Langsung ke konten utama

Family Trip at Alun alun Kota Garut

Haaaaiiiiii… Jumpe lagi… (gapapa kan say hai ala2 film Upin Ipin..hehehehe..)

Ini efek akibat keseringan nemenin anak2 nonton film Upin Ipin jadi kaya gini deh..  Sampe gaya bahasa pengucapan ikut2an mereka. Hahahaha…


Yup… aku masih mau bahas edisi tentang review tempat lokasi wisata ya guys… Satu lokasi lagi yang kemarin aku bilang aku mau ceritain tentang liburan aku pas ke Garut. Taraaaaa… destinasi liburan aku terakhir adalah ke Alun Alun Kota Garut. Kedengerannya biasa aja yaaa… ??? Emang iya sih biasa banget tempatnya. Tapi yang mau aku jadiin luar biasa disini adalah kalau aku pergi ke suatu daerah tertentu aku harus pergi ke yang namanya alun alun dari kota yang aku datangi. Kaya sekarang ke Garut ya aku mau datangin Alun  Alun Kota Garut. So simple yaa…??? Sepupu aku juga bilang nanti di alun alun kota Garut nanti katanya aka nada wisata delman juga yang bisa nganterin kita keliling alun-alun. Semoga saja beneran ada yaa.

Yess.. kali ini aku jalan lebih santai. Ini akibat aku dan keluargaku kelelahan kemarin setelah pulang dari Gunung Papandayan. Aku sampai dirumah jam 9 malam. Karena macet dan karena kita makan malam dulu diluar. Jadi sampai dirumah sudah malam. Dan setelah itu kita tidur pulas sampai pagi. Makanya untuk pergi ke alun alun aku tidak menjadualkan harus berangkat pagi. Sesiapnya saja.

Dan kali ini aku jalan jam 8 pagi. Biar masih lancer. Biasa hari sabtu dan weekend pula. Takutnya orang2 mau pada liburan ke Garut, jadi kita tetap antisipasi saja jalan pagi (Cuma ya ga pagi2 banget juga sih…). Rute jalan ke alun alun pun ga susah. Setelah ketemu jalan raya dari Kadungora kita lurus aja ke arah Leles dan nanti ketemu bunderan daerah Samarang namanya lalu dari situ belok kiri kea rah alun alun. Hanpir semua dijalan2 Garut ada petunjuk jalan. Jadi ga susah juga sebenarnya kalo mau muter2 di kota Garut.

Perjalanan dari rumah ke alun alun hanya memakan waktu 30 menit. Sebentar yaaa.. Alhamdulillah ga macet. Aku langsung masuk ke Mesjid Agung Alun-alun Kota Garut. Biar gampang aja aku pilih parkir di mesjid. Lagipula agak sepi parkirannya jadi agak leluasa juga. Dari parkiran mesjid aku langsung masuk ke alun-alun lewat pintu samping.







And guess what ??? Anak2ku langsung pada lari sebebas2mya.. Hahahaha.. Ga pernah nemu lapangan seluas dan sebesar ini ya Nak di Bekasi ??? kasian yaaa… hihihi…



Jujur aku liatnya juga senang banget. Karena masih pagi jadi suasananya masih sepi. Udara jg masih sejuk. Dan kebetulan cukup cerah juga. Cuma aku agak sedikit kecewa karena wisata keliling delman yang dibilang sama sepupuku ternyata ga ada. Pada hari itu ternyata mereka ga datang karena lagi libur. Baru ada hari Minggu. Yaaaaah… sedih deh… jadinya aku dan anak2 hanya main2 saja disitu sambil beli dan icip2 makanan yang dijual sama pedagang kaki lima yang kebetulan sedang jualan di sekeliling alun alun Kota Garut. Dan sambil foto2 pastinya. Hehehehe..







Aku sempet ngobrol dengan salah satu orang yang ada di alun alun Garut. Kebetulan dia orang asli Garut. Katanya sekarang ini Alun alun Garut sudah ramai, banyak yang datang semenjak sama pemerintah dibikin bagus dari segi tempat dan pemandangan. Masih kata orang itu juga, katanya setiap sore pun banyak aktifitas yang dilakukan di alun-alun Garut. Mulai dari kegiatan anak2 sampai dewasa. Ada yang perorangan ada juga komunitas yang ikut meramaikan alun alun Garut. Ada juga beberapa wahana permainan yang ada di alun alun ini. Seperti yang tadi aku bilang, ada wisata keliling delman. Tapi ternyata delman yg dimaksud disini bukan andong yang ditarik oleh kuda lho ya guys, melainkan ditarik oleh domba. Makanya namanya Deldom alias delman domba. Hihihi… lucu ya namanya. Nah nanti deldom ini akan mengantar anak2 kecil buat keliling2 alun alun Garut. Tapi sayang kali ini aku ga beruntung. Jadi ga bisa deh ajak anak2 naik Deldom. Maybe next time..

Oiya selain itu katanya di alun alun Garut juga ada wahana mini becak, ATV, sepeda dan juga mandi bola. Wow.. seru yaa pantesan aja selalu rame disini. Selain karena lokasinya strategis, alun alun Garut juga dekat dengan pusat kota makanya banyak banget orang yang mampir ke sini. Tapi skedar informasi guys waktu yang ramai untuk kita datang dan lihat wahana2 itu adalah pada siang hari sampai sore saja. Maksimal sampai jam 18.00. Setelah itu tutup. Jadi ga sampe malam yaa…

Untuk masuk ke alun alun Garut ga ada biaya lho. Hanya saja seperti biasa kita Cuma harus bayar parkir motor dan mobil saja. Itu pun ga mahal kok. Parkir motor hanya Rp. 2.000,- sedangkan parkir mobil hanya Rp. 5.000,- Murah kan ??? Sedangkan untuk sewa Deldom, Mini Becak, ATV, dan lain2 harganya bervariasi antara Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 15.000,-. Masih terjangkaulah yaaa… Dibandingkan dengan harga main game di mall.



Karena pada saat aku datang ke alun alun tidak ada apa pun disana, aku ga mau dong bikin anak2ku jadi bête alias bosan. So.. aku langsung puter otak buat bikin acara dadakan yang bakalan bikin mereka hepi. Setelah asyik main2 di lapangan aku bilang ke anak2 kalau kita akan keluar dari alun alun dan akan keliling seputar alun alun tapi jalan kaki. Awalnya anak2 ga mau. Tapi karena diiming2in akan dibeliin makanan akhirnya mereka mau juga. Hehehehe.. So jadilah kita keluar dari alun alun Garut.

Sebenarnya ga ada yang special sih dari acara dadakan yang aku buat. Hanya muter2 aja. Di sekeliling alun alun itu pertama kali yang aku lihat ada Mesjid Agung yang tadi tempat aku parkir mobil. Mesjidnya lumayan besar dan mesjid ini adalah symbol dan lambang keagamaan (Islam) dari kota Garut itu sendiri. Selain itu ada rumah berbentuk pendopo yang sekarang ini dijadikan rumah dinas Bupati Garut. Di sebelahnya juga terdapat perkantoran2. Didepan alun alun nya lagi (maaf ya aku kurang tau itu arah apa. hehehe) ada juga Kantor Pembantu Gubernur. Ga ngerti juga sih sebenarnya tugas dari Pembantu Gubernur itu apa. Dan yang paling khas dan yang paling keliatan di deket alun alun adalah adanya Lembaga Pemasyarakatan (LP). Agak ga biasa juga ada LP di deket alun alun. Tapi ya emang ada sih..

Setelah alun alun nya udah kita puterin, ternyata aku tertarik jalan2 ke sebelah kantor Bupati Garut. Dari alun alun aku nyebrang ke kantor Bupati Garut trus masuk ke dalam jalanan yang ada di sebelah kantor itu. Aku agak tertarik kesana karena aku melihat Cuma di daerah itu aja yang pada saat itu agak ramai dan banyak orang berlalu lalang. Jadi aku sangat penasaran untuk tahu ada apa disana. So.. we’re going there kids !!

Rasa penasaranku terjawab, ternyata setelah aku berjalan ke arah belakang gedung Kantor Bupati itu, di sana ada Sekolah Dasar. Makanya rame banget. Rame anak2 yaang baru pada pulang sekolah (karena pada saat itu waktu menunjukkan jam 10 pagi) jadi ada sebagian anak2 yang sudah pulang sekolah. Ada juga ibu2 yang duduk diluar sekolah sambil menunggu anak2nya pulang sekolah. Tapi bukan itu yang bikin menarik. Melainkan banyaknya tukang jajanan makanan di depan sekolah tersebut. Yeaaayyyy makan2 lagi kitah. Hahahaha…

Dari dulu aku selalu suka makanan anak2 di sekolah2 SD. Entah kenapa sepertinya aneh aja dan yang pasti enak. Makanan itu akan kita temukan hanya di sekolah SD aja. So.. aku sama anak2 langsung hunting muter2 dari ujung sampai ujung lagi kira2 ada makanan apa aja disana. Lets Go…

Ketoprak dan bubur ayam
Yang pertama aku liat adalah makanan ketoprak dan bubur. Yang ini sih  biasa ya guys. Ga usah pergi ke Garut juga ini makanan emang ada dimana2. Mungkin hanya beda rasa dan tambahan makanannya aja. Selebihnya sama aja. So.. skip dulu untuk dua makanan yang ini. 

Baklor mini
Baklor itu singkatannya martabak telor. Buatnya pakai kulit lumpia yang digoreng sambil diisi kocokan telur dicampur daun bawang, merica, saos, dan sosis. Trus dilipet segitiga trus di goring lagi. Dan disajikan di kertas nasi yang warna cokelat. Harga bervariasi dari Rp. 2.000 sampe Rp. 5.000. Lumayan murah yaa… Untuk makanan ini aku sama anak2 sempet nyobain. Dan rasanya emang enak.

Cilok, Cimol, Cilung
Kalian pasti tahu cilok dan cimol dong pastinya. Cilok (aci dicolok) terbuat dari aci yang dibuat bulat2  seperti bakso, dimasaknya dengan di kukus. Setelah matang dimakan dengan saos juga kecap. Kalo cimol (aci digemol) itu hampir sama kaya cilok dibentuk bulat2 Cuma masaknya di goreng, dan dimakan dengan saos bubuk, yang rasa saosnya bervarian. Ada yang pedas ada juga yang manis. Nah kalo Cilung (aci digulung) adonannya dibuat dengan cara digulung pada tusuk sate hingga kaya sate nantinya. Sebelum di goreng cilung ini dilumuri dulu dengan telur dan tepung roti. Setelah matang bisa juga dimakan dengan kecap atau saos barbeque. Tiga makanan ini juga aku beli semua. Hahaha.. ngeborong yaa..

Mie lidi
Mie lidi yang dimaksud disini beda dengan mie kebanyakan pada umumnya. Mie nya punya tekstur yang tipis dan keras seperti halnya lidi. Rasanya cukup pedas karena mie nya ditaburi serbuk cabe dan juga lada. Endess lah pokoknya. Harganya Cuma 2 ribuan. Tuh kan murah lagi kan.. ?? Aku pun sempet juga coba makanan ini.

Telur dadar bulat
Kalo yang ini pasti kalianjuga tau dong. Ini Cuma makanan yang dibuat dari telur aja Cuma dicampur dengan sedikit terigu dan beberapa sayuran seperti kol, wortel, dan daun bawang. Dimasak pakai cetakan bulat2 kecil. Setelah matang bisa dimakan dengan ditambah saos pedas dan juga kecap. Untuk makanan ini aku ga beli karena kayanya biasa aja. 

Sate sosis bakar
Makanan ini pun sebenarnya udah ga aneh lagi ya. Sekarang udah banyak yang jual juga. Cuma sosis disini yang dipakai bukan sosis yang ukuran besar. Tapi yang kecil supaya anak2 sekolah bisa terjangkau beli nya karena dijual dengan harga yang murah. Cara buatnya yaitu sosis ditusuk ke tusukan sate lalu dilumuri saos barbeque dan di bakar. mmmm yummy ya kalo dimakan hangat2.

Fried chicken
Fried chicken yang dimaksud disini bukan fried chicken dalam arti sebenarnya ya guys. Jadi makanan ini Cuma terdiri atas potongan2 ayam yang sudah di suir2 dan dimasukkan ke dalam adona tepung dan di goreng. Jadi hasil potongan ayam yang digoreng juga kecil2. Makanua dijual dengan harga Rp. 1.000 per satuannya. Untuk yang ini aku cobain 5 potong aja. Lumayan.. Heheheh

Es Goyobot
Nah ini yang bikin aku tertarik. Es ini konon katanya lagi terkenal2nya banget di Garut. Emang aku lagi cari banget minuman ini. Untungnya ketemu. Jadi es ini terdiri dari jelly yang agak2 kenyal kaya cendil dicampur dengan alpukat, potongan kelapa, roti tawar, lalu dilumuri dengan susu kental manis cokelat dan juga kacang. Seger ya guys.. Harganya juga Cuma Rp. 5.000 per gelas.. Aku pun beli 5 gelas untuk aku dan anak2.

Lumayan banyak ya makanan2nya. Cuma itu aja sih yang bisa aku review. Untuk makanan yang lain ya biasa aja yang bisa kita temui di Jakarta atau kota2 lain. Plus tukang mainan anak2 juga banyak. Yah.. walapun aku ga sempet nemu yang menarik di dalam alun alun garut tapi paling ga aku kenyang dengan makan jajanan yang ada di sekolah SD ini. Sayang yah.. aku ga punya dokumentasinya. Next time bolehlah..

So… Inilah akhir liburan aku selama 4 hari di Garut. Sebenarnya masih ada 2 tempat lagi yang mau aku kunjungi yaitu Taman Bunga Kamojang dan juga Wisata Air Panas Cipanas. Tapi karena aku harus pulang hari ini juga (setelah dari alun alun), maka dua destinasi yang tadi aku sebutin akan jadi tujuan berikutnya. Inshaa Allah…



Sekali lagi mudah2an info dari aku bisa bermanfaat yaaa…
Have fun and may you have a nice holiday like me…

Daaaaahggghhhhh



Tya






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se