Langsung ke konten utama

Kenapa Anak-anak Harus Vaksin Flu (Influenza) ??



Kenapa Anak-anak Harus Vaksin Flu (Influenza) ?

Hai Mama… Akhir-akhir ini cuaca lagi tidak bersahabat banget ya ? Panas kering kerontang gitu. Dan kadang-kadang adem tapi ga hujan juga, karena memang sudah mau masuk musim kemarau ya..

Dan kalau sudah seperti ini tidak jarang pasti banyak anak-anak jadi sakit. Bisa panas, radang tenggorokan, bahkan kadang influenza (flu). Dan kadang flunya ga sembuh-sembuh saking membandelnya.

Influenza atau yang sering di sebut flu itu sendiri adalah infeksi saluran pernapasan atas. Dan flu sendiri sebenarnya bukan penyakit asing, bahkan flu relatif gampang disembuhkan. Orang yang sehat biasanya akan sembuh sendiri tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Kalaupun harus minum obat dan dibarengi dengan istirahat yang cukup, kondisi tubuh orang yang terkena influenza biasanya akan cepat kembali pulih.


Terkait dengan penyakit Flu yang sedang terjadi akhi-akhir ini karena perubahan cuaca yang sangat ekstrim, Alhamdulillah saya diundang oleh The Urban Mama dalam acara Blogger Gathering #TUMBloggersMeetUp yang membahas “Kenapa Harus Vaksin” terutana kenapa harus vaksin influenza pastinya vaksin untuk anak-anak.


Acara tersebut diadakan pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019 di Kembang Kencur daerah pejaten. Ada beberapa nara sumber yang hadir yaitu dr. Attilla Dewanti Sp.A beliau adalah dokter spesialis anak. Dan juga celebrity mom Maya Septha yang akan memceritakan suka duka anak-anaknya yang terserang flu dan bagaimana cara mengatasinya juga mencegah anak-anak kembali terkenal flu.
  


Kenali Influenza (Flu)

Pada sesi pertama dr. Attila menjelaskan tentang perbedaan Flu Biasa (common cold) dan Flu (influenza). Kalau flu biasa setelah kita terserang flu, maka 1-2 hari gejala dan sakitnya akan hilang. Tapi kalau influenza selain ada batuk pilek juga disertai gejala lain seperti pusing, nyeri badan, dan juga demam.


Dr. Attila juga menambahkan bahwa penyakit influenza sering dianggap ringan, namun ternyata beresiko tinggi bagi anak-anak. Pada anak-anak, bahkan orang tua, dan orang yang lemah lebih cenderung menderita komplikasi. Flu sangat menular dan ditularkan melalui batuk dan juga bersin, dan tangan yang tidak di cuci setelah kontak dengan cairan yang ada di hidung atau mulut.



Orang dewasa bisa mengalami sakit influenza selama 2x dalam setahun. Tapi kalau anak-anak bisa 4x atau lebih mengalami sakit influenza dalam setahun. Terutama anak-anak yang berusia balita adalah kelompok yang paling beresiko tertular flu dan terkena komplikasi, seperti sinus hingga infeksi paru-paru sperti pneumonia dan bronchitis. Ditambah lagi dengan kondisi system kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna.

Maka dari itu, flu sebenarnya tidak boleh kita sepelekan. Dan penularan flu dapat terjadi dengan mudah di kalangan anak-anak, terutama di lingkungan sekolah dimana tingkat kebersihannyan kurang terjamin.


Moms semua pastinya pernah dong mengalami anaknya sakit flu. Karena hampir semua anak-anak pernah sakit flu. Seperti anak-anak saya. Sering banget kena sakit flu. Biasanya gejalanya itu sudah dimulai dengan anak demam dan kedinginan, mata merah, nyeri badan, batuk yang disertai hidung berair yang mungkin menetap selama 1-2 minggu setelah gejala lainnya hilang.

Serupa dengan saya, Celebrity Moms yang hadir saat Blogger Gathering yaitu Mom Maya Septha pun juga bilang kalau sudah gejala seperti ini pastinya sedih banget. Karena anak akan menjadi tiba-tiba rewel, tidak mau makan bahkan tidak mau minum susu. Dan akhirnya anak jadi lemas.


Mom Maya Septha pun juga menambahkan efek dari sakit flu yang menyerang anak kita secara otomatis akan membuat kita kehilangan waktu bermain bersama anak. Dan anak pun juga akan kehilangan waktu bermain bersama teman-temannya di rumah juga di sekolah. Belum lagi buat mama yang bekerja, pastinya harus menyediakan waktu khusus untuk merawat dan menemani anak di rumah, sehingga terpaksa absen ke kantor.



Yang dapat dilakukan pada saat anak terkena Flu

Berdasarkan pengalaman saya ketika anak saya terkena flu pasti saya akan menyuruh anak saya harus istirahat total. Saya stop semua kegiatan fisik apa pun yang biasanya dilakukan anak saya.

Hal senada juga disampaikan oleh Mom Maya Septha. Selain minum banyak cairan dan juga minum obat demam dan juga obat batuk, bila batuknya kering minum obat pereda batuk. Kalau batuknya berdahak minum ekspektoran (pelancar dahak). Dan bila masih dengan keadaan yang sama selama beberapa hari kemudian biasanya dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.



Pencegahan Sakit Flu

Pada umumnya memang agak sulit mencegah tertularnya penyakit flu, terutama bila musim flu melanda.

Berikut beberapa tips yang sudah saya dan Mom Septha biasa lakukan dan akan saya sampaikan ke para Moms tentang bagaimana sih pencegahan flu terhadap anak
  1. Hindari tempat yang sedang terjadi wabah flu. Biasanya di sekolah anak atau di lingkungan rumah yang hamper semuanya terkena sakit flu. #LawanFluDiSekolah
  2. Jika anak kita bertemu dengan salah satu anak penderita flu usahakan jaga jarak dengan anak tersebut. Ini untuk menghindari anak kita terkontaminasi mukosa hidung dan mata dari anak penderita flu
  3. Meski dalam kondisi sehat, anak-anak jangan terlalu sering menggosok-gosok  hidung dan mata dengan jari-jarinya. Karena kita tidak tahu apakah jari-jari anak kita bersih atau tidak. Takutnya jari-jari anak kita sudah melakukan kontak dengan anak penderita flu
  4. Gunakan tisu atau seringlah mencuci tangan untuk mencegah penularan
  5. Banyak minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Lebih banyak minum lebih bagus. Bisa juga dibantu dengan banyak minum jus
  6. Minum vitamin dan suplemen untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh anak
  7. Jaga kesehatan anak dengan selalu memberikan asupan makanan yang bergizi
  8. Rutin melakukan olahraga ringan untuk anak-anak
  9. Melakukan vaksinasi influenza secara rutin setahun sekali




Vaksinasi terhadap Flu

Mengapa penyakit flu mampu demikian “setia” menemani umat manusia sampai sekian lama ? Bila ditengok sifat genetisnya, virus flu dikenal sebagai virus yang tidak stabil. Virus flu sering bermutasi akibat pertukaran gen. Oleh karena itu kita sering mendengar munculnya jenis flu-flu “baru” yang sulit sembuh, lebih parah gejalanya, bahkan adan juga yang sampai menelan banyak korban.

Usaha pencegahan penyebaran virus flu sebenarnya bisa dilakukan dengan vaksinasi. Tapi rupanya cara ini secara umum belum diterapkan oleh beberapa orang tua di  Indonesia. Dan terkadang ada beberapa dokter yang tidak menyarankan orang tua untuk melakukan vaksinasi khususnya vaksin flu kepada anak.

Vaksinasi Flu harusnya diberikan setahun sekali. Karena memang manfaatnya diberikan terbatas hanya melindungi terhadap jenis virus flu tertentu selama satu tahun. Sedangkan setiap tahun muncul beberapa jenis virus baru.

Efek setelah mendapatkan vaksin flu biasanya hanya alergi. Itu pun tidak semua orang dan hanya terjadi pada beberapa  orang saja. Hanya kurang dari sepertiga orang yang menerima vaksin merasakan sakit, dan hanya 5-10% yang mendapatkan efek samping (kebanyakan pada anak-anak) seperti pusing atau sedikit demam seperti menderita flu ringan. Tapi ini pun hanya terjadi pada anak yang belum pernah terserang virus influenza sebelumnya.





Kenapa Harus Vaksin ?

Pada acara #TUMBloggersMeetUp kemarin turut hadir juga perwakilan dari PT Sanofi Pasteur Indonesia selaku penggagas campaign #KenapaHarusVaksin. Beliau mengatakan bahwa “Kenapa Harus Vaksin” merupakan sebuah campaign yang digagas oleh PT Sanofi Pasteur Indonesia sejak April 2019. Campaign ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar turut menyebarkan informasi mengenai manfaat dan pentingnya vaksinasi.


Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa vaksinasi hanya diperuntukkan untuk anak saja. Melalui gerakan #KenapaHarusVaksin PT Sanofi Pasteur Indonesia ingin membagikan informasi tentang pentingnya vaksinasi untuk berbagai tahapan usia, mulai dari bayi, anak remaja, dewasa, hingga lanjut usia.


Pencegahan influenza salah satunya adalah dapat dilakukan melalui vaksinasi yang bisa dilakukan setahun sekali. Vaksinasi flu direkomendasikan untuk semua orang dari usia anak 6 bulan ke atas setiap tahun. Vaksin flu dibuat menggunakan langkah-langkah kemanan dan produksi yang ketat. Jutaan orang telah aman menerima vaksin flu selama beberapa decade.




Dan untuk pemberian vaksin influenza itu sendiri sudah ada dalam daftar list imunisasi yang dianjurkan di Indonesia dan sudah disetujui oleh WHO dan juga Kementrian Kesehatan.


Dan vaksi flu yang biasa saya dapatkan untuk anak saya di beberapa rumah sakit biasanya saya pakai yang 4 strain. Karena vaksin 4 strain ini lebih bisa melindungi anak dari resiko infeksi influenza hingga 90%


Manfaat #VaksinFlu mencakup perlindungan terhadap anggota keluarga sendiri dan orang lain. Selain itu juga mengurangi resiko terkena flu dan juga komplikasinya.

Jadi sebaiknya para orang tua sudah mulai tidak ragu lagi untuk memberikan vaksin flu kepada anak-anaknya #4BetterProtection supaya anak-anak bisa terlindungi dari penyakut influenza.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai virus influenza dan vaksin flu Moms bisa mengunjungi Instagram @kenapaharusvaksin . Jangan lupa di follow ya Moms agar moms selalu update terus soal informasi kesehatan anak-anak


Selalu semangat untuk membuat keluarga kita sehat terus ya Moms…






Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Cantik ya Maya Septa. Anakku belum vaksin nih

    BalasHapus
  2. Lengkap bgt penjelasannya mom, aku ternyata belum vaksin flu nih 🙈 mau coba cari tahu ah, makasih ya infonya

    BalasHapus
  3. Masyaalloh lengkap banget penjelasannya mbak. Informatiif

    BalasHapus
  4. aq baru tahu loh mom kalau anak2 jg bisa diberikan vaksin flu ini, aq cm kasih vaksin wajib aja selama ini, trs kl flu malah gak kedokter tp pake obat luar aja, makanya lama sembuhnya

    BalasHapus
  5. Besok mau anter anak anak vaksin flu , biar sehat karena kan dah masuk sekolah

    BalasHapus
  6. Vaksin influenza buat anak dan dewasa juga sangat diperlukan. Alhamdulillah anakku, aku berikan vaksin influenza setiap tahunnya

    BalasHapus
  7. Aku baru tau kalo vaksin flu itu harus 6 bulan sekali. Thanks infonya Mom tya.

    BalasHapus
  8. Aku pusing kalo anak sudah meler mba , ya ampunn ternyata harus vaksin ya dan penting banget uyk daya imun anak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se