Langsung ke konten utama

The Growth of Baby - Setahun Pertama

Setahun Pertama

Apa yang terlintas di benak kita ketika bicara tentang “setahun pertama” ??

Pasti sesuatu hal yang seru dong, yang indah, yang lucu, sesuatu yang baru, dan masih banyak lagi. Intinya pasti ngomongin yang bagus-bagus aja ya. Secara baru setahun gitu lho. Hehehehe..

Dan yang dimaksud disini dengan setahun pertama adalah kita akan bahas tentang setahun pertama dalam hal perkembangan bayi. Yup..

As you know aku seorang mommy dengan 3 anak. Setahun pertama dari anak-anakku adalah masa-masa emasnya mereka semua. Ya diperhatiin, dimanja, diurus, segala-galanya deh pokoknya.

Karena satu tahun pertama adalah saat yang paling menakjubkan dari anak-anak kita. Bener ga Moms ??

Berbagai kejadian penting dan juga bertambahnya kemampuan bayiku nantinya akan menjadi suatu catatan dan juga kenangan yang tidak terlupakan. (Jangan baper ya Moms…)

Pertumbuhan dan perkembangan bayi berlangsung sangat cepat sekali lho Moms. Dari janin dalam rahim ibu, lalu lahir menjadi bayi yang belum bisa apa-apa, sampai menjadi anak kecil yang mulai belajar jalan. Semua ini hanya butuh waktu +/- 12 bulan dengan perkembangan baru dan menarik tiap bulannya.

Tiap anak memang berbeda-beda perkembangannya. Kita ga bisa memaksakan suatu anak pertumbuhannya harus sama. Tapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan di setiap waktu masa pertumbuhannya, yang nantinya bisa kita jadikan patokan untuk anak kita sendiri. Kita liat yuk apa aja..

Usia 0 – 3 bulan
Di usia 1 bulan pertama, bayi hanya bisa menggerakkan kepala dari sisi ke sisi. Cengkraman tangan bayi pun sangat kuat. Makanya kadang kalo kita lagi pegang tangan bayi kita, maka dia akan membalas dengan menggenggam tanga kita dengan sangat kuat.

Ketajaman bayi dalam melihat sesuatu pun sudah mulai meningkat. Bayi kita akan membalas tatapan kita ketika kita memeluk dan menatapnya dengan penuh kasih sayang. So amazing ya Moms.. Di umur segitu bayi kita tahu apa yang kita rasakan.

Tepat di usia 3 bulan bayi kita akan menahan kepala dan leher sebentar pada saat tengkurap. Kepala juga sudah mulai tegak saat digendong. Bahkan pada usia ini bayi sudah mulai bisa tertawa.

Dan masih di usia bayi ini kadang kita masih merasakan baby blues seperti halnya aku. Apalagi ketika aku baru punya anak pertama. Bawaannya suka sedih terus takut bayiku kenapa-kenapa. Ga mau tinggalin dia lama-lama. Maunya meluk terus, dan pasti sedih kalo liat dia nangis karena aku ga tau dia menangis karena apa.

Orang bilang mungkin ini agak lebay yaaa.. But that’s me… I love my baby… (pembelaan banget yaa..) Tapi aku yakin semua ibu pasti merasakan hal yang sama seperti yang aku rasain. Hayooo bener kan ??

Usia 3 – 4 bulan
Pada usia ini bayi sudah melihat sampai ke seberang ruangan dengan cukup jelas. Walaupun belum terlalu jauh juga ya litanya. Dan biasanya di usia ini bayi sudah lebih mudah ditenangkan saat rewel, karena dia sudah tau banyak hal-hal di sekelilingnya yang membuatnya tertarik. Bisa suara-suara yang memanggil dia atau hanya sekedar liat objek yang lain.

Usia 4 – 6 bulan
Nah di usia ini yang paling aku suka. Karena pada saat umur 4 – 6 bulan kontrol si bayi terhadap tubuhnya itu sudah mulai meningkat banget. Bayi sudah bisa berguling ke salah satu sisi badan. Juga sudah mulai menggunakan tangan dan kakinya untuk sedikit “bersenang-senang”.

Misalnya dengan gerakan menendang, memasukkan tangan ke mulutnya, memutar-mutar jarinya sendiri, dan juga belajar memindahkan sesuatu dari tangan yang satu ke tangan yang lain.

Selain itu bayi kita juga bisa menyemburkan ludah, dan yang paling kita sukai adalah saat usia ini sudah bisa berceloteh. Yap.. ini jadi mainan buat kita juga yaa.. Hehehe..

Usia 6 – 9 bulan
Kalo menurut aku usia 6 bulan harusnya bayi sudah mulai bisa duduk dengan atau tanpa ditopang. Tapi kalaupun ada yang belum bisa duduk di usia ini jangan terlalu khawatir ya Moms. Karena tiap bayi memang punya pertumbuhan yang berbeda. Tergantung dari stimulasi yang kita berikan pada bayi kita. Nanti akan ada saatnya kok. So jangan khawatir dan jangan terlalu dipaksakan yaa..

Selain duduk, bayi juga sudah bisa merangkak di usia ini. Sambil duduk, ia juga mulai bisa bertepuk tangan, dan bermain cilukba. Ia juga akan mengamati dan juga meraih apa pun yang ia genggam dengan tangannya. Dan setelah bosan, ia akan merangkak untuk mengeksplorasi apa-apa yang keliatan menarik di sekelilingnya.

Usia 9 – 12 bulan
Berdiri dan belajar berjalan akan menjadi tantangan yang menarik buat bayi kita. Pada saat ini jangan kaget karena bayi kita akan bisa memungut benda yang jatuh dengan ibu jari dan telunjuk. Bahkan kalau yang sering aku liat pada tahapan ini bayi kita malahan akan dengan sengaja bermain-main dengan mainan yang ia jatuhkan, lalu dipungut dan dijatuhkan kembali mainan itu. Lucu yaaa…

Jika kita berpikir bahwa bayi kita tidak mencapai tahapan pertumbuhan yang seharusnya, dan kita benar-benar yakin bahwa ada sesuatu yang salah, maka segera konsultasi dengan dokter ya Moms.

Harus diingat bahwa ketepatan waktu dalam tahapan perkembangan bayi kita, seperti kapan bayi kita duduk, atau mengucapkan kata pertama, itu bukanlah hal yang terpenting. Tapi melainkan bahwa bayi kita selalu bergerak maju yaitu bergerak atau bertumbuh dalam tahapan proses perkembangannya.

"Because our baby is very special for us"


See youuuuuu....



Tya

Komentar

  1. pokoknya 1 tahun pertama itu luar biasa..hehhe

    BalasHapus
  2. Waooww is amazing ya...kalau melihat perkembangan anak-anak kita mulai dari dalam kandungan sampai dia berumur 2 tahun

    BalasHapus
  3. Hebat banget 3 anak. Saya 2 aja rempong bgt

    BalasHapus
  4. Kalau melihat perkembangan sesuai petunjuk dokter atau bidan, kadang membuat kita was2 kalau anak perkembangannya tidak sesuai. Namun ternyata tiap anak berbeda yah.

    BalasHapus
  5. Lucu-lucunya dah setahun pertama..ga pegel pula gendong nya...heee

    BalasHapus
  6. Jadi ga sabar liat setaun pertama si utun #elus elus perut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se