Langsung ke konten utama

Seminar Ulang Tahun RSCM - Hidrasi Sehat Untuk Prestasi Hebat



Sebagai Rumah Sakit Pusat Nasional, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) telah memasuki usia yang ke-100 tahun sejak pertama kali didirikan. Dan untuk merayakan hari jadinya yang ke-100, RSCM menggelar acara yang dilaksanakan di Istora Senayan pada tanggal 21-22 Desember 2019, yang mempunyai tema “Mengukir Karya Meraih Prestasi”.



Acara tersebut antara lain beberapa seminar dan workshop yang berkaitan dengan kesehatan, dengan menghadirkan beberapa dokter spesialis yang terkait di bidangnya. Selain itu ada pameran foto dan alat-alat kesehatan yang digunakan dan pernah digunakan oleh RSCM.

Dalam acara yang digelar selama 2 hari itu, pastinya ada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang juga langsung ditangani oleh para dokter yang berpraktek di RSCM.

Dan pada tanggal 21 Desember 2019 saya pun berkesempatan hadir mengikuti salah satu seminar yang ada dalam perayaan ulang tahun RSCM yang ke-100, yang membahas tentang hidrasi.



Tema yang diangkat yaitu tentang Hidrasi Sehat Untuk Prestasi Hebat. Karena dengan hidrasi yang sehat kita bisa mengoptimalkan potensi kita melalui asupan air yang berkualitas.

Acara seminar ini dimulai pada pukul 9 pagi, dan dihadiri oleh Dr. dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi, dr. Dewi Friska, MKK, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, dan pastinya dipandu oleh moderator cantik seorang dokter juga yaitu dr. Wiji Lestari, M.Gizi,Sp.GK.



Hidrasi Sehat

Dari dulu kita sudah tahu kalau air memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Terlebih hampir sekitar 80% tubuh kita terdiri dari air. Air merupakan bagian dari zat gizi yang terlupakan. Namun sejak tahun 2013, air sudah masuk ke dalam AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia.

Mengapa kita perlu air ? Dr. dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi menjelaskan bahwa air memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh, yaitu untuk membuat organ tubuh berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dalam tingkat yang sudah parah, maka efeknya akan fatal !



Air yang dibutuhkan untuk tubuh kita 80% nya adalah berasal dari air yang kita konsumsi sehari-hari seperti air putih dan juga minuman lain. Dan 20% nya berasal dari makanan. Tapi seberapa banyakkah kita harus minum air dalam sehari ?


Kita mungkin sudah sering mendengar anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 (delapan) gelas dalam sehari. Namun, sebenarnya benarkah kita memang harus minum sebanyak 8 (delapan) gelas ? Dan apakah manfaatnya ?

Kebutuhan air minum sehari-hari tiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa yaitu antara 1,8 – 2 liter sehari atau setara dengan 9 sampai 10 gelas sehari. Sedangkan untuk ibu hamil ditambah 1,5 gelas (200ml) per hari atau sekitar 12 gelas per hari. Konsumsi air akan bertambah 700ml lagi bagi ibu menyusui yaitu sekitar 13-14 gelas per hari.

Kebutuhan air minum untuk anak-anak juga bervariasi. Untuk anak umur 1-3 tahun hanya butuh 5 gelas per hari. Anak umur 4-6 tahun 6 gelas per hari. Sedangkan umur 7-9 tahun kebutuhan air minumnya 7 gelas per hari.

Untuk kategori remaja sudah bisa masuk ke tahap orang dewasa yang kebutuhan air minumnya kira-kira 8 gelas per hari. Terakhir untuk orang lanjut usia kebutuhan air minumnya hanya sekitar 6 sampai 7 gelas per hari.


Dehidrasi

Apakah kita termasuk orang yang suka malas minum air putih ? Hati-hati lho… Jangan sampai kita terkena dehidrasi !

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang tidak memiliki jumlah air yang cukup untuk memenuhi aktifitas sehari-hari. Ada banyak lho hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, mulai dari muntah, diare, kurangnya konsumsi cairan, hingga elektrolit yang tidak seimbang.

Dehidrasi tidak memandang usia, dapat menyerang siapa pun dan bisa sangat berbahaya, khususnya bagi anak-anak dan orang yang lanjut usia.


Tanda-tanda dehidrasi

1.    Sakit kepala
Tubuh yang terasa lemas akibat dehidrasi seringkali berujung dengan sakit kepala.

2.    Mulut dan lidah kering
Mulut kering dapat menjadi salah satu ciri tubuh terkena dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi air liur pada tubuh berkurang. Akibatnya mulut kita jadi kering deh.

3.    Mudah lelah
Sering merasa lelah padahal sudah beristirahat cukup ? Itu bisa jadi kita sedang dehidrasi. Apa pun bentuknya, cairan tubuh yang sudah dikeluarkan harus segera diganti agar darah menjadi encer dan dapat mengallir dengan mudah.

4.    Keram
Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya keram. Tapi jika kita mengalami keram khususnya pada saat cuaca panas, maka dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebabnya. Berolahraga dan berkeringat tanpa diikuti dengan konsumsi air putih yang cukup dapat membawa bencana bagi tubuh.



Dampak Dehidrasi

1.    Jangka Pendek
a.   Mudah cemas dan tegang
b.   Konsentrasi menurun
c.    Daya ingat visual sesaat menurun
d.   Mudah mengantuk dan lelah

2.    Jangka Panjang
a.   Penyakit batu ginjal
b.   Infeksi saluran kemih
c.    Risiko kegemukan dapat meningkat



Periksa Urin Sendiri (PURI)

Periksa urin sendiri (PURI) adalah cara mudah dan praktis untuk mengetahui seseorang mengalami dehidrasi.



Hidrasi Sehat Untuk Mendukung Aktifitas

dr. Dewi Friska, MKK menjelaskan hidrasi sehat itu adalah keadaan air yang cukup dalam tubuh kita. Cukup disini artinya adalah jumlah cairan yang masuk sama dengan jumlah cairan yang keluar.




Kapan saja sih waktu nya minum ?

Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan minum air putih pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, dan konsisten. Berapa pun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena tanpa adanya konsumsi air yang cukup maka kita akan mengalami dehidrasi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Selain itu, minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektifitasnya pada tubuh.

Berikut adalah kapan waktu yang tepat untuk minum air putih :
1.    Saat merasa haus
2.    Saat berkegiatan
3.    Saat berkeringat
4.    Jangan menunggu haus untuk minum

  

Apakah Penduduk Indonesia Sudah Cukup Minum ?

Para orang tua perlu mengajak anak-anaknya untuk lebih senang minum air putih. Terlebih bagi anak-anak yang beraktivitas di sekolah seharian. Karena ternyata menurut Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK , 1 dari 5 anak-anak dan remaja di Indonesia belum cukup minum, dan masih banyak anak-anak yang masih belum paham manfaat minum air putih yang cukup. Bahkan mungkin masih banyak orang tua yang belum menyadari manfaat air minum untuk pemenuhan hidrasi sehat.


Tidak mudah memang membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup. Saya pun harus lebih sering membiasakan anak-anak untuk minum, mulai dari minum di pagi hari.

Dan ketika berangkat ke sekolah, saya juga selalu membawakan dan membekali anak-anak dengan minuman yang diletakkan di dalam botol minuman mereka. Terkadang bila persediaan air gallon dirumah saya habis, saya juga membawakan anak-anak air minum dalam kemasan (AMDK) yang sudah saya percaya kualitasnya.


Yang pasti kenali syarat air yang layak dikonsumsi, jangan sampai salah pilih air dalam minum kemasan.



Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Hidrasi wajib diwaspadai, apalagi kalo pas musim kemarau. Saya termasuk golongan emak yg 'malas' minum. Ampuuun deh. Onta banget, bisa tahan gak minum lama. Nah, biar tetap terhidrasi, biasanya saya selalu taruh botol air minum di beberapa sudut rumah. Jadi suka aja minum dari sana. Kekeke. Saking malasnya itu, makanya diniatin, apalagi sedang menyusui. Harus rajin minum kaaan biar ASI-nya lancar. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Wah usia RSCM sudah 100 tahun, berarti rumah sakit ini udah ada jauh sebelum negara kita mereka dong ya.

    Saya termasuk golongan orang yang malas minum, apalagi kalau sudah duduk asyik di depan laptop. Harus mengubah kebiasaan nih, demi hidup yang lebih sehat

    BalasHapus
  3. Saya termasuk orang yang males minum air putih. Untungnya di tempat kerja ada peringatan di dinding tentang warna urin. Mau gak mau jadi memeriksa warna urin kita, baru ingat minum deh.

    BalasHapus
  4. kalo saya biar ga dehidrasi di kantor, selalu menyediakan botol ukuran 1 liter. jadi sadar sudah berapa kali sehari saya isi botol tsb, biar bisa terkontrol

    BalasHapus
  5. Aku selalu bawa botol kecil isi air minum sih di tas. Memang kalau mulut udh terasa kering, tanda² harus minum nih. Tapi blm merhatiin, seharian aku dah minum brp liter? Kayaknya perlu merhatiin nih...

    BalasHapus
  6. Asupan cairan sangat penting ya kak. Apalagi untuk anak2, saking pentingnya saya selalu perhatikan warna air kencing anak lho kak hehehe..

    BalasHapus
  7. Salah satu dampak kurang minum mudah lelah da mengantuk ya... syukurlah saya masih rutin bawa bekal minuman...jadi jauh dari dehidrasi..

    BalasHapus
  8. Wah udah 1 abad aja nih, semoga dedikasinya dalam memberikan pelayanan kesehatan buat masyarakat tetap terjaga. Oh ya kalo ngomong2 soal dehidrasi aku selalu sedia gelas minum dengan ukuran besar ditaro disebelah meja kerja, begitu merasa lemes langsung minum deh.

    BalasHapus
  9. wah.. RSCM udah ultah yang ke 100 ya kak, makin percaya deh kalo mau berobat kesana, secara pelayanan yang memuaskan juga jadi nilai plus tentunya.
    kalo membahas tentang dehidrasi alhamdulillah saya termasuk yang suka minum banyak, keluarga di rumah juga.

    BalasHapus
  10. Saya banget sering lupa minum air putih dalam jumlah yang semestinya setiap hari, apalagi jika udara dingin padahal tetap butu air karena kulit cenderung kering.
    Dehidrasi yang tidak disadari cenderung membuat kita gagal fokus.

    BalasHapus
  11. Ternyata anjuran minum 8 gelas sehari itu tidak sepenuhnya benar ya Mbak. Yang jelas jangan sampai kekurangan minum, biar gak dehidrasi

    BalasHapus
  12. Saya sangat suka lupa akan minum air,,, efeknya ya yang diatas gue alami

    BalasHapus
  13. Kebiasaan buruk saya begini nih, suka menunda-nudan buat minum. Padahal udah sering dikasih peringatan sama tubuh dengan sering kena bibir pecah-pecah.
    Pola hidrasi yang buruk ternyata gak banget.

    BalasHapus
  14. Kalau saya juga selalu mengusahakan minum banyak air putih biar sehat. Dan saya sangat anti dengan minuman gelasan karena itu gak baik untuk tubuh

    BalasHapus
  15. saya juga, selalu minum sebelum dan sesudah berpergian bahkan membawa botol minum untuk mencegah dehidrasi di jalan. sangat membantu :D

    BalasHapus
  16. Aku pernah dehidrasi dan jadi deg degan gitu dan lemes huhuhu. Langsung kapok, ga mau lagiiii. Makanya kemana-mana wajib bawa tumblr atau tempat minum.

    BalasHapus
  17. Masalah hidrasi sedikit-sedikit (satu teguk per jam ni kalo saya), rada sering kelupaan. hahaha. Pernah nyoba dan hasilnya urine emang lebih beningnya hampir sama dari pagi ampe malam.

    BalasHapus
  18. Yang katanya mengkonsumsi air putih 8 liter perhari baik untuk kesehatan dan juga dapat mengurangi dehidrasi. Tapi sayangnya saya sering kelupaan hal itu. Malah minum air putih dapat dibilang kalau pas selesai makan saja, bahkan saya termasuk orang yang terlalu banyak mengkonsumsi air manis. Hemmm padahal itu gak bagus juga...

    BalasHapus
  19. kadang kesel banget ngeliat temen kantor yang susah minum air, sampe berdebat huhuhu

    Padahal minum air itu penting dan banyak manfaatnya

    BalasHapus
  20. aku paling gabisa jauh-jauh sama yg namanya air, karena pernah ngalamin kurang cairan dan pusing banget badan lemes makanya penting banget nih asupan dan kecukupan air dalam tubuh

    BalasHapus
  21. aku setuju dehidrasi bikin konsesntrasi menurun,, soalnya di kntor klo terllau sibuk dan kurang minum akhirnya malah konsentrasi kepecah kemana2 gak fokus gtu,, mksih kak artikelnya

    BalasHapus
  22. Saya pernah ngalamin dehidrasi ringan karena lupa minum. Kepala pusing nggliyeng - nggliyeng gitu. Awalnya saya kira karena belum makan atau kurang darah. Setelah makan,kok msh pusing? Saya ingat2 lagi, oalah saya belum sempat minum banyak sejak beberapa jam sebelumnya.

    BalasHapus
  23. I found this on internet and it is really very nice.
    An excellent blog.
    Great work!
    Krogerfeedback
    Travel-blog
    mybkexperience

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se