Langsung ke konten utama

Kenal Lebih Dekat Dengan Parkinson


Hai… Hai…

Kalian pernah denger penyakit Parkinson ga sih ? Sebagian pasti tau lah yaa..

Mendengar kata Parkinson pasti yang terbayang pertama kali adalah sakit gemeteran. Hehehe.. Tapi emang bener lho..  Penyakit Parkinson salah satu gejalanya adalah sering gemetar terutama di daerah tangan.

Dan kali ini kebetulan saya diundang oleh RS Premier Jatinegara Jakarta Timur untuk menghadiri Talk Show dengan tema “Mengenal Parkinson” sekaligus juga mengenalkan Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak yang dimiliki oleh RS Premier Jatinegara. Talk Show kali ini akan diterangkan oleh nara sumber seorang dokter Spesialis Saraf dari RS Premier Jatinegara yaitu Dr. Sukomo Djojoatmodjo, Sp.S





Sebenarnya Apa Sih Penyakit Parkinson ?


Penyakit Parkinson adalah penyakit saraf yang bisa memburuk secara bertahap dan mempengaruhi bagian otak yang berfungsi mengkoordinasikan gerakan tubuh. Nah, akibatnya, penderita Parkinson menjadi kesulitan untuk mengatur gerakan tubuhnya termasuk saat berbicara, dan juga berjalan.



Gejala Penyakit Parkinson 


Bicara mengenai gejala awalnya, justru terkadang penderita Parkinson cenderung hanya ada gejala ringan dan tidak disadari oleh penderitanya. Ada juga bahkan beberapa penderita Parkinson tidak ada gejala tremor tapi ternyata positif Parkinson. Dan kondisi ini kerap terjadi pada beberapa penderita Parkinson.

Jadi banyak penderita Parkinson yang gejala awalnya tidak ada tremor yang kadang terlewatkan oleh keluarga bahkan oleh dokter padahal sudah ada penyakit Parkinson.


Berikut gejala utama awal penyakit Parkinson pada umumnya :

1.     Gemetar (tremor)
Gejala tremor atau gejala gemetar adalah merupakan gejala yang menjadi cirri khas Parkinson. Dan biasanya tremor terjadi pada saat penderita Parkinson sedang diam saja. Sementara kalau sedang beraktivitas gejala tremor hampir jarang terjadi.

Tremor merupakan salah satu yang paling sering terjadi dan menjadi patokan masyarakat dan juga dokter untuk mendiagnosa awal penyakit Parkinson.

2.     Kekakuan Gerak (rigidity)
Kekakuan gerak yang dialami oleh penderita Parkinson juga mengakibatkan kelambanan gerak, sehingga penderita Parkinson jadi tidak bisa melakukan gerakan secara cepat. Seolah-olah langkahnya menjadi freezing alias kaku.

Dan ketika akan melangkah untuk berjalan biasanya penderita Parkinson akan mengalami kesulitan. Begitu pun ketika akan menghentikan langkahnya akan mengalami kesulitan juga

3.     Kelambanan gerak
Orang yang menderita Parkinson gerakannya sangat lamban. Sering juga penderita Parkinson mudah jatuh. Sehingga penderita jadi tidak stabil, maka jalannya pun posisinya jadi agak sedikit membungkuk, oleh karena itu jalannya jadi melambat. Dan ini juga merupakan ciri khas gejala utama gangguan gerak pada penyakit Parkinson



Gejala Non-Motorik Penyakit Parkinson

1.      Gangguan Penghidu
Seringkali awal dari penyakit Parkinson adalah gangguan penghidu atau gangguan indera penciuman alias tidak bisa mencium aroma apa pun yang ada di sekitar penderita.

2.      Gangguan Tidur
Orang dengan penyakit Parkinson salah satunya punya gangguan tidur malam. Karena penderita Parkinson punya kebiasaan tidur yang fragmented alias tidur yang terpotong-potong, sehingga dia selalu merasa kurang tidur. Siang banyak tidur (day time sleepness), sementara malam hari kurang tidur.

3.      Sulit Buang Air Besar
Ini juga merupakan gejala awal dari penyakit Parkinson yang sifatnya non motorik dan perlu diperhatikan juga.

4.      Depresi
Seorang penderita Parkinson sering depresi karena merasa keluhannya tidak didengar, tidak ditanggapi, bahkan merasa diremehkan oleh keluarga. Oleh karena itu lama-lama penderita Parkinson mengalami depresi.

5.      Mudah Mengantuk
Penderita Parkinson juga bisa mengalami serangan mengantuk (sleep attack), yang bisa saja tiba-tba tertidur.

6.      Halusinasi
Halusinasi yang terjadi pada penderita Parkinson sering juga terjadi karena selalu beranggapan melihat atau mendengar sesuatu yang tidak bisa dirasakan oleh orang normal.

7.      Tekanan Darah Rendah
Karena sering ada gangguan tidur maka otomatis penderita penyakit Parkinson mengalami tekanan darah yang sangar rendah.

8.      Gangguan Jiwa
Gangguan jiwa dari penderita penyakit Parkinson adalah dimulai dengan perubahan dari perilakunya. Kemampuan berpikir juga sudah mulai menurun dan kadang menjadi lebih emosional, sehingga tidak bisa membuat pertimbangan atau keputusan tertentu.


Jadi semua ciri-ciri tersebut diatas adalah gambaran orang yang menderita penyakit Parkinson. Dan kalau sudah ada gejala diatas diharapkan penderita Parkinson mendapatkan pengobatan lebih lanjut.



Pengobatan Penyakit Parkinson


Ada beberapa metode penanganan Penyakit Parkinson. Metode penanganan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien.


Metode pengobatan yang dapat dilakukan berupa :

1.     Pengobatan Obat dengan Oral
Setelah penderita positif terkena Parkinson maka akan dilakukan pengobatan dengan pemberian obat secara oral. Tentunya pemberian obat ini hanya untuk penderita dengan stadium yang masih awal.

2.     Pengobatan Obat dengan Infus
Untuk pemberian obat dengan infus dilakukan bersama oleh dokter bedah saluran cerna. Caranya adalah dengan melubangi bagian tubuh (lambung) yang nantinya aka nada pemberian semacam gel yang akan diteruskan ke dalam usus halus.

Pemberian obat dengan cara ini akan lebih terkontrol dengan baik. Dan ini merupakan salah satu teknik pengobatan yang diberikan oleh RS Premier Jatinegara kepada penderita penyakit Parkinson.  

3.     Pengobatan dengan Operasi
Alternatif pengobatan bagi penderita Parkinson salah satunya adalah dengan operasi yang dilakukan bersama dokter spesialis bedah saraf. Operasi ini dinamakan Deep Brain Stimulation (DBS)


Penyakit Parkinson merupakan salah satu penyakit di bidang saraf, dan termasuk penyakit no 2 (dua) dari penyakit degenerative setelah penyakit Alzeimer. Penyakit Parkinson tidak bisa dihentikan. Tapi para medis atau dokter bisa menghambat perkembangan dari penyakit Parkinson itu sendiri.

Di Indonesia masih belum popular penyakit Parkinson ini, sehingga masih belum banyak ada klinik khusus yang menangani penyakit demensia khususnya penyakit Parkinson.

Dan RS Premier Jatinegara telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk penderita penyakit Parkinson dengan telah menyediakan Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak.  


Walau tidak dapat diobati, Penyakit Parkinson dapat dicegah. Berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan dipercaya dapat mengurangi risiko sesorang terkena penyakit Parkinson.

Semangat sehat




Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Pengobatannya bervariasi juga ya.. Dan sdh terintegrasi di Klinik Parkinson khusus di RS Jatinegara ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess bener banget... tergantung stadium juga..

      Dan ke semua pengobatan ini sdh ada semua di klinik parkinson RS Premier Jatinegara

      Hapus
    2. Iyess bener banget... tergantung stadium juga..

      Dan ke semua pengobatan ini sdh ada semua di klinik parkinson RS Premier Jatinegara

      Hapus
  2. Wah serem juga ya ternyata Parkinson tidak bisa diobati. Terima kasih atas infonnya, mbak. Memang harus perhatikan makanan dan aktivitas demi gaya hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi jangan khawatir kakak.. kita bisa mencegahnya kok dengan cara selalu hidup sehat

      Hapus
  3. Terima kasih sudah berbagi info. aku mau nanya kalau boleh, apakah kaki yg sering Tremor sampai menyebabkan jatuh juga termasuk gejala Parkinson?

    BalasHapus
  4. terima kasih info mengenai kesehatannya mba. saya baru tau mengenai parkinson, saya kira nama tokoh publik awalnya. sehat-sehat terus ya :)

    BalasHapus
  5. Wah, makasih Kak infonya, kita harus selalu menjaga pola hidup sehat setiap saat.
    Sedikit bercerita.....
    Saya pernah punya rekan kerja yang jauh lebih tua dari saya, beliau masih sehat bugar, tapi tangannya tremor, kadang saya kasihan melihatnya masih harus bekerja berat. Semoga itu bukan tanda wal penyakit degenerative ya...

    BalasHapus
  6. Saya mengenal parkinson dari petinju dunia Muhammad Ali, dulu termasuk penyakit langka. Saya mengira karena profesinya sebagai petinju kelas berat yang sering terpukul kepalanya.
    Ternyata di artikel ini saya batu tau kalo perkinson bisa menyerang siapa saja dan tanpa kadang tidak diketahui gejalanya. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  7. Bagus nih RS Premier Jatinegara sudah ada fasilitas utk pengobatan Parkinson. Semoga lewat artikel ini makin banyak yang tahu soal klinik Parkinson dan gak bingung lagi mau berobat ke mana.

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya kak tentang kesehatan ini. Memang kita harus selalu menjaga pola hidup sehat yaa ternyata. Karena ternyata penyakit ini bisa menyerang siapa saja.

    BalasHapus
  9. Makasih kak infonya, jadi tahu nih buat waspada sama penyakit parkinson ini. Setahu saya Robbin Williams juga mengidap penyakit ini.

    BalasHapus
  10. Makasih banyak infonya kaaa. lengkap banget. Aku yang udah 32 tahun ini udah mulai takut-takutan sama penyakit begini-begini. jadi suka wanti-wanti dari sekarang pengen cek ini itu deh

    BalasHapus
  11. belum pernah liat orang yang mengalami Parkinson secara langsung. tapi saya lihat di media media sepertinya kasihan Banget karena gerak yang tidak terkontrol

    BalasHapus
  12. Gimana ya cara mengantisipasi penyakit parkinson, terutama utk anak2 sebelum kondisinya nanti bakalan berat?

    BalasHapus
  13. Duh ternyata penderita Parkinson ga bisa sembuh ya, almarhum bude aku sakit Parkinson dan kondisi badannya semakin kurus dan lemah, trus ga doyan makan, oh baru tahu ada RS Premier Jatinegara buat penderita Parkinson ya makasih infonya

    BalasHapus
  14. Makasih sharingnya. Jadi paham tentang penyakit Parkinson sekarang. Eh btw, pengobatan penyakit Parkinson di cover BPJS ga ya ?

    BalasHapus
  15. Wah jadi seperti ini penyakit parkinson yaaa..seram juga ya. Thanks mba sharingnya

    BalasHapus
  16. Terimakasih sharingnya. Jadi tahu gejala2 parkinson. Kalo boleh tahu, pemicu atau penyebab penyakit ini apa saja ya? Kayanya belum dijelaskan di artikel ini.

    BalasHapus
  17. Waduh serem banget penyakit Parkinson ini ya. Bisa sampai menyebabkan gangguan jiwa segala. Terima kasih infonya, Kak.

    BalasHapus
  18. Apakah parkinson juga bisa menyerang hewan lain spt domba aduan? Soalnya pas lihat adu domba kemarin semua dombanya tremor

    BalasHapus
  19. Melalui kunjungan ke RS Premier Jatinegara Jakarta Timur, kita bisa mengentahui hal-hal lebih dalam mengenai penyakit parkinson.
    Aku pertama kali tau penyakit ini karena membaca berita bahwa olahragawan terutama petinju yang kerap mengalami sakit seperti ini.
    Semoga dengan pengobatan yang tepat, penyakit parkinson ini bisa diatasi dengan baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se