Langsung ke konten utama

Kenali Vertigo

Kenali Vertigo

Hai readers… kalian pasti tau vertigo kan ? Kira-kira pernah mengalaminya ga ? Mungkin sebagian ada yang sudah pernah mengalaminya ya. Yup.. aku juga. And honestly sumpah ga enak banget rasanya. Kaya lagi gempa bumi. Muter-muter ga jelas gitu. Terus langsung mual pula. Tapi kalian tau ga vertigo apa, dan karena apa dan bagaimana sih kejadiannya ? Kita bahas barengan yuk..


Pengertian Vertigo
Vertigo itu adalah sebuah keadaan di mana si penderitanya merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang-layang, yang membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan untuk bangun, atau sekedar berdiri apalagi berjalan.



But readers, just info, vertigo itu bukan penyakit ya. Tapi kumpulan gejala yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba atau bisa juga berlangsung selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu. 


Gejala Vertigo
Aku pribadi sudah mengalami vertigo selama 2 tahun. Sebelumnya sih biasa aja. Pas lagi terasa bisa aku atasi dengan cukup istirahat. Kalo sudah parah baru aku bantu pemulihan dengan minum obat.

Puncaknya yang terparah adalah sekitar pertengahan tahun 2017 lalu. Sampai harus dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) di daerah Cawang, Jakarta Timur.

Berdasarkan pengalaman aku gejala awal vertigo adalah pusing, kepala berputar-putar atau kita biasa sebut kepala kliyengan, juga kehilangan keseimbangan.

Setelah itu aku juga mual, muntah, mengeluarkan keringat berlebih, dan sakit kepala. Bahkan ada beberapa orang yang kadang mengalami gerakan mata yang tidak normal, juga telinga berdenging.

Untuk kondisi yang terakhir tadi aku mengalaminya juga pas vertigo yang terakhir yang kebetulan aku dirawat. Malahan aku sampai mau pingsan di rumah sakit, sampai akhinya dokter memutuskan untuk aku dirawat (untuk bagian ini akan aku ceritakan nanti ya.. hehehehe..)


Penyebab Vertigo
Aku mau sharing dulu ya readers. Seperti yang aku ceritakan sebelumnya. Aku mengalami vertigo selama 2 tahun. Dan selama itu aku sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, dan yang terakhir aku rutin berobat ke dokter spesialis saraf di salah satu rumah sakit swasta di Bekasi. 

Selama berobat aku tidak dianjurkan untuk melakukan suatu pemeriksaan apa pun. Dokter hanya memberikan diagnosa kalau aku positif ada vertigo dan hanya ada terapi obat saja. Aku hanya menurut saja apa kata dokter saat itu.

Jadi saat gejala vertigo datang aku hanya perlu istirahat. Kalau tidak sembuh baru aku coba dengan minum obat. 

Tapi selama dua tahun itu tidak ada perubahan sama sekali. Hanya sembuh sebentar, setelah itu beberapa minggu kemudian suka kambuh lagi. 

Sampai akhirnya pada suatu sore aku mengalami gejala vertigo yang amat hebat. Kepala pusing sangat, sensasi kepala berputar juga lebih hebat, bahkan tidak ada henti sama sekali.

Aku rubah posisi kepala pun tidak ada perubahan. Semua serba berputar. Aku coba tidur tidak bisa. Aku coba minum obat juga tidak berpengaruh banyak. Hanya mengurangi sedikit sensasi kepala berputar. Rasa mual juga semakin bertambah dan muntah hebat pun sangat sering. 

Aku terpaksa minum obat penenang untuk mengendalikan rasa cemas aku sambil aku coba minum lagi obat vertigo supaya aku bisa tidur. Alhamdulillah malamnya aku bisa tidur walaupun tidak nyenyak.

Sampai keesokan harinya vertigo aku kembali kambuh. Dan akhirnya aku putuskan untuk periksa ke dokter. Kali ini aku tidak mau ke dokter di rumah sakit tempat biasa aku berobat. Aku putuskan untuk langsung berobat ke RS Pusat Otak Nasional (RSPON) di Cawang Jakarta Timur. 

Aku ke RSPON berdasarkan rekomendasi dari temanku yang kebetulan suaminya sakit stroke dan dibawa ke RSPON.

Temanku bercerita kalau disana sangat bagus sekali dalam hal pemeriksaan khususnya yang berhungan dengan saraf. Dan aku memang akan berencana pindah dokter ke sana.

And finally aku sampai di RSPON. Belum juga periksa aku sudah tidak kuat dan hampir pingsan karena vertigo aku kambuh lagi pas sampai di Lobby depan pendaftaran pasien.

Akhirnya aku langsung dibawa ke IGD RSPON. Di dalam IGD sangat cepat sekali respon para perawat nya dalam hal pemeriksaan pasien.

Dari pemeriksaan mereka (dokter dan perawat) dan dari keterangan tentang keluhan yang aku sampaikan, mereka memutuskan aku juga didiagnosa kena vertigo. Dan aku harus dirawat untuk seterusnya aku harus diajurkan untuk di MRI agar bisa tahu apa penyebab vertigo aku selama ini.

Alhamdulillah.. gapapa deh dirawat. Yang penting aku tahu vertigo aku dari apa sebabnya supaya bisa memudahkan aku untuk cari tahu apa yang harus dilakukan supaya vertigo aku bisa sembuh.

Selama aku dirawat di RSPON kebetulan aku bertemu dengan dokter yang sangat tepat yang bisa memberikan info lengkap tentang penyakit aku. 

Setelah hasil MRI keluar aku dirujuk untuk bertemu dengan dokter saraf yang lebih spesialis lagi. Aku ketemu dengan dokter Yuyun. Beliau adalah dokter Spesialis Saraf Neurovaskuler. Kebetulan vetigo yang aku alami berhubungan dengan jantung aku. Makanya aku diarahin ke dokter spesialis Neurovaskuler.

Dari obrolan aku dengan dokter Yuyun beliau cerita banyak banget tentang penyebab vertigo. Jadi penyebab vertigo itu sebenarnya tergantung dari jenis vertigo yang dialami. 

Yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. 

Saat kita menggerakkan kepala kita, maka bagian dalam telinga akan member tahu dimana posisi kepala kita berada, lalu mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. 

Tapi, jika ada masalah dibagian dalam telinga kita, maka kita akan merasakan sakit dan pusing. Ini yang aku rasakan pada saat vertigo aku muncul yang terahir. 

Kata dokter ini bisa terjadi karena adanya peradangan di telinga bagian dalam atau juga karena adanya infeksi virus.

Selain itu gejala vertigo bisa terjadi juga akibat perubahan posisi dan gerakan kepala yang secara tiba-tiba yang akhirnya bisa memberikan gangguan pada telinga bagian dalam kita.

Contohnya perubahan posisi kepala dari posisi tegak menjadi posisi menunduk secara tiba-tiba. Atau bisa juga bangun tiba-tiba dari tidur.

Bahkan gerakan mendongakkan kepala yang secara tiba-tiba dan sering bisa juga mengakibatkan gangguan pada telinga bagian dalam.

Selain vertigo yang disebabkan karena gangguan telinga, vertigo bisa juga disebabkan karena adanya masalah di otak. Dan bagian otak yang paling berpengaruh terhadap kejadian ini adalah otak kecil.


Beberapa kondisi vertigo yang disebebkan oleh otak kecil misalnya sakit migrain atau sakit kepala sebelah yang tidak tertahankan disertai dengan rasa nyeri yang berdenyut.

Selain migraine, vertigo bisa juga disebabkan oleh seseorang yang terkena stroke, yaitu penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak.

Dan ini juga kemarin dialami oleh aku pas aku kena vertigo. Jadi kemarin ternyata aku sempat mengalami stroke ringan yang bahkan aku sendiri tidak sadar kalau aku sedang stroke.

Karena gejala yang ditimbulkan (berdasarkan keluhan yang aku sampaikan ke dokter) aku sempat mengalami rasa kesemutan yang teramat sangat di daerah tangan kiri dan kaki kiri disertai dengan sesak dan sakit di daerah dada dan setelah itu sempet mati rasa walaupun Cuma sebentar. Dan gejala itu disebut stroke ringan yang akhirnya memicu terjadinya vertigo.

Tapi syukurlah aku masih kuat dan Alhamdulillah tidak terjadi sesuatu yang mengkhawatirkan karena aku keburu dibawa ke rumah sakit.


Diagnosis Vertigo
Untuk mengetahui kita kena vertigo atau tidak, dokter akan menanyakan segala hal yang berkaitan dengan sakit kepala yang kita rasakan secara detail.

Mulai dari sensasi vertigo yang dialami seperti melayang, goyang, atau berputar, pemicu timbulnya vertigo, frekuensi kemunculan, durasi dan lain sebagainya. 


Selain itu dokter juga akan menanyakan riwayat medis kita, termasuk misalnya riwayat migrain, cedera kepala, atau adakah infeksi telinga yang kita punya, dan juga obat-obatan yang rutin kita konsumsi.

Karena terkadang ada beberapa obat-obatan tertentu yang juga bisa memicu terjadinya vertigo.

Dan jika diperlukan, dokter akan melakukan tahap pemeriksaan fisik lebih lanjut, yang bertujuan untuk melihat fungsi pendengaran, gerak bola mata dan fungsi otak. 

Selama aku dirawat di RSPON aku melakukan beberapa tes berikut

Tes Romberg
Pada tes ini aku diminta untuk berdiri dengan kedua kaki dirapatkan. Mula-mula aku berdiri dengan mata terbuka, lalu kemudian dokter menyuruh aku menutup mata selama 20-30 detik. Hasil tes aku positif vertigo, karena aku jatuh akibat kehilangan keseimbangan setelah menutup mata.

Tes Unterberger
Di tes ini aku berdiri dengan kedua kaki lurus ke depan dan jalan di tempat dengan mengangkat lutus setinggi mungkin selama 30 detik dengan posisi mata terpejam. Untuk tes ini aku juga positif vertigo karena ternyata aku memutar ke samping ke arah sisi yang bermasalah.

MRI
Tes MRI dilakukan pada saat hari pertama aku dirawat. Hasil tes menunjukkan memang aku ada gangguan penyumbatan pembuluh darah di kepala bagian dengan dan tengah. Ini juga ternyata yang memicu terjadinya vertigo pada aku selain sebelumnya memang ada gangguan telinga berdengung di sebelah kiri.


Cara mengobati Vertigo
Seperti yang aku bilang sebelumnya, seringkali gejala vertigo akan membaik meski tanpa harus minum obat, salah satunya dengan beristirahat.

Cari posisi kita yang nyaman dan enak yang tidak terasa dengan vertigo. Dokter bilang vertigo tidak bisa disembuhkan. Kita hanya perlu  beradaptasi dengan vertigo dan mencari tahu apa pemicunya sehingga kita bisa mencegah dan mengobati nya dengan sementara.

Tapi ada juga beberapa kasus vertigo yang memang membutuhkan pengobatan karena vertigo tersebut juga bisa dikategorikan sudah parah. 

Selama di RSPON aku diberikan latihan-latihan fisioterapi yang bisa dilakukan dirumah untuk meminialisir kambuhnya vertigo.

Latihan tersebut antara lain :
  1. Duduklah dibawah dan dongakkan kepala kita ke atas untuk beberapa detik
  2. Sentuh lantai dengan kepala (seperti posisi sujud). Masukkan dagu kea rah dada sehingga kepala bisa menyentuh lutut. Tahan sampai 30 detik
  3. Masih dalam posisi sujud, putar kepala ke arah telinga yang bermasalah. Kalau pusing disisi kiri berarti putar wajah ke sisi kiri, tahan sampai 30 detik
  4. Kemudian dengan gerakan cepat angkat kepala kita sampai posisinya lurus dengan punggung kta. Tahan sampai 30 detik
  5. Setelah itu dengan gerakan cepat lagi angkat kepala dan duduklah dengan tegak, tapi tetap jaga kepala menghadap bahu pada posisi yang sama dengan telinga yang bermasalah. Lalu berdiri dengan perlahan


Kita bisa ulang beberapa kali untuk mengurangi pusingnya. Jangan lupa kasih waktu istirahat selama 15 menit sebelum memulai kembali.

Setelah melakukan latihan tadi, cobalah untuk tidak menggerakkan kepala kita terlalu jauh ke atas atau pun ke bawah dalam beberapa saat. 

Aku melakukan terapi ini secara rutin. Dan Alhamdulillah gejala vertigo aku sedikit berkurang. 

Selain itu aku juga mengurangi makan garam, juga tidak terlalu banyak makan cokelat dan minum kopi.

Selebihnya aku juga selalu menjaga kondisi badan dan juga pikiran kita agar selalu positif thinking. Inshaa Allah penyakit tidak akan datang ke badan kita.

Seperti kata dokter “Vertigo tidak bisa sembuh, aku hanya perlu beradaptasi saja dengan keadaan itu”

Semoga artikel aku bisa bermanfaat buat readers yaa…


See youuuuuu

Tya

Komentar

  1. Informatif sekali mbak artikelnya, bisa jadi bahan bacaan untuk yang punya vertigo atau pun ngga. Wah jadi emang sensasinya ky muter2 ya, aku sakit kepala aja udah gak kuat, apalagi vertigo. Mudah2an gak kambuh lagi ya mbak vertigonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga. Alhamdulillah kalo bermanfaat ya infonya.

      Iya bener sensasiny itu muter2 sangat...

      Hapus
  2. Hi Mbak, Mamaku kena gejala ini sudah lama banget, tapi katanya karena syaraf tuh. Baru seminggu yg lalu kambuh lagi, katanya sih sampe gak bisa gerak, jadinya cuma tiduran aja di kasur. Huhuhu... karena aku jauh aku jadi bingung sendiri, soalnya cuma tinggal berdua sama adekku. Tapi info mbak ini membantu banget, aku nanti share ke Mama aku. Smoga gejalanya berkurang.

    BalasHapus
  3. Suamiku baru kena vertigo sekitar 2 bulan lalu. Waktu itu dia lagi duduk-duduk baca seperti biasa dan tiba-tiba kepala terasa pusing sekali dan rasa ingin muntah. Alhamdulillah gak jadi muntah. Pusingnya gak tertahankan dan beda dengan pusing biasa jadi dia langsung minta di antar ke klinik 24 jam. Alhamdulillah langsung ditangani dan sekarang sudah membaik. Thanks for sharing your stories ya Mbak.Help a lot! :)

    BalasHapus
  4. Lengkap banget Mbak. Saat saya SMP, saya pernah merasa berputar yang hebat, kencang dan penglihatan hitam. Baru SMA saya periksa, dokter menyatakan saya vertigo. Saran dokter, jangan terlalu banyak mikir, atau vertigo ini merupakan tanda adanya penyakit di dalam tubuh. Jadi, saya diminta dokter untuk selalu relaks dan mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh. Makasih sekali sharingnya Mbak,

    BalasHapus
  5. Wah, terima kasih sharingnya tentang vertigo. Kukira vertigo itu penyakit yg bisa disembuhkan dengan minum obat, ternyata tidak ya. Bedanya migrain dgn vertigo apa ya mbak?

    BalasHapus
  6. MBak, terima kasih ya informasinya. Saya dua tahun belakangan juga 3x kena vertigo. Cuma sekali ke dokter dan dikasih vitamin saja.

    Belakangan malah jadi takut. Dan biasanya kambuh kalau pola makan gak benar dan istirahat kurang. Alhamdulillah bisa membaik. Kayaknya olahraga dan pola makan juga berpengaruh ya.

    Oh iya, nenek saya juga kemarin kena struk ringan. Sampai tidak bisa menulis. Awalnya adalah vertigo juga. Ini jadi peringatan buat saya agar menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  7. pasti nggak nyaman sekali ya kalau vertigo sedang menyerang..

    saya kalau kecapekan juga kadang sakit kepala. bisa reda dengan makan enak lalu tidur..

    BalasHapus
  8. Vertigo tidak bisa sembuh? Wah mesti hati-hati dengan yang satu ini. Mungkin bisa dihindari hal-hal yang dapat mengarah pada sebab vertigo. Melihat gejalanya mirip dengan yang dialami saudaraku.

    IInformatif sekali, terimakasih

    BalasHapus
  9. Ternyata vertigo banyak sebabnya. Tapi kalau dilihat cara tesnya. Ada yang bisa dilakukan sendiri untuk diagnosa awal. Seperti berdiri sambil menutup mata

    BalasHapus
  10. Wah infonya bagus banget, saya sering bermasalah dengan migraine sih. Sejauh ini alhamdulillah belum mengganggu banget. Kalau sudah kambuh saya bawa tidur.

    BalasHapus
  11. Banyak pengetahuan baru setelah baca ini :) Btw buat juga dong mbak tentang migrain hehe, soalnya aku sering nih kena migrain.

    BalasHapus
  12. Jadi bener ya mba, kalo sujud bisa mengurangi vertigo. Semoga terus berkurang gejala vertigonya ya mba

    BalasHapus
  13. Kebetulan ibu mertuaku vertigo. Ini sangat informatif buatku dan suami, karena selama ini kita hanya bisa minum obat dan obat saja, gak tahu kalau bisa menguranginya dgn gerakan tertentu...

    BalasHapus
  14. Bbrp bulan lalu tante aku sempet masuk RS diagnosa katanya kena vertigo.. jadi seperti ini toh penjelasannya.. thankyou yaa kak tulisannya bermanfaat banget

    BalasHapus
  15. Vertigo bisa dibantu dengan terapi yoga gitu ga?

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah sih, cuma kata kawan-kawan jadi takut matahari dan kepala pusing sekali, benarkah?

    BalasHapus
  17. bermanfaat banget nih tulisannya, seingetku waktu aku kecil aku sering banget ngerasa pusing yang sampe muter muter gitu dan baru tau kalo namanya vertigo, emang dulu ga pernah di apa apain juga cuma di istirahatin aja

    BalasHapus
  18. Wow, mengenalkan vertigonya sangat detail loh, mamtab.. apalagi verrtigo dialami banyak orang termasuk ibu saya.

    BalasHapus
  19. masih bingung tentang vertigo, tapi setelah baca ini jadi mencerahkan haha. thanlyou kak informasinyaa. semoga kita semua sehat selaluu

    BalasHapus
  20. Sering banget vertigo apalagi jaman SMA dulu karena bawaan sibuk kali ya banyak kegiatan. Tapi Alhamdulillah sekarang udh gak sesering dulu

    BalasHapus
  21. Hape ngaruh ga yah kak menjadi penyebab vertigo, Ada pertanyaan dkter soal obat yang sering kita komsumsi, AKu ga ngerti sih kenapa aku sekarang jadi males minum obat. Apalagi dokter lebih seneng kasih antibiotik sedangkan anti biotik yang ga abis malah bikin kekebalan tubuh menurun jadi smenjak itu aku kurangi banget komsmsi obat dan tanya bener-bener fungsi tiap obat. hihihi

    BalasHapus
  22. Beberapa waktu lalu papaku juga didiagnosis terkena vertigo mbak.. gejalanya hampir sama dengan yang mbak paparkan diatas. Tetapi papa saya baru kena gejalanya saja. memang kalau sudah kena vertigo biasa gak boleh kayak kaget / stress gitu ya mbak? soalnya papa saya pernah kambuh vertigonya karena stress

    BalasHapus
  23. :( aku alhamdulillah engga vertigo , semoga kita diberi kesehatan terus ya kakak,

    BalasHapus
  24. Sama-sama ga enak, ga punya penyakit vertigo, tapi ku punya penyakit darah tinggi.

    BalasHapus
  25. MAkasih mbak sharingnya soal vertigo. Aku awam banget soal ini dan ternyata jenis maupun penyebabnya macam macam ya.

    BalasHapus
  26. Bermanfaat banget nih mbaa. Aku punya kakak perempuan yang kena vertigo kalau vertigonya udah datang bisa pusing dan pingsan mba. Nice artikel. Thanks for sharing mbaaa

    BalasHapus
  27. Nice info mba, tetanggaku belum lama ini kuga ada yang kena vertigo sampai dia gak sadarkan diri
    Bearti untuk menegakkan diagnosa vertigo harus dilakukan serangkaian tes yah mba

    BalasHapus
  28. Wahh, saya sering sakit kepala dan selalu was was kalau itu vertigo, tp setelah baca tulisan kaka. Spertinya bukan vertigo...�� Alhamdulillah

    BalasHapus
  29. wah, begini ya caranya suami sering mengeluh sakit kepala sebelah nih, kebetulan bisa baca artikel ini. thanks ya mba

    BalasHapus
  30. Saya pernah terkena juga. Lama juga ada kali tiga tahunan mah. Alhamdulillah sekarang udah nggak.

    BalasHapus
  31. Informatif banget kak. Bude ku sering ini kena vertigo, kalo lagi kumat gak bakalan bisa apa" lagi

    BalasHapus
  32. serem banget emang ya kalo udah kena vertigo kaya gini, temenku pernah masuk rumah sakit karena vertigo selama 3 hari

    BalasHapus
  33. aku pernah ke vertigo dan untungnya hanya sekali, itu aja mengganggu banget. Tapi bener penyebabnya kupingku bagian dalam lagi sakit

    BalasHapus
  34. jauh2 dhe vertigo, haduh ampun kalo kumat mana rasanya eneg bgt, bumi srasa berputar, sampe ga brani buka mata. makasih infonya ya kak, berguna sangat

    BalasHapus
  35. Belum pernah mengalami vertigo, tapi kalo sakit kepala mah sering apalagi dulu pas lagi diet ketat :)

    BalasHapus
  36. Ibuku baru-baru ini lagi sering pusing dan kliyengan, periksa ke UGD gejala vertigo, sayangnya belum sempet ke dokter spesialis. Dugaanku sih karena kolestrol, mungkin setelah minum obat kolestrol kalau masih pusing mau ibu ke dokter. Oh iya kak, ini kalau mau test MRI di RSPON harus dirawat? Bisa pakai asuransi kan ya?

    BalasHapus
  37. Iya aku juga sering pusing kakak. Coba mau test MRI dan RSPON. Apakah bisa pake BPJS kak

    BalasHapus
  38. dulu, tau aku ada vertigo itu waktu awal2 kuliah.. sudah sampai test MRI segala sih.. alhamdulillah sampai skarang masih belum sembuh vertigo nya, masih sering "kumat" 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se