Langsung ke konten utama

Inovasi Baru SGM Eksplor Advance+ Soya

Dalam masa tumbuh kembang, anak membutuhkan konsumsi nutrisi seimbang, termasuk protein, untuk mendukung kualitas kesehatannya di masa depan. Walaupun susu sapi merupakan salah satu protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, tetapi tidak semua anak bisa atau cocok mengkonsumsi protein susu sapi. Sehingga perlu diberikan alternatif nutrisi agar tetap dapat mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Seperti susu pertumbuhan yang mengandung formulasi khusus protein terhidolisa akstensif, protein asam amino bebas atau isolate protein soya dengan bahan dasar soya.

Dan pada tanggal 28 Agustus 2019 lalu saya berkesempatan hadir dalam acara “Media dan Blogger Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya” di Double Tree By Hilton, Jakarta. Acara ini juga termasuk Launching Inovasi Baru dari SGM Eksplor Advance+ Soya.


Sebagai perusahaan yang peduli terhadap pemenuhan nutrisi, dan telah berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia selama lebih dari 60 tahun, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) terus mengedepankan riset dan inovasi dalam pengembangan produk nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian si kecil.  Dan pada tanggal 28 Agutsus 2019 Sarihusada menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan SGM Eksplor Advance+ Soya dengan 5 Kebaikan ComplinutriSoy+ untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang tidak cocok minum susu sapi.





Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia, Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), Meutia Athaya, selaku Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya, serta Brand Ambassador SGM Eksplor Advance+ Soya Natasha Rizky. Mereka semua pastinya akan berbagi info seputar tumbuh kembang anak dan juga tentang SGM Soya. Dan acara ini dipandu oleh MC cantik Dewi Kumala.





Danone Indonesia dan Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM)

Bapak Ari Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia memberikan sambutan pertama kali kepada para Media dan Blogger Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya. Danone Indonesia mempunyai misi untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak generasi maju melalui formula soya.


Sarihusada sebagai bagian dari Pusat Riset Danone Nutricia Research, didukung oleh keahlian dan jejaring yang dimiliki Pusat Riset dan Inovasi di seluruh dunia. Sarihusada berkomitmen untuk mengedepankan riset sehingga dapat membawa inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak-anak di Indonesia. 



Sekilas info bahwa soya (kedelai) sendiri sejarahnya sendiri sangat panjang. Soya ditanam di China 6000 tahun lalu, dan merupakan salah satu sumber pangan dan sumber gizi. Soya sering kita lihat dimana-mana. Namun menurut Bapak Arif Mujahidin, yang akan diperkenalkan oleh Sarihusada sendiri adalah bagaimana riset yang telah dikembangkan oleh Danone Indonesia dan Sarihusada yang akan membedakan produk yang nanti akan diluncurkan.  

Pada tahun 1954 Sarihusada sendiri sudah pernah memproduksi susu kedelai melalui NV Sari Kedelai yang dibentuk dan didirikan oleh PBB sebagai awal solusi dalam pemenuhan gizi. Setelah dunia mengalami Perang Dunia yang ke-2, banyak anak-anak yang mengalami mal nutrisi, bahkan di Eropa banyak juga anak-anak yang mengalami gizi buruk.

UNICEF sebagai lembaga PBB merupakan salah satu yang mempelopori untuk mengatasi gizi buruk anak-anak pasca perang. Pada saat itu UNICEF memberikan intervensi dalam hal pemenuhan gizi berupa pemberian protein. Di negara-negara yang memiliki angka kebutuhan pemenuhan protein yang cukup tinggi bisa memberikan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak melalui protein susu sapi. Tapi di negara-negara yang kurang memiliki peternakan susu sapi, pemenuhan kebutuhan nutrisinya digantikan oleh soya (kedelai) sebagai pemenuhan protein non hewani.

Dan hubungannya dengan keadaan saat ini, sesuai dengan tujuan pembangunan  berkelanjutan yang diterapkan oleh PBB, yaitu terbebasnya anak-anak dari kelaparan (Zero Hunger). Dan salah satu yang dicapai adalah ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi.

Di Indonesia ada 31 hak anak dan salah satu hak anak yang harus dipenuhi dan dijamin adalah hak untu hidup dan berkembang. Penting untuk diperhatikan, dalam perkembangan anak dari masa ke masa, tidak semua anak cocok mengkonsumsi susu sapi. Dalam acara ini akan ada pakarnya yang membicarakan tentang bagaimana mendukung hak anak berkembang dan pemenuhan nutrisi tapi anak ini tidak cocok dengan susu sapi.

Selain itu mengenai inovasi, akan dijelaskan juga apa yang ditawarkan oleh Sarihusada dengan produk terbarunya melalui formulasi soya.

Bapak Arif Mujahidin juga menerangkan sampai saat in Program Zero Hunger alias anak-anak yang kelaparan sudah tidak ada lagi. Namun masih ada anak-anak yang mengalami Hidden Hunger alias kelaparan yang tersebunyi. Anak-anak yang mengalami Hidden Hunger ini bukan merupakan anak-anak yang kelaparan karena kurang makan atau kurang karbohidrat atau yang lebih dikenal kurang makro nutrient, melainkan karena kekurangan zat-zat mikro seperti zat besi.

Dalam hal ini Sarihusada juga akan memberikan penjelasan melalui riset dan akan memberikan formulasi yang sudah terfortifikasi menggunakan zat-zat mikro melaui produk-produk yang akan diluncurkan.



Tumbuh Kembang Anak


Selama masa kehidupan anak, peran nutrisi sangat penting dan sudah dimulai dari 1000 hari pertama kelahiran, yaitu dari semenjak periode kehamilan sampai dengan usia remaja. Salah satunya adalah susu yang merupakan salah satu sumber pangan sangat penting juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Namun kadang ada beberapa kondisi tertentu yaitu anak tidak bisa mengkonsumsi susu yang berbahan dasar sapi.


Ada beberapa orang tua yang menyampaikan bahwa anaknya tidak bisa mengkonsumsi susu sapi. Apakah anak saya merupakan alergi susu sapi ? Pada kesempatan kali ini Prof. Dr. dr. Rini Sekartini Sp.A(K) akan membahas tentang tumbuh kembang anak yang mempunyai faktor intoleran terhadap protein susu sapi.


Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk mengetahui seorang anak alergi susu sapi adalah dengan berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan klinis. Tahap selanjutnya bisa dilakukan dengan pemeriksaan di laboratorium. Namun biasanya pemeriksaan laboratorium tidak terlalu dibutuhkan jika dalam pemeriksaan klinis sudah diketahui apabila anak mengalami gejala alergi susu sapi.

Anak-anak dengan faktor intoleran terhadap protein susu sapi tetap berkesempatan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sama dengan anak lainnya.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua, yang paling penting adalah alternatif nutrisi agar kebutuhan makro nutrien termasuk protein, dan mikro nutrien tetap terpenuhi. Salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak-anak yang tidak cocok dengan protein susu sapi adalah formula dengan isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi. Formula berbasis isolate protein soya adalah alternatif yang aman dan efektif pada anak yang kebutuhan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dari susu pertumbuhan berbahan dasar susu sapi.

Formula dengan isolat protein soya merupakan nutrisi yang tidak kalah baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, fungsi reproduksi, endoktrin, imunitas, dan system saraf dari anak-anak pengkonsumsi protein susu sapi dengan isolat protein soya tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengkonsumsi susu sapi.



SGM Eksplor Advance+ Soya

Dalam acara ini juga turut hadir Meutia Athaya selaku Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya. Protein adalah salah satu komponen nutrisi seimbang yang berperan untuk pembentukan struktur sel, membantu sel menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi di dalam jaringan tubuh dan organ.

Seringkali orang tua merasa khawatir dengan tumbuh kembang anak mereka yang tidak cocok dengan protein susu sapi, karena kekurangan protein pada anak akan mengakibatkan tumbuh kembang anak terganggu.


Mba Meutia menyampaikan bahwa Sarihusada menyadari bahwa semakin banyak orang tua yang sadar akan pentingnya pemenuhan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang anak secara optimal. Dan pada saat ini Sarihusada memperkenalkan inovasi terbarunya dari SGM Eksplor Advance+ Soya dengan ComplinutriSoy+ yang menyediakan solusi nutrisi dalam membantu optimalisasi tumbuh kembang anak-anak yang tidak cocok dengan protein susu sapi.

SGM Eksplor Advance+ Soya dilengkapi dengan 5 kebaikan ComplinutriSoy+ yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang optimal anak, yaitu 100% isolat protein Soya berkualitas, Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Bebas Laktosa, Sumber Serat, serta 13 vitamin dan & mineral.



Brand Ambassador SGM Eksplor Advance+ Soya

Natasha Rizky seorang aktris dan seorang ibu dengan anak yang tidak cocok dengan protein susu sapi juga memberikan pengalamannya mengenai tumbuh kembang anak yang mengkonsumsi susu sapi. Pada saat anaknya (Miskha) tidak cocok mengkonsumsi susu sapi, Natasha sempat merasa khawatir tentang pemenuhan nutrisi anaknya. Dengan kondisi seperti itu, Natasha dan suami (Desta) sangat memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan kepada anak, terutama untuk memastikan tumbuh kembang optimal.


Hadirnya alternatif solusi nutrisi seperti formula soya tentunya dapat membantu orang tua dalam memenuhi nutrisi terbaik bagi si kecil yang todak cocok minum susu sapi, sehingga dapat mendukung tumbuh kembangnya untuk memiliki potensi prestasi menjadi anak generasi maju.



Launching SGM Eksplor Advance+ Soya

Sarihusada memperkenalkan salah satu produk terbaiknya yaitu SGM Eksplor Advance+ Soya dengan ComplinutriSoy+ dan memberikan dukungan dan semangat kepada para orang tua bahwa SGM juga memiliki peranan penting dalam pemenuhan nutrisi si kecil. Dengan alternative nutrisi yang tepat, si kecil tetap dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal agar kelak dapat mencapai potensi prestasi dan tumbnuh menjadi Anak Generasi Maju.


Selain alternatif nutrisi, PT Sarihusada Generasi Mahardhika juga membantu menyediakan edukasi dan informasi yang terkait dengan anak yang tidak cocok dengan susu sapi melalui digital (kampanye #BundaTanggapAlergi dengan 3K dan alergianak.com), media social, seerta tenaga kesehatan baik bidan maupun dokter spesialis anak. Usaha tersebut telah berhasil untuk mengedukasi 100 juta Bunda dan Sarihusada berkomitmen untuk terus mendukung Bunda di Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil.  

Selain itu Sarihusada berharap inovasi ini dapat semakin menambah semangat orang tua bahwa anak yang tidak cocok dengan protein susu sapi pun masih bisa bertumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya.

Semoga kita semua bisa memberikan kontribusi terhadap pemenuhan nutrisi dalam mendukung tumbuh kembang anak sekaligus relevan dengan target pemerintah Indonesia di 5 tahun ke depan untuk menjadikan Indonesia maju melalui sumber daya manusia yang unggul dan tentunya dimulai dari anak-anak yang cukup pemenuhan gizinya.

Dan oleh karena itu Sarihusada akan menunjukkan bagaimana tentunya Sarihusada akan mendukung anak-anak menjadi generasi maju di kemudian hari.


Salam Generasi Maju









Best Regards,

Mommy Tya

Komentar

  1. Wah, baru tahu yang namanya hidden hunger...

    BalasHapus
  2. Soya...hmmm ...semoga nanti anak saya suka dengan rasanya

    BalasHapus
  3. Wahh senangnya ikut event ini, semenjak punya anak dua ini jadi makin sangat kepikiran apalagi kalo udah ada bahasan tentang tumbuh kembang anak, pasti selalu kepoin apapun yang bisa memenuhi gizinya..thanks for share :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se