Langsung ke konten utama

Promosi Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Bunuh Diri



Hai Guys… Tau ga sih kalau setiap tanggal 10 Oktober kita memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ? Sebagian mungkin ada yang tau. Tapi kalau aku… Jujur baru tau… hehehe…

Dan aku seneng banget pas aku tau ada hari kesehatan jiwa sedunia pas banget aku dapat undangan acara Temu Blogger dari Kementerian Kesehatan RI yang bekerja sama dengan Blogger Crony Community (BCC). Dari acara itu aku banyak tahu tentang Kesehatan Jiwa itu seperti apa.

Tema dari acara ini adalah “Mental Health Promotion and Suicide Prevention”. Diangkatnya tema ini menjadi sesuatu hal yang perlu kita ketahui karena perubahan-perubahan perilaku yang terjadi saat ini akibat daripada individu yang tidak bisa mengelola apa yang dialami di dalam lingkungan.




Apa Itu Kesehatan Jiwa 


Menurut dr. Fidiansyah, SpKJ selaku Direktur Kesehatan Jiwa dan Napza, Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan social sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.


Orang yang termasuk sehat ini betul-betul poinnya adalah termasuk dapat mengatasi tekanan, sehingga mampu mengolah stress dalam era modernisasi dan globalisasi, dan juga bisa mengatasi suatu masalah sebagai sesuatu yang positif.

So… Kesehatan jiwa itu ada di dalam diri kita, keluarga, dan masyarakat. Dan jika kesehatan jiwa dalam seseorang tidak terpenuhi, maka di sebut dengan gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).


Bagaimana dengan orang yang mempunyai banyak masalah ? Apakah bisa dikategorikan sebagai orang dengan dengan gangguan jiwa ? Menurut Buku Panduan Diagnosis Gangguan Jiwa orang yang baru saja mempunya masalah (walaupun masakahnya banyak dan berat) belum bisa dikategorikan sebagai orang dengan gangguan jiwa,karena berbagai gejala lainnya belum terpenuhi.



Apa Itu Bunuh Diri ? 


Setiap mendengar kata bunuh diri pasti kita akan merasa shock ya Guys. Seperti yang kita tahu bunuh diri adalah sebuah tindakan yang disengaja yang menyebabkan kematian pada diri sendiri.

Menurut laporan dari WHO pada tahun 2010 menyebutkan angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6% – 1,8% per 1000 penduduk, atau sekitar 5000 per tahunnya. Banyak yaaaa ????!! Dan bunuh diri juga merupakan gangguan kesehatan jiwa pada diri seseorang.

Kondisi masyarakat secara umum yang sudah memasuki era modernisasi dan globalisasi yang ujung-ujungnya jika tidak bisa dikelola dengan baik akan bisa menyebabkan gangguang jiwa yang biasa disebut depresi atau gangguan jiwa berat yang akhirnya bisa menyebabkan bunuh diri.



Prevalensi Masalah dan Gangguan Kesehatan Jiwa 


Secara global sekitar 1 dari 6 orang (15-20%) mengalami satu atau lebih masalah kesehatan jiwa dan juga NAPZA. Jumlah terbesar yaitu gangguan kecemasan, sekitar 4% dari populasi.


WHO menyatakan bahwa masalah kesehatan jiwa yang menjadi prioritas kesehatan masyarakat adalah bunuh diri, dimana data global menyebutkan bahwa hampir 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya, which mean 1 kematian per 40 detik. Agak miris ya Guys ??!!



Promosi Kesehatan Jiwa 


Promosi tentang kesehatan jiwa dilakukan oleh semuanya bukan hanya tenaga kesehatan saja. Dan promosi ini dimulai dari diri sendiri, lalu keluarga, dan akhirnya masyarakat. Dan kali ini mempunyai tempat yang strategis untuk dilibatkan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam hal promosi kesehatan jiwa.



Bekerja sama untuk Pencegahan Bunuh Diri 



Pada sesi berikutnya Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si lebih berbicara mengenai psikologis orang yang melakukan bunuh dari. Dari penyebab kenapa bunuh diri dan apa yang harus dilakukan serta pencegahannya.


Masalah bunuh diri merupakan penyebab kematian nomer 2 (dua) terbanyak dan terjadi pada kelompok usia 15-29 tahun. Oleh karena itu penting banget untuk mempersiapkan remaja yang sehat fisik dan jiwa sejak dini agar tercipta sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Seperti apa sih orang yang mempunyai resiko untuk melakukan bunuh diri ? Biasanya orang yang mempunyai masalah psikologis berat atau gangguan jiwa yang menyebabkan depresi. Dan biasanya depresi itu bisa dikarenakan salah satunya adalah karena adanya masalah hubungan awal yang tidak harmonis atau terputus dengan ibu. Bisa juga karena mengalami kekerasan, bullying, trauma atau diskriminasi. Pun juga bisa karena mengalami tekanan hidup yang berat.

Selain itu ada juga beberapa hal yang mendorong bahkan ide yang muncul untuk melakukan percobaan bunuh diri. Seperti kesepian, merasa tidak dibutuhkan atau tidak berguna, lelah dengan kehidupan yang menyebabkan putus asa, dan juga perasaan tertekan.

Dan siapa sangka ternyata bunuh diri itu menular lho !! Misalnya saja ada artis terkenal yang  bunuh diri, dan kita sangat nge-fans sama artis itu bisa jadi kita akan melakukan hal yang sama sebagai bentuk dukungan kita terhadap artis itu. Bisa jadi kan ??!!


That’s why kita harus mewaspadai anak dan remaja yang pernah melakukan percobaan bunuh diri, dan juga punya sejarah anggota keluarga yang bunuh diri. Karena bisa jadi anak itu akan mengalami depresi atau gangguan psikiatri lain yang memungkinkan dia akan melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu diperlukan dukungan berupa nasihat atau pengakuan dan penghargaan terhadap anak yang punya kecenderungan untuk melakukan bunuh diri. Selain itu dukungan bisa juga diberikan berupa kasih saying dan cinta, serta perasaan memiliki.

Kesemuanya itu bisa dibantu dengan kita menunjukkan empati, ajak bicara, dan bantu selesaikan masalah bila mereka mempunyai masalah.



Upaya-upaya yang dilakukan 


Aktivitas pencegahan bunuh diri harus secara kompleks berdasarkan faktor-faktor terkait bunuh diri, tidak hanya fokus terhadap gangguan jiwa. Maka dari itu upaya yang dilakukan meliputi pencegahan, intervensi, dan kerjasama yang erat antar pemangku kepentingan.

Upaya tersebut bisa berupa :
1.    Upaya Promotif
Bisa melalui media KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) serta Sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu peran media massa juga bisa dilibatkan, diantaranya adalah dengan memberikan informasi yang menekankan bahwa bunuh diri merupakan kerugian bagi masyarakat. Informasikan juga tentang bagaimana cara menghindari tindakan bunuh diri.

Diusahakan media berkomunikasi dengan petugas kesehatan sebelum menayangkan berita tentang bunuh diri.

2.    Upaya Preventif
Upaya preventif bisa dilakukan dengan cara deteksi dini masalah kesehatan jiwa dan juga NAPZA dengan terlebih dahulu melatih tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan maupun guru bimbingan atau konseling di sekolah.


Kesimpulannya aktifitas bunuh diri bisa dicegah. Antara lain dengan cara buatlah interaksi secara positif, dan ajaklah seseorang yang terindikasi bunuh diri untuk terlibat dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan menyenangkan, sehingga keinginan untuk bunuh diri bisa dicegah.


SEHAT JIWA DIMULAI DARI DIRI SENDIRI, KELUARGA, DAN MASYARAKAT




Best Regards,
Mommy Tya

Komentar

  1. Tulisannya informatif nih Bun...buat nambah pengetahuan kita ya, thank for share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau memang bisa menambah informasi ya...

      Hapus
  2. Statistik prevalensinya cukup tinggi, ya.... Semoga kita pun semakin peduli pada sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tinggi banget. Dan memang kita harus lebih peduli dan empati dengan orang yang terindikasi mempunyai keinginan untuk melakukan bunuh diri. Agar kita bisa mencegah mereka untuk tidak melakukan bunuh diri

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se