, jd masih payah nih Inggrisku 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari dengerin lagu2 bahasa inggris say. Lebih gampang itu kalo aku sih .

      Hapus
  2. Luar biasa kakak ini semangatnya, aku sampai sekarang masih sgt belepotan bahasa inggris,andai dekat aku mau join dikomunitasnya

    BalasHapus
  3. Gak nyangka TBI ini ternyata udah ada dari tahun 84 ya kak. Wah saya aja belum lahir. Tapi bukan lahirnya samaan sama saya nih.. bulan februari juga.

    BalasHapus
  4. Semangat Mbak..saya sudah 44 tahun nih masih terus belajar juga. Sama-sama belajar kita!!
    Keren banget nih bisa ikutan workshop ISB yang bekerjasama dengan TBI. Meski short course lumayan jadi ingat pelajaran bahasa Inggris saat sekolah dulu ya..
    Semoga sukses dan semangat mengaplikasikan ilmu blogging dan English-nya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak keliatan mba dian.. awet muda pisan.. ckckck. Eh maaf salah fokus sama komen..

      Hapus
  5. Wah, selamat ya Mbak, dapat kesempatan belajar Bahasa Inggris lagi bareng TBI. Wah, siapa coba yang nggak kenal TBI. Seumur-umur, aku tuh belum pernah ikutan kursus di lembaga bahasa apalagi yang sebesar TBI ini. Pasti senang juga sambil lonjak-lonjak andai dapat kesempatan yang sama, hahaha ...

    Ayooo, semangat praktek! Semangat juga nih ndukungnya, hihihi ...

    BalasHapus
  6. Wah, senengnya bisa dapat kesempatan belajar bahasa Inggris. Pengen juga nih, kapan ada lagi ya? Belajar kan memang tidak mengenal usia. Jadi selagi masih ada kesempatan, ayok saja..

    BalasHapus
  7. Pas banget nih buat yang ingin belajar bahasa inggris, apalagi di zaman milenial sekarang hampir disebagian artikel maupun di televisi menggunakan bahasa inggris.
    Tentu kalau kita udah paham, bisa tau artinya apa.
    Kapan ya punya kesempatan belajar juga di TBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks.. aku masih menakar-nakar nih Mba.. kapan bisa belajar di TBI. Mengingat anak-anak masih krucil banget.. masih kerempongan..

      Hapus
  8. Hebat mbak nya belajar bahasa Inggrisnya level Second Language, tidak lagi as Foreign Language. Two thumbs up!

    BalasHapus
  9. Walau short course tapi bisa belajar di TBI pastinya punya pengalaman tersendiri ya mom. Apalagi bareng komunitas ISB.

    BalasHapus
  10. TBI ini emang terkenal dari dulu..
    Klo mw bljr bhs inggris, orang ingatnya ya TBI..

    BalasHapus
  11. TBI? cita2 jaman dulu. ga kesampean. kayanya keren banget kalau ambil kursus di TBI 😊

    selamat ya. semoga ilmunya kepake.

    BalasHapus
  12. Dulu pas kuliah aku pernah ambil conversation class di TBI. Pengen rasanya belajar nulis dalam bahasa Inggris dengan TBI juga

    BalasHapus
  13. Beruntung banget dirimu, mba. Hanya orang terpilih yang bisa ikutan nih. Tambah mantap dong cas cis cus. Makin sukses ya mba :)

    BalasHapus
  14. Mbaaa Tya keren banget sih, emak2 anak 3 masih semangat belajar bhs Inggris. Eh gimana caranya ikutan short course ini? Mau donggg diajakin..

    BalasHapus
  15. Wah mantul banget ni mom bisa ikutan short course bareng TBI. Kualitasnya bukan kaleng-kaleng kaan.. ih kapan ya ada lagi? Kali-kali aku bisa juga ikutan hehehe

    BalasHapus
  16. Hebat! salut ma semangatnya mbak yang tetap semangat belajar. Aku juga rasanya pengen belajar lagi bahasa inggris. Soalny malu anakku di sekolahnya pake kurikulum dari cambridge. jadi kadang dia suka nanya ini itu.lah emaknya gak tahu. Hehehe...

    BalasHapus
  17. Tulisannya nyaris ga bisa saya baca, kecil2 n buram, saya pun pake HP bukanya hehe
    Btw setujuuu, belajar tu ga kenal usia, justru sepanjang usia hehe

    BalasHapus
  18. Senangnya ya bisa mendapatkan kesempatan
    Padahal pendaftar nya banyak sekali ya.
    Saya ikut belajar juga nih dari tulisan ini. Mempelajari Bahasa emang penting apalagi utk seorang penulis

    BalasHapus
  19. Wah baru denger nihh. Kayaknya seru banget yaa. Keinget pernah kursus jugaa di usia yang ngga lagi muda hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren TBI nih.mbak bisa bikin artikel blog bhsa inggris ya..jadi mau coba juga kepo8n TBI mksh infonya mba

      Hapus
  20. Wah, jadi pengen juga belajar bahasa inggris di TBI. Pengen juga bisa mereview produk dalam bahasa inggris.

    BalasHapus
  21. wah di malang ada juga cabang TBI.
    Kebetulan lagi mau cari tempat kursus bahasa Inggris buat anak-anak. Ntar mau cari alamatnya ah, mau cari informasi lebih lengkap ke sana

    BalasHapus
  22. Ini TBI tuh emang bagus banget, karena jaman ngantor aku juga belajar di TBI untuk english bussiness.

    BalasHapus
  23. wah keren mom fathiyah..nanti dipraktekkan jadi bloger internasional yaa..aku masih pake bahasa inggris salah paham...salah2 yang penting paham haha

    BalasHapus
  24. Suka sekali belajar bahasa..
    Apalagi di TBI yang sudah banyak pengalamannya dalam hal pendidikan bahasa Inggris.
    Setelah belajar, implemetasinya langsung nih yaa, kak..

    BalasHapus
  25. Saya jadi pengen belajar bahasa Inggris lagi. Karena bahasa kalau jarang dipraktekin jadi kaku lagi

    BalasHapus
  26. Wah beruntung nya bisa ikut kelas YBI secara gratis, program nya lengkap juga yah Mba. Kalau daftar masih bisa ikut promo nya gk yah? Heheh

    BalasHapus
  27. Mbak Fathiyah, baca ini saya jadi inget pernah ikutan tes TOEFL or IELTS Test di TBI Malang. Tempatnya nyaman banged buat belajar. Tp zaman now bs kursus drmana aja ya online. Tfs

    BalasHapus
  28. wah senangnya bisa belajar TBI aku pernah kursus bahasa inggris, karena jarang di praktekkan masih oon nie kak bahasa inggrisnya cuma bisa yes,no. Gimana mau nulis artikel english ya masih belepotan gini

    BalasHapus
  29. Serunya dapat kesempatan belajar bahasa Inggris di TBI begini. Kemarin pengen daftar tapi jamnya nggak pas sama kegiatan harian. Apalagi anakku masih awal batita dan bayi. Repot kalau jam jam segitu.

    Semangat terus belajarnya ya mba.

    BalasHapus
  30. Setuju kalau memang belajar itu tidak terbatas usia. Saya yang bahasa Inggrisnya ecek-ecek gini jadi penasaran mbak. Jadi kepo pengen gabung TBI

    BalasHapus
  31. Mantab nih, bisa jadi referensi untuk kursus bahasa inggris. Pengin sih suatu saat ikut kursus, biar lebih lancar inggrianya.

    BalasHapus
  32. Waaa pasti senang sekali ya mba bisa dapat kesempatan short course di TBI, apalagi materinya khusus buat blogging. Saya juga benernya sama seperti mba Fathiyah yang anti sm grammar, mumet rasanya �� tapi di TBI kayaknya sistem belajarnya mudah ya? Ada kleas online nya kah mba?

    BalasHapus
  33. Asik banget bisa belajar di TBI, saya pernah liat suami ikut belajar di TBI bareng komunitas ISB juga, kl buat mengasah skill sih bagus, tapi kl buat pemula kayak saya blm cocok, krn mesti belajar dari awal ��

    BalasHapus
  34. Waah jadi terpacu deh semangat saya. Trims kak lewat tulisan ini beneran tersulut lagi nih pengen bikin blog yang berbahasa inggris dari dulu sampai sekarang belum terwujud ya karena takut-takut tadi hehehe

    BalasHapus
  35. Seneng deh kl kelasnya dinamis dan gak cm satu arah ya Mbak.. palagi didukung dg penggunaan teknologi pembelajaran, keren banged ta TBI

    BalasHapus
  36. kalo di jakarta yg terkenal dulu english first, LIA, LP3i, TBI. biasanya yang paling diminati itu lembaga yang ada native speakernya. jadi pengajarnya dari luar negeri yg sudah menguasai bahasa indonesia

    BalasHapus
  37. Wah jadi tau ada lembaga ini nanti aku kabari ke adek aku yg masih sekolah, dia kemarin mau cari kursus buat persiapan ielts katanya

    BalasHapus
  38. Ih sama mbak, aku juga kepala 3 dan anak 3, tapi semangat belajar tetap membara. Semangat emak-emak!

    BalasHapus
  39. TBI ada yang lokasinya deket rumah nih. aku dari dulu pengen banget nyoba les di TBI ini

    BalasHapus
  40. Aku juga masih mau ih belajar Bahasa Inggris. Senang banget ya dapat short course gratis dari TBI. Semoga keinginan bikin blog berbahasa Inggris lekas terwujud ya...

    BalasHapus

  41. Wuih..masih ada aja TBI.. terakhir dulu tahun 2001 pas awal mereka buka sempat datang ke kelas yamg di sekitaran cikini...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se