Langsung ke konten utama

Keseruan Festival Bunda Generasi Maju di Jakarta


KESERUAN FESTIVAL BUNDA GENERASI MAJU - JAKARTA


Masa kehamilan merupakan masa yang banyak ditunggu pasangan yang baru menikah. Saat hamil, bukan hanya fisik ibu yang berubah, namun gaya hidup serta pola makan seorang ibu pun juga ikut berubah. Seorang ibu pasti akan melakukan segala cara untuk memastikan kesehatan ibu  pada masa kehamilan tetap terjaga, begitu juga dengan janin yang ada di dalam kandungan.

Dan pada hari Minggu lalu tepatnya tanggal 21 Juli 2019, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Festival Bunda Generasi Maju yang diselenggarakan oleh SGM Bunda di Area Parkir Selatan Senayan Jakarta.


Acara tersebut memang dikhususkan untuk para Bunda yang sedang dalam masa kehamilan agar bisa mengetahui informasi-informasi seputar dunia kehamilan. Bunda-bunda juga bisa mengikuti kegiatan edukatif yang sangat menyenangkan, seperti talkshow dengan dokter kandungan, prenatal yoga bersama suami, cooking demo, dan juga beauty class.

Di dalam Festival Bunda Generasi Maju ini juga terdapat beberapa booth atau area yang bisa bunda-bunda nikmati, diantaranya adalah :
  1. Area Bunda Sehat ---> Dalam area ini bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan sekaligus juga bisa melakukan USG
  2. Area Bunda Santai --> Bunda bisa relaksasi berupa totok wajah dan juga message, yang di dukung oleh tenaga professional dari Mom & Jo
  3. Area Bunda Cerdas --> Games edukatif tentang mitos dan fakta seputar kehamilan. Ada hadiahnya juga lho kalo Bunda bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di dalam games ini.
  4. Area Bunda Jajan --> ini yang paling seru, karena di area ini Bunda bisa menikmati jajanan yang super sehat









Talkshow

Sesi pertama dari acara Festival Bunda Generasi Maju dimulai dengan talkshow yang dipandu oleh MC cantik bernama Tya dan menghadirkan dr. Andri Hondir Sp.OG seorang dokter Spesialis kandungan dan Kebidanan. Talkshow kali ini yaitu membahas mengenao nutrisi dan tumbuh kembang janin.

Seperti yang kita ketahui, pada masa kehamilan kebutuhan nutrisi makro dan mikro ibu hamil akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan pemenuhan nutrisi pada wanita normal usia produktif. Nutrisi makro pada ibu hamil yaitu berupa protein, karbohidrat, dan juga lemak. Sedangkan nutrisi mikro ada dalam zat besi, asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral.


Faktanya 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami kekurangan nutrisi mikro dan anemia, seperti kekurangan zat besi dan asam folat. Dan kondisi ini tentu bisa berdampak buruk bagi ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Untuk wanita yang tidak hamil kebutuhan akan zat besi yaitu kira2 26 mg per hari. Sedangkan untuk ibu hamil meningkat 35% menjadi 37 mg per hari. Begitu pun dengan kebutuhan nutrisi mikro. Kebutuhan protein untuk ibu hamil kira-kira 76-77 gr per hari. Karbohidrat 334-353 gr per hari. Sedangkan kebutuhan lemak kira-kira 66-85 gr per hari


Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi akan terjadi anemia pada ibu hamil bahkan bisa juga mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Dan dampak dari Kekurangan Energi Kronis adalah :
  1. Anemia
  2. Perdarahan
  3. Keguguran
  4. Persalinan sulit
  5. Bayi lahir premature
  6. Berat badan bayi lahir rendah
  7. Daya tahan tubuh menurun
  8. Anak akan mengalami gangguan tumbuh kembang
Sedangkan efek anemia pada ibu hamil adalah :
  1. Bayi Lahir prematur
  2. Gagal jantung
  3. Kematian bayi dalam kandungan
  4. Perdarahan
  5. Kelainan plasenta
  6. Berat badan bayi lahir rendah

 Selain nutrisi sebagai fondasi langkah awal, fisik yang siap juga dibutuhkan oleh ibu hamil antara lain dengan melakukan olahraga rutin agar tubuh bunda hamil santai dan juga selalu bugar.

Keuntungan berolahraga selama kehamilan antara lain :
  1. Mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan
  2. Memperbaiki postur
  3. Membuat tubuh lebih lentur
  4. Meningkatkan sirkulasi
Ada beberapa olahraga yang terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, yaitu :
  1. Aerobics (low impact)
  2. Renang
  3. Jalan santai
  4. Sepeda statis
  5. Yoga


Yang terakhir ibu hamil juga harus banyak cairan terutama air putih untuk menghindari dehidrasi. Biasanya kebutuhan konsumsi air putih orang dewasa itu kira 7-8 gelas atau 1,8 -2 liter per hari. Untuk ibu hamil harus ditambah 1 gelas atau +/- 300 ml per hari. Sedangkan untuk ibu menyusui ada penambahan sekitar 3 gelas atau +/- 700ml per hari.

Berikut ada beberpa tips yang disampaikan oleh dr. Andri Hondir dalam menjalani kehamilan yang sehat :
  1. Kontrol kehamilan ke dokter dengan tepat waktu
  2. Lakukan olahraga ringan secara teratur
  3. Memulai pola hidup yang lebih sehat
  4. Disiplin mengikuti anjuran dokter
  5. Mengkonsumsi sayuran dan buah segar dengan porsi yang cukup
  6. Cari tahu seputar kehamilan lewat buku atau internet
  7. Hindari mengkonsumsi sembarang obat kimia maupun obat tradisional tanpa konsultasi dengan dokter
  8. Minum multivitamin secara teratur
  9. Ajaklah pasangan untuk memulai hidup sehat dan berhenti merokok
  10. Mencari dan konsultasi dengan dokter yang cocok
  11. Berbagi pengalaman dengan teman, saudara atau kerabat yang pernah hamil
  12. Hindari kontak langsung dengan bahan-bahan kimia yang beresiko pada kehamilan
  13. Pastikan bahwa gigi dan gusi serta mulut dalam kondisi sehat
  14. Ketahui sejarah alergi yang dimiliki serta hindari pemicunya
  15. Hindari kontak langsung dengan sembarang hewan
  16. Perhatikan selalu kondisi kesehatan apabila hamil di atas usia 35 tahun
  17. Tidak boleh stress
  18. Hindari melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat
  19. Istirahat cukup
  20. Banyak minum air putih 


" Kehamilan yang sehat sebagai langkah awal dukung generasi maju "



Yakin ga sih kalo makanan harian yang ibu-ibu hamil asup itu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang janin ? Di sesi selanjutnya ada Mba Rizha Gandjar selaku Marketing Manager SGM Bunda yang akan memaparkannya lho..


Makanan harian ibu hamil belum tentu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Nah disinilah peran susu formula pada ibu hamil, yang fungsinya adalah membantu mencakupi asupan nutrisi makro dan mikro. Khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat. Selain itu juga susu ibu hamil juga dapat melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat. Dan yang pasti gizi ibu akan optimal guna mendukung anak generasi maju untuk mencapai potensi prestasi.


SGM Bunda hadir untuk berkomitmen mendukung kesehatan ibu hamil melalui 2 cara, yaitu :
  1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang lengkap dan kezat untuk ibu hamil dan menyusui dengan formula COMPLINUTRI yang mengandung nutrisi mikro penting yang dibutuhkan selama periode hamil dan menyusui.
  2. Memberikan edukasi untuk para ibu hamil melalui kampanye “Langkah Awal Dukung Generasi Maju” dalam bentuk edukasi media digital dan kegiatan acara temu bunda. Oleh karena itu SGM Bunda memberikan edukasi kehamilan melalui aktifitas offline / on ground, yang salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Festival Bunda Generasi Maju di 4 kota besar di Indonesia yaitu Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Bandung.
  3. SGM Bunda juga melakukan edukasi melalui platform digital yaitu Facebook SGM Bunda dan juga Instagram @sgmbunda yang berfungsi sebagai pusat informasi dan edukasi seputar kehamilan dengan berbagai fitur seperti artikel, live chat dengan dokter dan ahli nutrisi, tips kehamilan, serta aktifitas digital lainnya.


Kandungan nutrisi lengkap SGM Bunda antara lain :
  1. Minyak ikan yang berfungsi mendukung perkembangan saraf dan otak janin
  2. Tinggi zat besi yang mampu mendukung pencegahan anemia pada bunda
  3. Tinggi asam folat yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
  4. Tinggi kalsium dan vitamin D membantu pembentukan tulang pada janin 
SGM Bunda terdiri 2 varian rasa yaitu rasa cokelat dan strawberry dengan formula COMPLINUTRI yang membantu penuhi kebutuhan nutrisi bunda di masa hamil dan menyusui.

Oleh karena itu status gizi ibu selama masa kehamilan berperan penting bagi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Karena masa kehamilan merupakan awal dari periode 1000 hari pertama kehidupan yang akan menentukan kualitas kesehatan si kecil di masa depan. Dan pada masa inilah akan berlangsung perkembangan optimal untuk menjadi anak generasi maju dengan 5 potensi prestasi, yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, mandiri, supel, dan percaya diri.


Cooking Demo
Setelah kita mengetahui tentang seputar kehamilan dan juga tentang susu SGM Bunda lewat talkshow, seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya bahwa di acara Festival Bunda Generasi Maju juga ada beberapa booth yang Bunda bisa nikmati.


Selain itu ada juga Cooking Demo yang dipandu oleh Finalis Masterchef Indonesia yaitu Kevin Christian Pangemanan. Cooking demo kali ini adalah bagaimana mensiasati para Bunda yang tidak suka minum susu tapi ingin terpenuhi kebutuhan asupan nutrisi untuk Bunda dan janinnya, yaitu dengan membuat beberapa makanan yang terbuat dari susu hamil dan menyusui. Wow.. kreatif yaa… Jadi Bunda dapat makanan enak plus dapat juga nih vitamin-vitaminnya.


Beauty Class
Perubahan hormon dan fisik saat hamil terkadang bisa membuat ibu hamil menjadi tidak percaya diri. Mau menggunakan produk kecantikan pun juga jadi harus ekstra lebih hati-hati karena tidak semua kandungannya baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga calon #GenerasiMaju.


Nah kali ini di Festival Bunda Generasi Maju Bunda juga akan mengikuti talkshow sekaligus beauty class yang dipersembahkan oleh Wardah, yang disampaikan oleh Mba Anna Septiana Kusumasari selaku Promotion Officer Wardah Cosmetics. Selain itu para ibu hamil juga diberikan tips-tips nih agar tetap cantik selama masa kehamilan. Seru kan ??

Nah gimana nih Bunda… seru kan Festival Bunda Generasi Maju yang telah diselenggarakan di Jakarta. Buat Bunda yang belum mengikuti keseruannya, tenang aja masih ada kok Festival Bunda Generasi Maju yang akan berlangsung di Bandung pada tanggal 28 Juli 2019.

Catat tanggalnya ya…
Sampai Jumpa di Bandung… 



#FestivalBundaGenerasiMaju
#LangkahAwalDukungGenerasiMaju
#SGMBunda
#GenerasiMaju




Komentar

  1. Saya juga ikut event ini di Jogja, paling suka pas area bunda santai... Massagenya mantab, bikin relaks...

    BalasHapus
  2. Aku juga hadir seru acaranya dan pulang banyak ilmu yang didapat ya, peserta usg juga banyak

    BalasHapus
  3. wah seru banget pasti ya acaranya mba.. mesti dapet ilmu banyak banget! trus ada booth kecantikannya juga yaa hehe

    BalasHapus
  4. di Bandung berarti kemarin kan ya 28, ini sudah 30 hiks hiks kelewat nih saya. Semoga ada lagi yaaa

    BalasHapus
  5. seru banget ya kegiatan si bunda merah ini, penuh kreativitas dan tentu saja menjadi ajang silaturahim juga, jad makin dekat dan kompak sesama bunda mombas di JKT

    BalasHapus
  6. Masih banyak bunda yang kurang nutrsi saat kehamilan? Semoga dengan adanya susu formula khus untuk ibu bsa mencukupi kebutuhan itu. Generasi maju yang diinginkan setiap orang tua juga tercapai karena dimulai dari saat kehamila.n.

    BalasHapus
  7. Banyak sekali pengetahuan yang bisa didapatkan ya datang di acara bunda generasi maju lagi banyak booth menarik yang bisa di datangi

    BalasHapus
  8. Acara festival Bunda generasi Maju ini berlangsung di beberapa kota ya ?? Aku udah liat beraneka keseruan yang berlangsung di Bandung. Banyak booth2 seru ya

    BalasHapus
  9. Seru dan berfaedah banget ya acara ini. Nambah wawasan buat para bunda dalam hal ilmu parenting. Sayang banget deh aku gak bisa Dateng kemaren pas ada di Bandung. Tapi gapapa deh, ilmu dari postingan temen2 blogger bisa dibaca :)

    BalasHapus
  10. SGM ini enak anak saya juga suka, bermanfaat banget ya acara ini buat para bunda dan anak2

    BalasHapus
  11. Ibu hamil perlu nih acara2 edukatif spt ini. Jd enjoy dan happy menjalani kehamilannya dan makin teredukasi utk ttp memperhatikan asupan gizi utk calon anak dan dirinya sendiri.

    BalasHapus
  12. Kegiatan dari SGM ini berlanjut terus ya. Bahkan kalau dilirik harga produknya, nyaman banget di kantomg. Semoga kapan kapan saya bisa ikut bergabung di acara seperti ini. Seru banget.

    BalasHapus
  13. Seneng banget bisa hadir di festival ini, serasa sedang me time, karna di sini teesedia fasilitas yang sesuai untuk ibu hamil.

    BalasHapus
  14. Wah, ternyata gak main-main ya efek yang ditimbulkan jika seorang ibu kekurangan energi kronis . Paling fatalnya, ia berisiko mengalami keguguran! Mudah-mudahan lewat acara ini semakin banyak ibu yang sadar ya mbak dengan kesehatannya sehingga semakin berkurang pula jumlah ibu yang mengalami kekurangan energi kronis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se