Langsung ke konten utama

Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 Kementrian Pariwisata RI bersama tiket.com

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 kepada seluruh insan media pada hari Rabu, tanggal 2 Oktober 2019 lalu yang bertempat di Aula Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta.



Acara ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya. Chief Marketing Officer tiket.com Gery Undarsa. Ketua Umum ASITA Nunung Kusmiati. Public Relation Manager tiket.com Metha Tri Rizka, Vice President Marketing tiket.com Maria, dan juga beberapa dewan juri dari APWI 2019.



Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019


Acara APWI 2019 merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia kepada seluruh rekan-rekan media yang telah membantu mendistribusikan informasi tempat wisata Indonesia selama dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun yaitu tahun 2019.


Tema APWI 2019 kali ini adalah menggabungkan kaum kolonial dan juga kaum millennial. Di era digital ini kita sudah memasuki tourism 4.0 dimana targetnya adalah kaum millenials. Ada satu kalimat yang dikutip oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia yaitu “Millenial adalah masa depan pariwisata Indonesia.”

Alasan APWI 2019 kali ini mengusung tema “Millenial Tourism” adalah karena di tahun 2019 target yang ingin dicapai dari Kementrian Pariwisata RI adalah 18,5% dan 50% nya adalah berasal dari kaum millennial.

Dan sebelum memulai acara APWI 2019, MC berkata bahwa tidak lengkap rasanya kalau yang hadir pada acara ini belum mengucapkan “Salam Pesona Indonesia”. Ketika MC menyebutkan “Salam Pesona Indonesia” maka para undangan diharapkan menjawab “Wonderful Indonesia”. Dan ketika menyampaikan “Wonderful Indonesia” diharapkan pula para undangan untuk membentuk tanda hati yang besar. Kenapa harus dengan tanda hati yang besar ? Alasannya adalah karena Indonesia memiliki destinasi wisata dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, dan semuanya merupakan tempat yang loveable atau layak dicapai.


Acara APWI ini telah digelar oleh Kementrian Pariwisata RI dari tahun 2003 hingga sekarang tahun 2019. Artinya sudah 16 tahun sudah dijalankan acara APWI ini. Dan total hadiah untuk APWI tahun 2019 kali ini adalah sebesar Rp. 500 juta rupiah dengan hadiah Best of The Best sebesar Rp. 150 juta rupiah.

Sekedar mengingatkan kilas balik dari acara APWI 2018 lalu, yang mempunyai tema “Destinasi Digital”, Kementrian Pariwisata RI memberikan penghargaan kepada 5 kategori yaitu, kategori blogger, media cetak surat kabar, media cetak majalah, media online, media televisi, dengan hadiah best of the best sebesar Rp. 100 juta rupiah. Selain itu ada juga performing art, Glow in Nusantara by DF Conceptual, Surya Vocalia Orchestra.

Untuk APWI 2019 kali ini yang bertemakan “Millenial Tourism” ada tambahan tentang 5 daerah destinasi super prioritas yaitu Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Likupang.



tiket.com


“Susah dan senang itu sudah jadi bagian kehidupan. Itu bagian dari perjalanan setiap orang. Kalau diisinya dengan hanya diam saja ditempat ya ngapain ? karena ga bakal ada hal-hal yang bakal terjadi. Padahal kita bisa berjalan lebih jauh dari yang kita bayangkan kalau kita berani mengambil resiko. Karena itu setiap orang butuh perjalanan dan berbagi dengan luas. Supaya kita bisa terus percaya dengan hal-hal baru. Supaya terinspirasi. Kalau kamu mau kemana ?”

Kutipan diatas adalah berupa TVC dari tiket.com. Dan sejatinya penyelenggaraan APWI 2019 kali ini tidak diselenggarakan sendirian oleh Kementrian Pariwisata RI, tapi juga didukung pula oleh tiket.com.



Kategori Yang Dilombakan Pada APWI 2019 


1.      Kategori Blogger
2.      Kategori Media Online
3.      Kategori Media Cetak Koran
4.      Kategori Media Cetak Majalah
5.      Kategori Media Televisi
6.      Kategori Khusus terkait dengan Destinasi Super Prioritas
7.      Kategori Best of The Best

Total hadiah yang diberikan dari Kementrian Pariwisata RI dalam penyelenggaran APWI 2019 adalah sebesar Rp. 500 juta rupiah, dengan hadiah Best Of The Best sebesar Rp. 150 juta rupiah.



Laporan Kegiatan Penyelenggaraan APWI 2019 


Pada kesempatan ini juga hadir Sekretaris Kementrian Pariwisata RI Puleni Ukar yang menyampaikan Laporan Kegiatan selama Penyelenggaraan APWI 2019. APWI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata RI sebagai bentuk penghargaan dari Kementtrian Pariwisata kepada insan media dan blogger atas dedikasinya dalam memberitakan tentang pariwisata Indonesia, baik dalam bentuk tulisan maupun dalam program televisi.


Tema yang diangkat di APWI setiap tahunnya berbeda-beda, mengikuti isu atau kebijakan strategis dari Kementrian Pariwisata. Jika ajang kategori APWI 2018 lalu mengusung tema “Destinasi Digital” maka pada APWI 2019 kali ini Menteri Pariwisata telah menetapkan “Millenial Tourism” sebagai tema utama dengan tambahan kategori khusus Destinasi Super Prioritas.

Millenial Tourism dipilih karena dalam era digital ini hampir 50% wisatawan dunia dan wisatawan Indonesia adalah kaum millennial yang aktif menggunakan platform media digital untuk berbagai aktivitas wisata.

Sementara itu kategori khusus destinasi super prioritas ditambahkan sebagai tindak lanjut dari komitmen Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pengembangan destinasi wisata di Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi dari penghargaan Menteri Pariwisata terhadap insan media sebagai salah satu unsur pariwisata yang sangat berperan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, maka pada APWI 2019 ini, Menteri Pariwisata menetapkan hadiah yang lebih besar dari tahun lalu yaitu sebesar Rp. 500 juta rupiah dengan pemenang utama best of the best sebesar Rp. 150 juta rupiah.

Sejak pendaftaran kompetisi APWI 2019 dibuka pada bulan Maret 2019 lalu sudah masuk sebanyak 429 karya peserta. Walaupun waktu pendaftaran lebih pendek dari tahun lalu, namun dari sisi jumlah dan kualitas dapat dikatakan jauh lebih baik dari tahun yang lalu.

Karya-karya yang masuk terdiri dari 350 karya dengan tema “Millenial Tourism” yang terbagi menjadi :
·            40 artikel surat kabar
·            28 artikel majalah
·            117 artikel media online
·            92 artikel blog
·            73 tayangan televisi
·            79 karya dengan destinasi super prioritas atau kategori khusus



Dewan Juri APWI 2019 


1.      Hiramsyah S. Thaib Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata DestinasiPrioritas
2.     Muhammad Don Kardono (Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media)
3.     Metha Tri Rizka (Public Relation Manager tiket.com)
4.     Wahyu Indrasto (Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif)
5.     Wahyu Aji (CEO Goodnews From Indonesia)

Setelah melalui proses penjurian yang panjang, maka pada hari ini kita akan sama-sama mendengarkan keputusan dewan juri dan menyaksikan para pemenang APWI 2019. Lewat karyanya para peserta terus berkontribusi mensosialisasikan strategi serta kebijakan Kementrian Pariwisata dalam mempromosikan destinasi wisata Indonesia.



Kategori Blogger


Kategori satu ini bisa diikuti oleh siapa saja. Walaupun bukan berlatar belakang jurnalistik tapi blog adalah sebuah tulisan juga sehingga artikel adalah merupakan nyawa yang paling penting. Selain kualitas tulisan yang mudah dipahami, blog juga memiliki pembahasan yang sangat mendalam.

Gaya bahasanya yang asyik membuat pembaca blog semakin tertarik. Bahkan pembaca blog seolah diajak oleh penulis merasakan pengalaman suatu perjalanan di dalam tulisan. Penyampaian dengan petunjuk operasional yang enak dipahami akan membuat pengunjung merasa mendapatkan sebuah informasi ketika membaca.


Para pemenang APWI 2019 Kategori Blogger

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah.
The Kaldera Pintu Millenial Tourism di Toba karya Aeng Tek Khun

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 8 juta rupiah.
Terjebak Diantara Dua Dimensi Waktu De Tjoloma Doe karya Aji Sukma

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 6 juta rupiah.
Jelajah Budaya dan Sejarah Dalam Jogja Cross Culture Wisata Yang Cocok Buat Millenial karya Arinta Setia sari

4.     Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 5 juta rupiah.
Mencoba De Loano Glamorous Camping, Wisata Kemah Millenial Di Dekat Borobudur karya Adrian Kusuma

5.     Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 4 juta rupiah.
Taman Bunga Sampai Angker : Serunya Berburu Destinasi Instagramable di Bali karya Fahrio Rizaldi Abror



Kategori Media Online


Kategori media online ternyata jumlah peserta yang mendaftar adalah yang paling banyak. Di zaman sekarang ini sesuatu yang serba online memang lagi happening banget terutama dari segi media. Bahkan yang agak menarik karena media online itu tidak tergantung tempat yang sebenarnya bisa dari segala penjuru Indonesia, semua bisa di submit dan juga gampang dibaca. Pembacanya pun juga bisa mengaksesnya dari mana saja dan tidak perlu menggunakan komputer, tapi hanya bisa akses langsung dari HP, dan juga bisa dinikmati masyarakat di seluruh penjuru nusantara.

Jadi selain penggunaannya yang bijak dan praktis, karya yang ditampilkan pun bisa dibaca siapa saja dan juga kapan saja. Dimana inilah yang termasuk karakter kaum millennial yang maunya dimana-mana bisa mengakses semuanya. Dan konten dalam media ini bisa langsung diberikan tanggapan. Itulah juga ciri-ciri millennial yang bisa langsung kasih review, kasih feedback. Dan karena ini merupakan media yang paling dekat dengan anak millennial.


 Para pemenang APWI 2019 Media Online

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Bius Tujuh Destinasi Kekinian bandung karya Edi Sutrisno

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Pesona Cinta Dari Teluk Jering karya Muhammad Amin

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Mengincar Wisatawan Millenial Dengan Warisan Dunia karya Miko Elfisha

4.     Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Melepas Penat Sejenak di Kafe Tengah Hutan Kota Jakarta nan Instagramable karya Dini Mutia

5.     Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Mencari Permata Tersembunyi di Jogjakarta karya Silvita Agmasari



Kategori Media Cetak Koran


Media cetak adalah perintis dalam menyampaikan informasi kepada publik dan tidak bisa dipungkiri kini keberadaannya sulit dicari. Hadirnya era digital mengharuskan media cetak bertarung agar bisa bertahan menyesuaikan di era daring. Media cetak surat kabar sendiri merupakan produk yang berkaitan dengan budaya membaca.

Beritanya yang juga tidak hilang ditelan masa, visual yang berwarna menjadi ciri untuk menarik pembaca. Bahkan ulasan tentang pariwisata semakin membuat terpana.


Para pemenang APWI 2019 Media Cetak Koran

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Nge-Vlog Di Dataran Tinggi Dieng karya Arief Suharto Koran Jakarta

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Jelajah Hutan Anggrek Nan Kekinian karya Briyanbodo Hendro Media Indonesia

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Menggenggam Promosi Digital, Menggaet Wisman Millenial karya Fadhil Koran SINDO Batam

4.     Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Lukisan Warna Bumi Anoa karya Saiful Rijal Yunus Kompas

5.     Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Kenalkan Watu Ulo dan Pegon melalui Vlog dan Blog karya Bagus Supriyadi Jawa Pos Radar Jember



Kategori Media Cetak Majalah


Majalah adalah bacaan yang mempunyai unsur kemewahan di sela-sela waktu senggang. Karena itu konten dari media ini harus penting dan penyampaian informasi harus lebih menarik dan mempunyai visual yang memanjakan mata.


Para pemenang APWI 2019 Media Cetak Majalah

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Vakansi Visual karya Niadi Widodo dan Christian Rahadiansyah

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Ekspresi Imajinasi ala Millenial karya Dody Wiraseto

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Semarang karya Andre Syahreza

4.     Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Berebut Pasar Pelancong Millenial Yang Seksi karya Sri Niken Handayani

5.     Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Wisata Millenial di Jogjakarta karya Harry Purnama



Kategori Media Televisi


Era digital memang merubah perilaku konsumen Indonesia dalam mengkonsumsi media terutama oleh segmen millennial. Namun tidak begitu saja membuat media yang satu ini tenggelam. Karakter audio visual masih menjadi ciri khas yang dimiliki oleh media televisi sehingga masih menjadi pilihan utama pemirsa layar kaca untuk melihat dunia.

Sekarang ini banyak program televisi yang mengeksplorasi pariwisata di Indonesia. Dan ternyata program pariwisata ini menjadi daya tarik dan magnet tersendiri untuk pemirsa yang ada di rumah.


Para pemenang APWI 2019 Media Televisi

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 30 juta rupiah.
Menyusuri Jejak Kolonial ala Millenial karya Geopark Indonesia INEWS

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 25 juta rupiah.
I Love Jakarta Journey karya Metro TV

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 20 juta rupiah.
Wisata Millenial Bandung Juara karya Jalan-Jalan ! Kompas TV

4.    Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 15 juta rupiah.
Surga Di Ujung Timur Nusantara karya Destinasi Liputan 6 SCTV

5.    Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah.
Surga Nomad di Pulau Dewata karya Inside Indonesia CNN Indonesia TV



Kategori Khusus Destinasi Super Prioritas


Selain Bali ada banyak daerah lainnya di Indonesia yang punya potensi wisata dengan keindahan dan kehidupan budayanya masing-masing. Karena itu tidak heran jika pada tanggal 15 Juli 2019 Presiden Indonesia Joko Widodo menetapkan 5 (lima) daerah sebagai Destinasi Super Prioritas.

Kelima destinasi tersebut adalah Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, Danau Toba dan Mandalika. Pada tahun 2020 diharapkan kelima destinasi ini telah siap menyambut kedatangan para wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Jalan-jalan,bandara, dan ruang hijau dibangun dengan anggaran mencapai trilyunan rupiah. Begitu pula dengan segenap infrastruktur yang tujuannya agar pariwisata Indonesia semakin siap menghadapi persaingan global dan menarik minat wisatawan dunia.

Kategori khusus dengan tema destinasi super prioritas menarik banyak minat para jurnalis, dan itu terbukti ada puluhan karya yang hadir dan ikut dilombakan pada kategori ini.


Para pemenang APWI 2019 Destinasi Super Prioritas

1.      Juara 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 30 juta rupiah.
Menarik Wisata Nomadik Labuan Bajo karya Inside Indonesia CNN Indonesia TV

2.      Juara 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 25 juta rupiah.
Jalan-Jalan ! Horas Manjuah-juah karya Jalan-Jalan! Kompas TV

3.      Juara 3 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Pesona Kawasan Wisata Mandalika CNN Indonesia News, CNN Indonesia

4.    Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 13 juta rupiah.
Bukit Holbung Danau Toba karya Yuki Anggia Putri

5.     Juara Harapan 2 mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 8 juta rupiah.
Mengakrabi Romantisme Borobudur nan Penuh Teka Teki karya Hannif Andy Al Anshori

Dengan dimenangkannya kategori khusus ini, ke depannya diharapkan bahwa insan pers dapat menulis jauh lebih lengkap lagi mengenai destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia.



Kerjasama Kementrian Pariwisata dengan tiket.com


Kementrian Pariwisata RI bersama tiket.com mempersembahkan #tiketWonderfulIndonesia. Pada bulan Maret 2019 #tiketWonderfulIndonesia resmi diluncurkan. tiket.com sebagai pelopor online Travel Agent di Indonesia bersinergi dengan Kementrian Pariwisata RI untuk memajukan pariwisata di Indonesia.

#tiketWonderfulIndonesia menjangkau kaum millennial dengan beragam konten wisata yang fun dan friendly. Beragam destinasi mengagumkan siap diperkenalkan keunikannya melalui #tiketWonderfulIndonesia. tiket.com selalu hadir kapan pun dan dimana pun untuk mewujudkan liburan impian ke seluruh Indonesia.

Wonderful Indonesia… Mau kemana ? Semua ada tiketnya
tiket.com #tiketWonderfulIndonesia

Pada kesempatan kali ini Menteri Pariwisata RI Arief Yahya memberikan kenang-kenangan kepada tiket.com melalui perwakilannya yaitu Gery Undarsa selaku Chief Marketing Officer. Kementrian Pariwsata RI mengucapkan banyak terima kasih kepada tiket.com karena selalu membantu untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.



Kategori Best Of The Best 


Sebelum menyampaikan kategori Best Of The Best Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan penyelenggaraan APWI 2019.


1.     Media Value
Media Value yang dimaksud dari penyelenggaraan acara APWI 2019 ini adalah tentang benefit yang didapatkan untuk Kementrian Pariwisata RI yang setelah dikalkulasi mencapai Rp. 15 Milyar rupiah

2.     Tema
Tema dari APWI 2018 adalah Destinasi Digital. Dan tema APWI 2019 adalah Millenial Tourims. Sedangkan untuk tema APWI 2020 adalah gabungan dari tema APWI 2018 dan tema APWI 2019 yaitu Tourism 4.0

Di dalam Tourism 4.0 ini ada beberapa tugas yang akan dijalankan oleh Kementrian Pariwisata, yaitu :
a.    WIDI (Wonderful Indonesia Digital)
b.    Big Data
c.    Smart Tourism

3.     Hadiah
Total hadiah APWI tahun 2017 sebesar Rp. 200 juta rupiah. Total hadiah APWI tahun 2018 sebesar Rp.300 juta rupiah. Total hadiah APWI 2019 sebesar Rp. 500 juta rupiah. Sedangkan total hadiah untuk APWI 2020 adalah gabungan dari APWI tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 1 Milyar rupiah dengan hadiah best of the best sebesar Rp. 250 juta rupiah.

Tiba di penghujung acara akhinya Bapak Arief Yahya mengumumkan Pemenang Best of The Best APWI 2019 yang dimenangkan oleh GTV dalam program acara Travel Addict dengan karyanya “Surga Cantik dari Indonesia Timur”. Untuk pemenang Best of The Best berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 150 juta rupiah.



Sampai jumpa di APWI 2020 dengan tema Tourism 4.0




Best Regards,
Mommy Tya




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se