Langsung ke konten utama

Family Trip at Candi Cangkuang, Garut

Hai… Meet me again Guys…
Semoga ga bosen ya baca tulisan akuh.
Kemarin kita udah bahas tentang seputar konsernya Celine Dion ya. Sekarang bahas jalan2 yuk. Kayanya seru ya. Apalagi besok weekend. Kali aja review aku tentang perjalanan trip aku kali ini bisa jadi referensi kalian buat holiday. Yuk intip2..

Aku mau mereview family trip aku ke Garut ya. Ada 3 lokasi yang mau aku certain. Dari 3 lokasi ini ada 2 tempat yang malahan beberapa orang Garut asli belum pernah ke tempat ini. Lucu ya.. padahal mereka orang Garut yang emang tinggal di Garut kok malah belum pernah dateng yaa.. Entah karena ga tau atau mungkin ga mau datang. I don’t know. Aku ga nanya jelas juga sih. Hehehe…

Jadi… niat dari vacation ini sebenarnya awalnya adalah untuk mengantar mama mertuaku mau merayakan Hari Raya Idul Fitri di Garut sambil berkurban. Karena mama mertuaku orang Garut jadinya dia sekalian silaturahim dengan keluarga besarnya di Garut. Dan karena sekolah anak2ku juga liburnya panjang ya sekalian aja kita liburan bareng. Tentunya suamiku juga langsung izin minta cuti kerja seminggu. Biar maksimal liburanya. Hehehe…

Sebelum berangkat ke Garut aku langsung hunting2 di internet tempat liburan mana yang asyik di Garut dan yang cocok buat aku dan keluarga. So.. akhirnya ketemu lah tempat wisata Candi Cangkuang, Gunung Papandayan, dan tentunya belum afdol kalo ke Garut itu belum datang ke Alun Alun Kota Garut. Selain ke tempat wisata tersebut tentunya hari liburan aku dan keluarga juga kita sempatkan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara dari keluarga suamiku. Biar sekalian juga. Jadi full kan liburannya… Ketemu saudara dapat, have fun nya juga dapet. Yess !!

Perjalanan dimulai pada hari rabu pagi. Aku sengaja jalan pagi2 karena biar ga kejebak macet pastinya.Tau sendiri dong jalan tol cikampek kalo hari kerja kaya apa macetnya. Karena hari itu masih termasuk hari kerja jadi kami berusaha untuk jalan pagi2 supaya belum terlalu banyak kendaraan yang lewat di jaalan tol itu khususnya yang mengarah ke Cikarang atau Karawang karena itu semua kan banyak pabrik ya Guys. So.. setelah sholat subuh kira2 jam 4.45 pagi kita langsung jalan. Kebetulan aku jalan dari rumah mertua ku yang rumahnya di deket pintu tol Bekasi Barat. Jadi keluar dari rumah kira2 5 menit kemudian kita sudah ada di jalan tol Bekasi Barat. Strategis banget ya… Hehehehe

Alhamdulillah jalanan sangat lancer.. Ya iyalah jam 5 pagi gitu lho.. pasti lancer banget. Cuzzz.. mobil ku langsung ngebut dengan kecepatan 100km/jam. Padahal batas maksimal di jalan tol itu harusnya 80km/jam yaa.. Tapi dengan kondisi jalan yang sangat sepi kaya gitu pasti tergoda banget lah buat ngebut. Hehehe.. Eitss.. Jangan khawatir guys. Suamiku termasuk orang yang sabar kok dalam membawa mobil. Apalagi kalo di mobil isinya orang tua dan anak2 pasti dia tau akan bawa mobil nya dengan sangat aman. Karena keselamatan adalah yang utama. Jadinya Inshaa Allah aman dan lancer jaya.

Ehhh.. jadi ngelantur deh ceritanyaa.. Maapkan yaa…

Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam akhirnya sampe juga kita di pintu keluar tol cileunyi kira2 jam 7 pagi. Wow.. cepet yaaa.. Karena emang ga macet Guys.. jadinya cepet deh. Kita sempet istirahat dulu sebentar di rest area. Biasa kalo ada yang mau ke kamar mandi atau sekedar meluruskan badam aja. Tapi ga lama kok. Cuma 15 menit aja. Karena destinasi pertama kita adalah langsung ke tempat wisata Candi Cangkuang. So.. lanjut…

Dari keluar pintu tol Cileunyi ke Candi Cangkuang hanya butuh waktu 30 menit. Alhamdulillah cepet karena masih pagi. Kalo udah siang dikit pasti macet. Khususnya di daerah Rancaekek (karena suka ada psar kaget yang ada dipinggir jalan raya) dan juga di daerah Leles. Tapi beruntungnya aku ga ngalamin macet itu. Alhamdulillah.

Amd finally aku sampe juga di Tempat Wisata Candi Cangkuang jam 7.30. Pas aku sampai disana ternyata masih sepi. Karena emang belum buka juga. Tempat itu buka jam 10 pagi. Tapi kita ngotot pengen masuk karena ya udah ssampe disana juga. Masa mesti nunggu sampe jam 10 sih. Hehehe.. Akhirnya dengan keahlian negosiasi yang aku punya, kita pun bisa masuk ke lokasi tersebut.

Sebelum masuk ke dalam Candi Cangkuangnya kita harus naik perahu rakit Guys. Karena posisi Candi Cangkuang itu adanya di sebrang danau (kalau dalam bahasa sunda disebut situ), sehingga untuk mencapai tempat tersebut melalui pintu utama yang emang harus menyeberang menggunakan rakit. Rakit nya ini tenang aja Guys bukan rakit biasa tapi ditengahnya ada perahunya dan ada atapnya pula. Jadi kita ga akan kepanasan. Dan di dalam perahu rakit kita bisa duduk2 sambil foto2 selfie pastinya karena view danaunya bagus banget Guys. Kalau kalian berani kalian bisa berdiri di ujung perahu rakit nya sambil foto2 selfie juga. Kalo aku sih ga berani. Tapi anak2ku berani banget.

Dan.. sampailah kita di ujung danau (Cuma nyebrang lurus doang sih sebenarnya) kita sudah sampe di pintu masuk Candi Cangkuang. Oiya aku lupa bilang ya.. Naik perahu rakitnya bayar ya Guys. Per orang itu Rp. 10.000,-. Karena aku ber-enam orang jadi aku bayar Rp. 60.000,- untuk perjalanan bulak balik.

Aku kasih gambaran sekilas ya tentang Candi Cangkuang. Candi Cangkuang ini adalah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, Kecamatan Leles. Jadi kalo mau kesana setelah kalian melewati daerah Kadungora itu akan ada perempatan Leles. Nah dari situ kalian belok kiri nanti lurus aja. Akan ada petunjuknya kok. Jadi ga susah Guys.

Balik lagi ya.. setelah sampai di pintu masuk pas kita turun dari perahu rakit kita langsung disuguhkan dengan pemandangan pohon yang sangat tinggi banget. Waktu lihat pertama kali sih agak horror guys. Karena sepi kali ya belum ada yang datang. Tapi alhadulillah aku dan keluarga sangat menikmati. Ini pengalaman pertama kali jalan2 keluar yang bukan Mall. Biasanya kita selalu ke mall terus soalnya. jadi skrg pindah haluan kita akan sering eksplore tempat2 wisata di Indonesia. Sipp lah

Nah agak ke dalam sedikit nanti kita ketemu dengan took cendera mata khas Garut. Lucu2 deh Guys. tapi maaf ya aku ga sempet foto2 tokonya. Cuma yang pasti ditoko cenderamata itu aku beli tas bamboo, garukan punggung, ulekan bumbu, mmm apalagi yaa.. lupa euy.. hahahaha..

Lanjut lagiiiii…
Kita sampai di area Kampung Pulo nya ini. Kampung Pulo ini juga ternasuk cagar budaya lho Guys. Di Kampung Pulo ini Cuma ada 8 rumah yang 4 rumahnya itu saling berhadapan. Pas aku sampe disana mereka semuanya lagi pada aktifitas. Ada yang lagi kasih makan ayam, ada yang jemur baju. Tapi yang unik bukan itu guys. Mereka itu masih menjalankan kehidupan yangs serba tradisional. Mereka ga punya lampu listrik kaya kita. Mereka Cuma pake lampu minyak. Rumahnya pun rumah panggung yang sangat sederhana. Kalian bisa lihat di picature dibawah ini ya conto rumahnya. Tapi aku bisa duduk disalah satu rumah itu karena katanya kebetulan rumah itu kosong. Sambil istirahat juga sih karena agak pegel ini kaki. Hehehe…

Sambil aku duduk2 istirahat anak2ku berlarian di halaman rumah di Kampung Pulo itu. sambil kejar2an sama ayam pastinya. Hahahaha.. seru sih. Tapi aku ga lama disitu guys. Memanfaatkan waktu yang ada aku agak menanjak dikit ke atas. Aku llihat ada sebuah candi. Katrena penasaran akhirnya aku dan keluargaku jalan juga ke atas.

And here they are Candi Cangkuang yang dimaksud. Candinya sih ga tiinggi ga pendek pula. Tapi lumayan lah. Candi ini terakhir dipugar oleh pemerintah Jawa Barat pada tahun 1978. Udah lama juga ya.. Aku aja belum lahir tuh tahun segitu. Seperti biasa kita foto2 deh di situ. Karena emang viewnya bagus.

Karena udah jam 9 pagi pastinya aku sama anak2 udah mulai laper nih. Kebetulan aku sama mama mertuaku bawa makanan kecil. Jadilah kita makan disana di deket area candi itu. Sekilas sih agak enak2 aja makannya. Tapi lama2 ada yang bikin aku sama keluargaku ga nyaman. Tiba2 datang seekor ayam. Aku pikir sih Cuma ayam yang lagi lewat aja. Jadi aku kasih dong sedikit makanan ke aya itu. Tapi tiba2 datang ayam kedua, ketiga. Dan aku emang masih belum kepikiran apa2. Masih Cuma kepikiran ayam lewat aja. Tapi pas ketika ayam yang datang jadi tambah banyak dan jadi agak2 ganas dan maksa minta makan ke aku dan keluargaku (silahkan ngebayangin seekor ayam maksa minta makan ya..hehehe) aku langsung jadi risih. Ini ada apa yaa ?? Kok jadi horror lagi disini. Entahlah.. yang tadinya kita seru2an jadi nya serem dan akhirnya langsung beres2 dan kabur. Oiya sebelumnya aku dan keluargaku sempet usir itu ayam supaya ga gangguin kita semua. Tapi ga ada yang mau kabur malahan galak lho ayamnya dan langsung samperin kita untuk minta makan. So..daripada dipatok mendingan kita pergi aja deh. Dan ternyata pas aku tanya sama salah satu penjaga di candi itu, ayam itu adalah ayam yang jagain candi itu. Jadi kalo ada pengunjung yang datang bawa makanan ayam itu akan minta makanan itu seoerti seolah2 kita ga boleh makan disekitar candi itu. mmmmm.. okelah.. agak mistis yaa.. tapi ya sudahlah yang pentting aku dan anak2 ga dipatok ayam. hahahaha..

Turun dari candi aku langsung jalan ke bawah lagi. Disitu aku lihat kaya ada museum. Tapi aku ga kesana. Aku Cuma lihat dari jauh aja. Aku lebih tertarik di depan museum itu ada kuburan. Aku ga hitung sih ada berapa kuburannya. Hanya beberapalah. Setelah aku tanya ke penjaganya ternyata itu adalah makam kuno daro Arief Muhammad yang dianggap oleh penduduk setempat adalah leluhur mereka. Selain makam terdapat pula serpihan pisau serta batu2 besar yang diperkirakan merupakan peninggalan  zaman megalitikum. Sayangnya sekali lagi aku ga sempet foto2 makam dan batu2 peninggalan sejarah tadi.

Finally.. anak2ku udh merasa cape dan lelah. Kita akhirnya balik ke arah keluar candi. Dannnn  taraaaa…. pengunjung candi cangkuang udh mulai banyak dan mulai berdatangan. Aku lihat jam ternyata sudah jam 10 pagi. Dan guess what ?? ternyata dari pagi hanya aku dan keluargaku aja pengunjung pertama Candi Cangkuang itu.. Hahahaha

Gapapalah… First experience… seneng sih… karena pada dasarnya aku ingin mengajak anak2 juga liburan ke tempat2 wisata cagar budaya kaya gini. Ga melulu harus ke mall atau pun ke tempat yang mewah dan mahal. Sesekali kita pergi liburan dengan sesuatu hal yang berbeda. Intinya have fun…

oke guys.. sementara liputan aku tentang liburan ala2 aku yang ini dulu yaa..

besok lanjut lagi ke destinasi kedua dan ketiga..

see youuuu…

1. Lah iya aq baru tau garut juga punya candy eh candi deh

2. Saya sering lewat tapi ga pernah mampir. Next trip dicoba ah

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se