Kementrian
Pariwisata Republik Indonesia mengadakan Anugerah
Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 kepada seluruh insan media pada hari
Rabu, tanggal 2 Oktober 2019 lalu yang bertempat di Aula Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta.
Para
pemenang APWI 2019 Media Online
Acara ini
dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya. Chief Marketing Officer tiket.com Gery Undarsa. Ketua Umum ASITA Nunung
Kusmiati. Public Relation Manager tiket.com Metha Tri Rizka, Vice President Marketing tiket.com Maria, dan juga beberapa dewan juri
dari APWI 2019.
Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019
Acara APWI 2019
merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Pariwisata Republik
Indonesia kepada seluruh rekan-rekan media yang telah membantu mendistribusikan
informasi tempat wisata Indonesia selama dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun
yaitu tahun 2019.
Tema APWI 2019
kali ini adalah menggabungkan kaum kolonial dan juga kaum millennial. Di era
digital ini kita sudah memasuki tourism 4.0 dimana targetnya adalah
kaum millenials. Ada satu kalimat yang dikutip oleh Menteri Pariwisata Republik
Indonesia yaitu “Millenial adalah masa
depan pariwisata Indonesia.”
Alasan APWI 2019
kali ini mengusung tema “Millenial Tourism” adalah karena di
tahun 2019 target yang ingin dicapai dari Kementrian Pariwisata RI adalah 18,5%
dan 50% nya adalah berasal dari kaum millennial.
Dan sebelum
memulai acara APWI 2019, MC berkata bahwa tidak lengkap rasanya kalau yang
hadir pada acara ini belum mengucapkan “Salam
Pesona Indonesia”. Ketika MC menyebutkan “Salam Pesona Indonesia” maka para
undangan diharapkan menjawab “Wonderful
Indonesia”. Dan ketika menyampaikan “Wonderful Indonesia” diharapkan pula
para undangan untuk membentuk tanda hati yang besar. Kenapa harus dengan tanda
hati yang besar ? Alasannya adalah karena Indonesia memiliki destinasi wisata
dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, dan semuanya merupakan tempat
yang loveable
atau layak dicapai.
Acara APWI ini
telah digelar oleh Kementrian Pariwisata RI dari tahun 2003 hingga sekarang
tahun 2019. Artinya sudah 16 tahun sudah dijalankan acara APWI ini. Dan total hadiah
untuk APWI tahun 2019 kali ini adalah sebesar Rp. 500 juta rupiah dengan hadiah
Best of The Best sebesar Rp. 150 juta rupiah.
Sekedar
mengingatkan kilas balik dari acara APWI 2018 lalu, yang mempunyai tema “Destinasi Digital”, Kementrian
Pariwisata RI memberikan penghargaan kepada 5 kategori yaitu, kategori blogger,
media cetak surat kabar, media cetak majalah, media online, media televisi,
dengan hadiah best of the best sebesar Rp. 100 juta rupiah. Selain itu ada juga
performing art, Glow in Nusantara by
DF Conceptual, Surya Vocalia Orchestra.
Untuk APWI 2019
kali ini yang bertemakan “Millenial Tourism” ada tambahan tentang 5 daerah destinasi super prioritas yaitu Labuan
Bajo, Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Likupang.
tiket.com
“Susah dan senang
itu sudah jadi bagian kehidupan. Itu bagian dari perjalanan setiap orang. Kalau
diisinya dengan hanya diam saja ditempat ya ngapain ? karena ga bakal ada
hal-hal yang bakal terjadi. Padahal kita bisa berjalan lebih jauh dari yang
kita bayangkan kalau kita berani mengambil resiko. Karena itu setiap orang
butuh perjalanan dan berbagi dengan luas. Supaya kita bisa terus percaya dengan
hal-hal baru. Supaya terinspirasi. Kalau kamu mau kemana ?”
Kutipan diatas
adalah berupa TVC dari tiket.com. Dan sejatinya penyelenggaraan APWI 2019 kali
ini tidak diselenggarakan sendirian oleh Kementrian Pariwisata RI, tapi juga
didukung pula oleh tiket.com.
Kategori Yang Dilombakan Pada APWI 2019
1. Kategori Blogger
2. Kategori Media Online
3. Kategori Media Cetak Koran
4. Kategori Media Cetak Majalah
5. Kategori Media Televisi
6. Kategori Khusus terkait dengan
Destinasi Super Prioritas
7. Kategori Best of The Best
Total hadiah yang
diberikan dari Kementrian Pariwisata RI dalam penyelenggaran APWI 2019 adalah
sebesar Rp. 500 juta rupiah, dengan hadiah Best Of The Best sebesar Rp. 150
juta rupiah.
Laporan Kegiatan Penyelenggaraan APWI 2019
Pada kesempatan
ini juga hadir Sekretaris Kementrian Pariwisata RI Puleni Ukar yang menyampaikan Laporan
Kegiatan selama Penyelenggaraan APWI 2019. APWI merupakan acara tahunan
yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata RI sebagai bentuk penghargaan
dari Kementtrian Pariwisata kepada insan media dan blogger atas dedikasinya
dalam memberitakan tentang pariwisata Indonesia, baik dalam bentuk tulisan
maupun dalam program televisi.
Tema yang
diangkat di APWI setiap tahunnya berbeda-beda, mengikuti isu atau kebijakan
strategis dari Kementrian Pariwisata. Jika ajang kategori APWI 2018 lalu
mengusung tema “Destinasi Digital” maka pada APWI 2019 kali ini Menteri
Pariwisata telah menetapkan “Millenial Tourism” sebagai tema
utama dengan tambahan kategori khusus Destinasi Super Prioritas.
Millenial
Tourism dipilih karena dalam era digital ini hampir 50% wisatawan dunia dan
wisatawan Indonesia adalah kaum millennial yang aktif menggunakan platform media digital untuk berbagai
aktivitas wisata.
Sementara itu
kategori khusus destinasi super prioritas ditambahkan sebagai tindak lanjut
dari komitmen Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pengembangan
destinasi wisata di Indonesia.
Sebagai salah
satu bentuk apresiasi dari penghargaan Menteri Pariwisata terhadap insan media
sebagai salah satu unsur pariwisata yang sangat berperan dalam mempromosikan
pariwisata Indonesia, maka pada APWI 2019 ini, Menteri Pariwisata menetapkan
hadiah yang lebih besar dari tahun lalu yaitu sebesar Rp. 500 juta rupiah
dengan pemenang utama best of the best
sebesar Rp. 150 juta rupiah.
Sejak
pendaftaran kompetisi APWI 2019 dibuka pada bulan Maret 2019 lalu sudah masuk
sebanyak 429 karya peserta. Walaupun waktu pendaftaran lebih pendek dari tahun
lalu, namun dari sisi jumlah dan kualitas dapat dikatakan jauh lebih baik dari
tahun yang lalu.
Karya-karya yang
masuk terdiri dari 350 karya dengan tema “Millenial Tourism” yang terbagi
menjadi :
·
40
artikel surat kabar
·
28
artikel majalah
·
117
artikel media online
·
92
artikel blog
·
73
tayangan televisi
·
79
karya dengan destinasi super prioritas atau kategori khusus
Dewan Juri APWI 2019
1. Hiramsyah
S. Thaib
Ketua
Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata DestinasiPrioritas
2.
Muhammad Don Kardono (Staf
Ahli Bidang Komunikasi dan Media)
3.
Metha Tri Rizka (Public
Relation Manager tiket.com)
4.
Wahyu Indrasto (Pemimpin
Redaksi Majalah Eksekutif)
5.
Wahyu Aji (CEO
Goodnews From Indonesia)
Setelah melalui
proses penjurian yang panjang, maka pada hari ini kita akan sama-sama
mendengarkan keputusan dewan juri dan menyaksikan para pemenang APWI 2019.
Lewat karyanya para peserta terus berkontribusi mensosialisasikan strategi
serta kebijakan Kementrian Pariwisata dalam mempromosikan destinasi wisata
Indonesia.
Kategori Blogger
Kategori satu
ini bisa diikuti oleh siapa saja. Walaupun bukan berlatar belakang jurnalistik
tapi blog adalah sebuah tulisan juga sehingga artikel adalah merupakan nyawa
yang paling penting. Selain kualitas tulisan yang mudah dipahami, blog juga
memiliki pembahasan yang sangat mendalam.
Gaya bahasanya
yang asyik membuat pembaca blog semakin tertarik. Bahkan pembaca blog seolah diajak
oleh penulis merasakan pengalaman suatu perjalanan di dalam tulisan.
Penyampaian dengan petunjuk operasional yang enak dipahami akan membuat
pengunjung merasa mendapatkan sebuah informasi ketika membaca.
Para
pemenang APWI 2019 Kategori Blogger
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah.
The Kaldera Pintu Millenial
Tourism di Toba
karya Aeng Tek Khun
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 8 juta rupiah.
Terjebak Diantara Dua Dimensi
Waktu De Tjoloma Doe
karya Aji Sukma
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 6 juta rupiah.
Jelajah Budaya dan Sejarah
Dalam Jogja Cross Culture Wisata Yang Cocok Buat Millenial karya Arinta Setia sari
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 5 juta rupiah.
Mencoba De Loano Glamorous
Camping, Wisata Kemah Millenial Di Dekat Borobudur karya Adrian Kusuma
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 4 juta rupiah.
Taman Bunga Sampai Angker :
Serunya Berburu Destinasi Instagramable di Bali karya Fahrio Rizaldi Abror
Kategori Media Online
Kategori media
online ternyata jumlah peserta yang mendaftar adalah yang paling banyak. Di
zaman sekarang ini sesuatu yang serba online
memang lagi happening banget terutama
dari segi media. Bahkan yang agak menarik karena media online itu tidak
tergantung tempat yang sebenarnya bisa dari segala penjuru Indonesia, semua
bisa di submit dan juga gampang dibaca.
Pembacanya pun juga bisa mengaksesnya dari mana saja dan tidak perlu
menggunakan komputer, tapi hanya bisa akses langsung dari HP, dan juga bisa
dinikmati masyarakat di seluruh penjuru nusantara.
Jadi selain
penggunaannya yang bijak dan praktis, karya yang ditampilkan pun bisa dibaca
siapa saja dan juga kapan saja. Dimana inilah yang termasuk karakter kaum millennial
yang maunya dimana-mana bisa mengakses semuanya. Dan konten dalam media ini
bisa langsung diberikan tanggapan. Itulah juga ciri-ciri millennial yang bisa
langsung kasih review, kasih feedback. Dan karena ini merupakan media
yang paling dekat dengan anak millennial.
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Bius Tujuh Destinasi Kekinian
bandung karya
Edi Sutrisno
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Pesona Cinta Dari Teluk Jering karya Muhammad Amin
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Mengincar Wisatawan Millenial
Dengan Warisan Dunia karya
Miko Elfisha
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Melepas Penat Sejenak di Kafe
Tengah Hutan Kota Jakarta nan Instagramable karya Dini Mutia
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Mencari Permata Tersembunyi di
Jogjakarta karya
Silvita Agmasari
Kategori Media Cetak Koran
Media cetak
adalah perintis dalam menyampaikan informasi kepada publik dan tidak bisa
dipungkiri kini keberadaannya sulit dicari. Hadirnya era digital mengharuskan
media cetak bertarung agar bisa bertahan menyesuaikan di era daring. Media
cetak surat kabar sendiri merupakan produk yang berkaitan dengan budaya
membaca.
Beritanya yang
juga tidak hilang ditelan masa, visual yang berwarna menjadi ciri untuk menarik
pembaca. Bahkan ulasan tentang pariwisata semakin membuat terpana.
Para
pemenang APWI 2019 Media Cetak Koran
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Nge-Vlog Di Dataran Tinggi
Dieng karya
Arief Suharto Koran Jakarta
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Jelajah Hutan Anggrek Nan
Kekinian karya
Briyanbodo Hendro Media Indonesia
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Menggenggam Promosi Digital,
Menggaet Wisman Millenial karya
Fadhil Koran SINDO Batam
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Lukisan Warna Bumi Anoa karya Saiful Rijal Yunus Kompas
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Kenalkan Watu Ulo dan Pegon
melalui Vlog dan Blog karya
Bagus Supriyadi Jawa Pos Radar Jember
Kategori Media Cetak Majalah
Majalah adalah
bacaan yang mempunyai unsur kemewahan di sela-sela waktu senggang. Karena itu
konten dari media ini harus penting dan penyampaian informasi harus lebih
menarik dan mempunyai visual yang memanjakan mata.
Para
pemenang APWI 2019 Media Cetak Majalah
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Vakansi Visual karya Niadi Widodo dan
Christian Rahadiansyah
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 14 juta rupiah.
Ekspresi Imajinasi ala Millenial
karya Dody
Wiraseto
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 11 juta rupiah.
Semarang karya Andre Syahreza
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 9 juta rupiah.
Berebut Pasar Pelancong
Millenial Yang Seksi karya
Sri Niken Handayani
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 7 juta rupiah.
Wisata Millenial di Jogjakarta karya Harry Purnama
Kategori Media Televisi
Era digital
memang merubah perilaku konsumen Indonesia dalam mengkonsumsi media terutama
oleh segmen millennial. Namun tidak begitu saja membuat media yang satu ini
tenggelam. Karakter audio visual masih menjadi ciri khas yang dimiliki oleh
media televisi sehingga masih menjadi pilihan utama pemirsa layar kaca untuk
melihat dunia.
Sekarang ini banyak
program televisi yang mengeksplorasi pariwisata di Indonesia. Dan ternyata program
pariwisata ini menjadi daya tarik dan magnet tersendiri untuk pemirsa yang ada
di rumah.
Para
pemenang APWI 2019 Media Televisi
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 30 juta rupiah.
Menyusuri Jejak Kolonial ala
Millenial karya
Geopark Indonesia INEWS
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 25 juta rupiah.
I Love Jakarta Journey karya Metro TV
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 20 juta rupiah.
Wisata Millenial Bandung Juara karya Jalan-Jalan ! Kompas TV
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 15 juta rupiah.
Surga Di Ujung Timur Nusantara karya Destinasi Liputan 6 SCTV
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah.
Surga Nomad di Pulau Dewata karya Inside Indonesia CNN
Indonesia TV
Kategori Khusus Destinasi Super Prioritas
Selain Bali ada
banyak daerah lainnya di Indonesia yang punya potensi wisata dengan keindahan
dan kehidupan budayanya masing-masing. Karena itu tidak heran jika pada tanggal
15 Juli 2019 Presiden Indonesia Joko Widodo menetapkan 5 (lima) daerah sebagai
Destinasi Super Prioritas.
Kelima destinasi
tersebut adalah Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, Danau Toba dan Mandalika.
Pada tahun 2020 diharapkan kelima destinasi ini telah siap menyambut kedatangan
para wisatawan nusantara maupun mancanegara.
Jalan-jalan,bandara,
dan ruang hijau dibangun dengan anggaran mencapai trilyunan rupiah. Begitu pula
dengan segenap infrastruktur yang tujuannya agar pariwisata Indonesia semakin
siap menghadapi persaingan global dan menarik minat wisatawan dunia.
Kategori khusus
dengan tema destinasi super prioritas menarik banyak minat para jurnalis, dan
itu terbukti ada puluhan karya yang hadir dan ikut dilombakan pada kategori
ini.
Para
pemenang APWI 2019 Destinasi Super Prioritas
1. Juara
1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 30 juta rupiah.
Menarik Wisata Nomadik Labuan
Bajo karya
Inside Indonesia CNN Indonesia TV
2. Juara
2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 25 juta rupiah.
Jalan-Jalan ! Horas
Manjuah-juah karya
Jalan-Jalan! Kompas TV
3. Juara
3 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 17 juta rupiah.
Pesona Kawasan Wisata Mandalika
CNN Indonesia
News, CNN Indonesia
4. Juara
Harapan 1 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 13 juta rupiah.
Bukit Holbung Danau Toba karya Yuki Anggia Putri
5. Juara
Harapan 2 mendapatkan
hadiah Piala, Piagam dan uang tunai sebesar Rp. 8 juta rupiah.
Mengakrabi Romantisme Borobudur
nan Penuh Teka Teki karya
Hannif Andy Al Anshori
Dengan
dimenangkannya kategori khusus ini, ke depannya diharapkan bahwa insan pers
dapat menulis jauh lebih lengkap lagi mengenai destinasi super prioritas yang
sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia.
Kerjasama Kementrian Pariwisata dengan tiket.com
Kementrian
Pariwisata RI bersama tiket.com mempersembahkan #tiketWonderfulIndonesia. Pada bulan Maret 2019
#tiketWonderfulIndonesia resmi diluncurkan. tiket.com sebagai pelopor online
Travel Agent di Indonesia bersinergi dengan Kementrian Pariwisata RI untuk
memajukan pariwisata di Indonesia.
#tiketWonderfulIndonesia
menjangkau kaum millennial dengan beragam konten wisata yang fun dan friendly.
Beragam destinasi mengagumkan siap diperkenalkan keunikannya melalui
#tiketWonderfulIndonesia. tiket.com selalu hadir kapan pun dan dimana pun untuk
mewujudkan liburan impian ke seluruh Indonesia.
Wonderful
Indonesia… Mau kemana ? Semua ada tiketnya
tiket.com
#tiketWonderfulIndonesia
Pada kesempatan
kali ini Menteri Pariwisata RI Arief Yahya memberikan kenang-kenangan kepada
tiket.com melalui perwakilannya yaitu Gery Undarsa selaku Chief Marketing
Officer. Kementrian Pariwsata RI mengucapkan banyak terima kasih kepada
tiket.com karena selalu membantu untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.
Kategori Best Of The Best
Sebelum
menyampaikan kategori Best Of The Best Menteri Pariwisata RI Arief Yahya
menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan penyelenggaraan APWI 2019.
1.
Media Value
Media
Value yang dimaksud dari penyelenggaraan acara APWI 2019 ini adalah tentang
benefit yang didapatkan untuk Kementrian Pariwisata RI yang setelah dikalkulasi
mencapai Rp. 15 Milyar rupiah
2.
Tema
Tema
dari APWI 2018 adalah Destinasi Digital. Dan tema APWI 2019 adalah Millenial
Tourims. Sedangkan untuk tema APWI 2020 adalah gabungan dari tema APWI 2018 dan
tema APWI 2019 yaitu Tourism 4.0
Di
dalam Tourism 4.0 ini ada beberapa tugas yang akan dijalankan oleh Kementrian
Pariwisata, yaitu :
a. WIDI (Wonderful Indonesia
Digital)
b. Big Data
c. Smart Tourism
3.
Hadiah
Total
hadiah APWI tahun 2017 sebesar Rp. 200 juta rupiah. Total hadiah APWI tahun
2018 sebesar Rp.300 juta rupiah. Total hadiah APWI 2019 sebesar Rp. 500 juta
rupiah. Sedangkan total hadiah untuk APWI 2020 adalah gabungan dari APWI tahun
2017 sampai dengan tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 1 Milyar rupiah dengan hadiah
best of the best sebesar Rp. 250 juta rupiah.
Tiba di penghujung acara akhinya Bapak Arief Yahya
mengumumkan Pemenang Best of The Best APWI 2019 yang dimenangkan oleh GTV dalam program acara Travel Addict dengan karyanya “Surga Cantik dari Indonesia Timur”.
Untuk pemenang Best of The Best berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar
Rp. 150 juta rupiah.
Sampai jumpa di
APWI 2020 dengan tema Tourism 4.0
Best
Regards,
Mommy
Tya
Komentar
Posting Komentar