Langsung ke konten utama

Berdamai Dengan Asam Lambung


Pernah mendengar penyakit asam lambung  ?
Pernah mengalami yang namanya sakit asam lambung ?
Apa bedanya sakit asam lambung dengan sakit maag ?

Kalau saya pribadi sudah hampir 3 (tiga) bulan ini familiar banget sama si asam lambung ini. Karena saya lagi urus suami saya sendiri yang lagi sakit asam lambung. Bahkan sampai dirawat sebanyak 5 (lima) kali dari bulan April sampai dengan Juli ini. Terakhir minggu lalu tanggal 24 Juli 2020 baru pulang ke rumah, setelah dirawat selama seminggu karena asam lambung yang kambuh.

Kok bisa ya ? Memangnya bahaya ya sakit asam lambung itu ?
Yang pasti… kenalan dulu yuk apa itu penyakit asam lambung


Pengertian Penyakit Asam Lambung 


Penyakit asam lambung itu terjadi karena naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi di saluran pencernaan yang menghubungkan langsung mulut dengan lambung. Posisinya adalah lurus ke atas.

Sebenarnya naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum dan wajar. Tapi bisa juga menimbulkan rasa yang sangat perih pada ulu hati. Selain itu rasa yang timbul ketika asam lambung naik adalah rasa begah atau perut terasa seperti penuh sehingga kita akan merasa tidak nyaman bahkan akan merasa sesak.  

Nah kondisi awal ini lah yang pertama kali dikeluhkan oleh suami saya. Tiba-tiba dia merasa perut begah seperti penuh di area atas (ulu hati). Awalnya dikira masuk angin. Dan ketika suami saya minta dikerik (karena biasanya kalau merasa masuk angin, pasti minta dikerik) itu memang merah semua punggungnya.

Harusnya sudah mendingan kalau sudah dikerik. Tapi rasa bega tak kunjung reda. Akhirnya setelah 5 (lima) jam menunggu tanpa ada perubahan saya membawa suami saya ke IGD rumah sakit terdekat dari rumah. Dan ternyata kata dokter asam lambung suami saya naik. Hal ini diketahui karena suara perut dari suami saya terdengar kembung. Dan setelah diperiksa dengan stetoskop ternyata kandungan gas yang berasal dari asam lambung nya telah naik sampai ke perut atas. Hal ini lah yang menyebabkan perut merasa penuh.

Yang lebih tidak enak pada saat itu adalah suami saya pun juga mengalami kondisi dada yang berdebar-debar dan juga ada rasa kesemutan serta keleyengan (pusing) pada kepala. Hal inilah yang sempat saya khawatirkan. Karena saya takut suami saya terkena GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Yaitu kondisi dimana asam lambung naik sampai ke kerongkongan yang juga menyebabkan sakit di dada, serta dada merasakan seperti terbakar.

Beruntungnya, Alhamdulillah suami saya tidak sampai mengalami GERD. Karena seperti yang kita tahu ketika seseorang sudah mengalami GERD terkadang akan disertai juga serangan jantung. Ini lah yang orang suka bilang angin duduk. Karena dikira sakit masuk angin. Padahal ini sebenarnya adalah asam lambung yang naik. Ketika seseorang tersebut tidak kuat dan disertai ada serangan jantung yang tiba-tiba, maka bisa mengakibatkan stroke bahkan sampai kepada kematian.


Penyebab Penyakit Asam Lambung 


Lalu apa sih sebabnya orang bisa terkena penyakit asam lambung ?

Saat suami saya dirawat, suami saya diperiksa oleh Dr. Gery. Beliau adalah dokter spesialis penyakit dalam dengan sub spesialis gastroesophagus di RS Eka Hospital Kota Wisata Cibubur. Beliau sangat cermat dan teliti dalam menjelaskan tentang kondisi penyakit asam lambung yang diderita oleh suami saya.

Dr. Gery menjelaskan bahwa organ lambung itu mempunyai 2 (dua) katup yaitu katup atas dan katup bawah. Dua katup ini merupakan jalan masuk dan jalan keluar makanan yang masuk ke dalam organ lambung. Ketika salah satu katup tersebut terbuka dengan lebar maka asam lambung bisa naik ke dalam perut, dan tidak tertutup kemungkinan bisa lanjut naik ke kerongkongan. Karena saluran yang ada di dalam lambung itu lurus menujun ke kerongkongan.

Nah sebisa mungkin katup-katup ini jangan sampai terbuka terlalu lebar agar kondisi asam lambung yang di dalamnya tetap normal.

Terus kenapa bisa naik ? Berikut ini salah satu penyebabnya :
  • Kelebihan berat badan
  • Terlalu banyak makan makanan dengan kadar lemak yang tinggi
  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gas, seperti kol, sawi, kentang, ubi
  • Terlalu banyak minum kopi, cokelat, minuman keras, dan juga merokok
  • Banyak pikiran (STRESS)

Penyebab yang kelima adalah yang paling banyak terjadi pada pasien penyakit asam lambung.


Gejala Penyakit Asam Lambung 


Seperti yang sayang ceritakan tadi, bahwa awalnya suami saya hanya sakit begah di perut seperti orang yang sedang masuk angin. Tapi ketika rasa berdebar di dada ada tambah banyak maka saya putuskan untuk bawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut.

Selain gejala perut begah ada lagi gejala penyakit asam lambung yaitu :
  • Rasa terbakar di dada atau nyeri pada ulu hati
  • Sulit menelan
  • Mual muntah
  • Pusing (keleyengan) di kepala
  • Ada rasa asam dan pahit di mulut dan kerongkongan
  • Sakit pada bagian dada
  • Ada bau tidak sedap pada napas

Dan suami saya mengalami gejala itu semua. Sebenarnya penyakit asam lambung yang ringan sering terjadi pada beberapa orang dengan frekuensi satu atau dua kali dalam sebulan, dengan tidak memerlukan penanganan medis yang khusus. Hanya dengan istirahat makan akan sembuh dengan sendirinya.

Namun ketika penyakit asam lambung sudah berat seperti yang dialami oleh suami saya , maka tentunya akan memerlukan penanganan yang sangat spesifik dan pastinya ditangani oleh dokter sub sepsialis gastroeshopagus supaya pengobatannya bisa lebih tepat. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menentukan diagnosa penyakit asam lambung.


Diagnosa Penyakit Asam Lambung 


Ketika seseorang sudah mengalami gejala naiknya asam lambung dengan frekuensi yang sering atau sekitar 3-4 kali dalam seminggu, tentunya memerlukan pemeriksaan penunjang untuk menentukan seberapa besar dan seberapa parah sakit asam lambung yang diderita.

Pemeriksaan tersebut antara lain berupa :
  • Elektrokardiogram (EKG). Pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa apakah ada penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Karena kedua penyakit ini memiliki gejala yang sama dengan GERD atau nyeri dada
  • USG Abdomen. USG dilakukan untuk melihat kondisi perut apakah ada kelainan atau seberapa banyak asam lambung yang ada pada lambung
  • Rontgen. Pemeriksaan rontgen dilakukan di rongga saluran pencernaan atas, untuk melihat apakah ada peradangan atau penyempitan pada kerongkongan
  • Gastroskopi. Pemeriksaan ini menggunakan alat khusus seperti selang yang mempunyai kamera untuk mengetahui lebih jelas dan lebih detail apakah ada peradangan akibat asam lambung yang naik. Melalui pemeriksaan ini sampel jaringan akan diambil, dan akan dilakukan biopsi
Untuk kasus yang dialami suami saya, semua pemeriksaan tersebut sudah dilakukan semuanya sehingga bisa diketahui lebih lanjut apa yang harus dilakukan untuk pengobatannya.


Penanganan Penyakit Asam Lambung 


Setelah beberapa kali dirawat dan pastinya sudah melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan, maka akhirnya suami saya sudah mulai pulih sedikit demi sedikit walaupun masih ada sedikit terapi obat. Adapun terapi yang diberikan lebih kepada medis yaitu pemberian obat-obatan yang berfungsi menurunkan kadar asam lambung. Selain itu diberikan juga obat untuk melindungi lapisan luar lambung agar tidak mudah luka.

Terapi obat yang diberikan juga beragam. Ada yang sebelum makan, ada juga yang sesudah makan. Suami saya pun juga rutin mengkonsumsi madu dan juga temulawak serta kunyit. Selain bahannya mudah didapat, harganya pun juga terjangkau. Jika masih rutin minum obat, diharapkan untuk konsumsi madu, temulawak dan kunyit diberikan jarak minimal 1 (satu) jam dari minum obat dokter.

Selain obat, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk meredakan gejala penyakit asam lambung, diantaranya adalah :
  • Makan dengan porsi yang sedikit tapi sering
  • Hindari makan cokelat, tomat, serta makanan yang mengandung banyak gas dan juga asam, serta pedas
  • Kurangi minuman berkarbonasi
  • Jangan stress

     Alhamdulillah... Sudah hampir seminggu ini suami saya sudah mulai mendingan. Obat yang dikonsumsi juga masih ada, dan masih dikonsumsi. Dan yang paling penting adalah saya selalu tekankan kepada suami saya bahwa hindari mindset yang mengganggap bahwa penyakit asam lambung itu susah disembuhkan. Karena semuanya berawal pikiran positive kita. Selama kita yakin penyakit ini akan sembuh maka Inshaa Allah akan sembuh. Dan pastinya rutin minum obat serta turuti anjuran yang sudah dokter berikan.

Semangat sehat ya untuk semuaa…



Sharing is Caring





Best Regards, 
Mommy Tya

Komentar

  1. Terima kasih tipsnya mbak..
    Sangat bermanfaat, aku share ke teman ku ya..
    Dia menderita asam lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2.. oke kak.. Alhamdulillah kalo sangat bermanfaat yaa...

      Hapus
  2. Semenjak ada anggota keluarga yang kena asam lambung maka banyak hal yang dijaga terutama makanan yang mampu menimbulkan asam lambung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener.. salah satu pengobatannya adalah jaga pola makan juga

      Hapus
  3. Ada rasa asam di mulut dan kerongkongan, itu yang pernah aku alami saat asam lambung melanda. Rasanya emang ganggu aktifitas.
    Mungkin penyebab asam lambung naik karena sering makan cokelat, soalnya favorit banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa jadi mba.

      Sebenarnya boleh sih makan cokelat asal jangan banyak2.. hehehe...

      Hapus
  4. Aku pun pernah alami asam lambung naik, Mbak. Sempat mual dan muntah juga kirain ngisi Karena telat juga. Ternyata pas berobat katanya asam lambung. Ternyata stres dan kelebihan BB bisa jadi salah satu Penyebabnya. Terima kasih sudah berbagi informasi, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya stress yg paling utama mba penyebab asam lambung. Diusahaij kita jangan stress dan jangan cape2 juga

      Hapus
  5. Penjelasannya lengkap banget mbak tentang asam lambung, banyak yang belum tau asam lambung seperti apa, setelah baca ini makin paham saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo emang tulisan saya bermanfaat ya mba.

      Hapus
  6. Aku ada deh sakit asam lambung. Makanya ga boleh telat makan dan makan terlalu kenyang

    BalasHapus
  7. Memang penyakit lambung ga bs disepelekan ya. Aku msk RS pertama kali pas hamil 7 bln gara2 lambung huuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lagi hamil trus asam lambung juga ? Pengonatannya gimana tuh mom ? Tp bayinya gpp kan ya ?

      Hapus
  8. Punya asam lambung kl lagi kumat tuh sangat menyiksa banget. Jadi kl dah kumat kudu segera diobati dan ke dokter nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba. Makanya dicari tau dulu penyebabnya apa naru dionbati

      Hapus
  9. Aku juga punya asam lambung mom. Kalau sudah kanbuh aduduh melilit dan badan nggak enak. Btw ulasannya lengkap. Trims ya -- niken

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener nih. kalo udah kambuh ga enak banget ya gejalanya

      Hapus
  10. Sharing dan pengalaman yang sangat edukatif. Sehat2 terus yaa mom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih doanya ya mom.. sehat2 juga untuk dirimu dan keluarga

      Hapus
  11. Pernah ngalamin asam lambung naik pas hamil, rasanya bikin gak enak semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. trus waktu itu penanganannya gimana ? sering muntah2 kah ?

      Hapus
  12. Asam lambung sering disepelekan. Padahal penyakit ini bisa membahayakan nyawa. Semoga selalu disehatkan ya Mbak, suaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dianggapnya selalu penyakit remeh ya. padahal kalau sampei berlanjut bisa ke jantung.

      aamiin makasih ya doanya. semoga mba desi dan keluarga juga selalu sehat2 ya..

      Hapus
  13. Aku juga ada asam lambung mom, rasanya ga enak banget. Thanks sharingnya mom haid lebih tahu nih . Sehat2 yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada asam lambung harus dihindari pemicunya ya mom supaya ga kambuhan. sehat2 juga ya untuk dirimu dan keluarga

      Hapus
  14. Alhamdulillah aku Enggak punya Kendala ini, tapi temen2 aku kebanyakan punya Keluhan ini Gejalanya Persis bangeut ka, kadang aku Bingung Kalau tiba2 Temn ada yg lagi kambuh, Dan kasian aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertolongan pertama untuk orang yang ada asam lambung sih sebenarnya jangan dibikin panik. sebisa mungkin diajakin tenang. baru diberikan obat2an penunjang

      Hapus
  15. Makasih sharingnya, bermanfaat sekali, mertua q punya sakit lambung, aq cb terapkan deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya say dicoba aja, semoga selalu sehat ya untuk meetua dirimu dan juiga dirimu dan keluarga

      Hapus
  16. Setuju banget deh sama statement “semuanya berawal pikiran positive kita“ memang betul banget. Kitanya harus positif dan jangan stress. Karena klo stress maah tambah bikin asam lambungnya makin parah atau gak mendingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener,, karena katanya penyakit itu awalnya dari otak dan perut,kalo otak alias pikiran oke maka perut oke..

      sehat2 ya mba

      Hapus
  17. Susah untuk gak stress sih hahaha tapi memang harus dicoba biar sakit asam lambung tidak semakin parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya stress itu merupakam pemicu utama dari asam lambung.. makanya kalau bisa jangan sampe terlalu stress ya

      Hapus
  18. Sama mba ku juga punya riwayat asam lambung yang sangat mengkhawatirkan. Manfaat banget infonya.

    BalasHapus
  19. Bener banget kak belajar emanf nggak kenal usia.. Semangat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se