Langsung ke konten utama

Transportasi Indonesia Semakin Keren dan Unggul


Siapa sih yang ga mau kalau naik transportasi umum itu harus nyaman ?? Kita semua pasti mau dong.. Apalagi buat kaum perempuan harus nyaman banget. Secara banyak banget nih kejahatan pelecehan seksual di dalam transportasi umum.  Apalagi di Jakarta. Hiiiii… serem kan ???

Tapi… sekarang kita ga perlu khawatir lagi shaaayyyy.. Sekarang transposrtasi di Jakarta udah keren banget. Canggih dan nyaman banget pastinyaa.. Ga percaya ??? Cuzz ikutin cerita aku…

As we know.. Jakarta itu masuk tiga besar sebagai kota terbaik dalam bidang transportasi di ajang Sustainable Transport Award (STA) tahun 2019 ini di Brazil. Jakarta dinilai memiliki konsep dan eksekusi integrasi moda transportasi public yang cukup sukses.
Dan pastinya Jakarta udah punya nih moda transportasi yang super keren. Apa aja sih ??


Kereta Rel Listrik (KRL) 


Saat ini KRL tidak hanya beroperasi di Jakarta, tapi sudah memiliki rute Bodetabek. Penumpangnya juga cukup banyak dan tiap tahun selalu meningkat. Jumlah penumpang KRL Jabodetabek yang dilayani oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencapai 1,1 juta per hari.


Peningkatan jumlah penumpang terjadi sejak lima tahun terakhir. Rekor tertinggi KRL mencapai 1.154.080 orang dengan 900 unit KRL. Dengan jumlah unit tersebut, KRL mampu melayani perjalanan ke79 stasiun yang ada di Jabodetabek, Banten, dan juga Cikarang.

Bicara tentang fasilitas yang ada di KRL, kini para penumpang KRL dapat menikmati akses Wifi gratis di seluruh stasiun KRL Jabodetabek mulai Januari 2019 lalu.  


Moda Raya Terpadu (MRT)


Transportasi modern ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2019, dan telah beroperasi pada tanggal 1 April 2019 yang lalu. Proses konstruksinya dimulai pada tahun 2013 ketika Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan selesai pada tahun 2018. Sementara proyek MRT ini sebenarnya sudah digagas cukup lama yaitu sejak tahun 1985. Lama juga ya terealisasinya…




Rute MRT saat ini yaitu Stasiun Bundaran HI sampai Lebak Bulus, dan melewati 11 stasiun yang hanya ditempuh sekitar 30 menit dengan tariff antara Rp. 3.500 hingga Rp. 14 ribu

Fasilitas yang ada di stasiun MRT salah satunya adalah adanya wifi, yang gunanya adalah memastikan para penumpang MRT bisa tetap terhubung dengan internet walaupun saat berada di bawah tanah. Karena memang sebagian jalur MRT berada di bawah tanah. Selain itu di stasiun MRT juga tersedia fasilitas ATM Center, gerai makanan dan minuman, minimarket sampai took pakaian. Wow… lengkap banget yaaaa…



Transjakarta 


Transjakarta merupakan system transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang telah beroperasi sejak 2004 di Jakarta. Moda transportasi ini diklaim mempunyai jalur lintasan terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 251,2 km dengan 260 halte yang tersebar dalam 1 koridor.


Transjakarta merupakan salah satu angkutan umum yang paling laris di Jakarta. Rata-rata dalam sehari bus Transjakarta mengangkut sekitar 30 ribu orang. Amazing yaa…!!!

Yang naik bus Transjakarta pun juga hanya warga Jakarta saja. Tapi juga dari luar Jakarta. Tersedianya bus-bus antar kota membuat Transjakarta juga bisa dinikmati oleh para pengguna dari Jabodetabek.

Konsep integrasi antar moda transportasi public terjadi pada Transjakarta dan MRT. Tercatat, sejak MRT diresmikan beberapa waktu lalu, telah ada 9 rute bus yang terintregrasi dengan stasiun MRT.

Dan sekarang warga kemana-mana pastinya selalu menggunakan moda transportasi ini. Nyaman, banyak rutenya, dan yang pasti murah meriah.



Semakin nyamannya fasilitas yang dimiliki beberapa moda transportasi di Jakarta maka akan menentukan juga seberapa betah nantinya warga Jakarta akan memakai fasilitas transportasi yang sudah disediakan oleh pemerintah. Sehingga, minat warga untuk naik kendaraan umum akan meningkat, dan dampaknya nantinya akan mengurangi kemacetan di Jakarta.


Informasi lebih lanjut tentang Transportasi di Indonesia kamu bisa melihat :

Website Kemenhub : https://dephub.go.id

Sosial media 




Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Keren yah.. begini rupanya kalo pemimpinnya punya visi dan misi yang jelas, lalu program nya dijalankan dengan komitmen membangun, bukan untuk pencitraan apalagi gagah2an marah2 di depan kamera.. salut deh buat Jakarta.. semoga terus dipertahankan oleh peminpin Jakarta selanjutnya.

    BalasHapus
  2. artikel ini ditulis tahun 2019, mungkin bisa di update lagi hehehe, karena hari ini, jika kita bicara soal Transportasi di Jakarta (tentu karena yang di highlight disini kota tersebut), kini moda-moda tersebut tidak hanya berjalan masing-masing, di beberapa titik sudah saling terintegrasi, sehingga, para penikmat angkutan umum di Jakarta, hampir tak bingung lagi kalau mau bepergian tanpa kendaraan pribadi

    BalasHapus
  3. Iya aih memang jakarta transportasinya semakin beragam. Cuma sayangnya masih belum maksimal dalam perawatannya 🥺🥺🥺 berharap bgt jakarta bsa seperti negara” baju di transportasinya deh.

    BalasHapus
  4. Semoga moda transportasi yang sudah tersedia bisa terawat. Sayangkan sudah bagus bagus tapi gak terawat

    BalasHapus
  5. Aku norak banget kalo ke Jakarta.
    Suka naik MRT dan rasanya bahagiaaa banget bisa mondar-mandir dari ujung lalu kembali ke titik awal. Biasanya kami parkir di HI.
    Keren Jakarta tuh.. Semoga semakin banyak masyarakat yang menggunakan moda transportasi massal ini sehingga lebih hemat dan solusi mengurangi kemacetan.

    BalasHapus
  6. Thanks utk artikelnya. Mudah-mudahan kita semakin sadar menggunakan transportasi umum. Dan semoga saja masalah kemacetan di kota2 besar dapat di kurangi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se