Langsung ke konten utama

Family Trip at Gunung Papandayan, Garut

Halllooooowww

I’m back… Aku mau menepati janjiku yang kemarin untuk membahas tentang review tempat wisata yang asyik di Garut (Asyik menurut aku yaaa… mudah2an sih menurut kalian semua juga asyik. Hehehe..)

Kemarin aku bahas tentang Tempat Wisata Cagar Budaya Candi Cangkuang. Gimana menurut kalian semua ? Kira2 ada plan buat kesana juga ga? Sesekali lah boleh dicoba. Aku sempet ngobrol dengan beberapa saudara dari suamiku yang emang kebetulan orang Garut asli. Pas aku ngomong tentang aku yang habis dari Candi Cangkuang, ternyata mereka belum pernah sama sekali ke sana. Dan mereka juga ga tau kalo ternyata itu jadi tempat wisata. Mereka taunya ada candi aja tapi ga tau kalo sekarang banyak orang2 yang datang kesana. Ketika aku kasih review tentang apa dan gimana lokasi wisata Candi Cangkuang, diluar dugaan mereka juga akan datang ke sana buat melihatnya juga. Yeayyyy… ternyata aku berhasil ya memikat warga Garut asli untuk datang ke lokasi cagar budaya yang emang dilindungi oleh Negara dan sekarang jadi lokasi wisata. Good Job for me !!! (Narsis… wkwkwkwk)

Next… kemarin itu setelah aku pulang dari Candi Cangkuang niatnya aku mau langsung ke lokasi tempat liburan kedua. Yaitu ke Gunung Papandayan. Yup.. aku dan keluargaku akan ke gunung. Tapi bukan naik gunung sampe ke atas gunungnya ya guys.. Hanya sampai kawahnya saja. Maklum bawa orang tua, bayi dan anak2. Jadi ga mungkin juga jalan2 se ektrem itu. Hehehe.. Aku hanya ingin memperkenalkan ke anak2 tentang wisata alam. Dan sekarang alam yang mau kita tuju adalah gunung. Dan anak2ku pun kebetulan seneng banget pas waktu aku bilang kita mau ke gunung.

Tapi ternyata eh ternyata ke Gunung Papandayannya ga langsung jadi guys. Karena kebetulan mama mertuaku udah agak lelah. Jadinya aku pending dulu deh. Aku dan keluargaku akhirnya pergi ke rumah adiknya mama mertuaku yang ada di Garut juga. Kebetulan lokasi nya juga ga jauh dari lokasi Candi Cangkuang. Nama daerahnya Kiaragoong. Jadi langsung cuzz deh ke sana.

Alhamdulillah selama di Garut ini aku ga perlu repot2 cari hotel guys. Karena kebetulan banyak sanak saudara di Garut. Jadi aku nginep aja dirumah saudara. Free… mengurangi biaya penginapan juga kan. Hahahaha… Intinya seharian itu setelah aku pulang dari Cangkuang, aku Cuma dirumah saudaraku sambil jalan2 sekeliling daerah Kiaragoong aja.

Oiya sekedar mengingatkan, kemarin aku berangkat ahri rabu. Dan hari kamisnya kebetulan sudah Hari Raya Idul Adha, jadinya hari kamis itu seharian aku dan keluarga besar suamiku hanya focus untuk merayakan hari raya. Dari mulai sholat Ied, potong sapi, makan2 sambil kumpul bersama keluarga besar di daerah Hangasa, Kadungora. Dan untuk planning ke GUnung Papandayannya aku putuskan pergi hari Jumat. Dan ternyata guys, ketka aku bilang ke keluarga besarku kalau aku mau ke gunung papandayan mereka mau ikut semua. Antusias banget. Katanya mereka juga sama sekali belum pernah ke Gunung Papandayan padahal mereka semua orang Garut. Dan yang lebih lucunya yang akan ikut ke Gunung Papandayan adalah nenek2 dan kakek2 semua. Omaigat.. kebayang ga sih kaya apa ya nanti jadinya kalo pas udah jalan ?? Hehehehe…

Oke.. Let see tomorrow.. besok kita akan piknik sekeluarga ke Gunung Papandayan.

Seperti biasa aku orang yang selalu punya planning kalau bepergian kemana2. Termasuk ke Gunung Papandayan ini. Aku jadualin kalo kita akan pergi jam 6 pagi. Tapi karena yang ikut gabung dengan aku adalah orang tua dan anak2, jadual pergi mundur jadi jam 8. Dengan alasan mereka harus mempersiapkan semuanya. Hufffttt… agak sedikit kecewa sih. Karena aku ga suka jalan siang. Alasannya takut macet, belum lagi perjalanannya yang agak jauh dari lokasi menginap aku sekarang. Kira2 kurang lebih 2-3 jam perjalanan (dengan kondisi tidak macet ya.) Belum lagi kalo jalan siang nanti pas sampai di lokasi wisata Gunung Papandayannya akan sebentar pula alias ga bisa lama2. Tapi ya sudahlah.. aku nurut aja. Lagipula gapapa juga sih, dengan begitu jadinya aku punya tour guide yang nanti akan kasih tau jalan dari lokasi aku menginap (di Kiaragoong) ke lokasi Gunung Papandayan. Intinya… dinikmati aja.. kan namanya liburan.. jadi judulnya kudu Have Fun..

So.. berangkatlah aku jam 8 pagi dengan konvoi 5 mobil. Oiya tadinya aku mau jalan ke Gunung Papandayan pake mobil aku sendiri. Tapi sebelum jalan aku tuker mobil dulu. Karena ga mungkin juga ke gunung pake mobil Mercy bisa diketawain orang entar.. Hello… ga salah tuh naik gunung pake Mercy ??!!! Hahahaha.. jadinya tuker mobil punya sepupu dari suamiku dulu. Biar enak. Jadilah pake Avanza. Oke aman lah… (Btw ini bukan iklan ya…?

Aku sedikit certain tentang perjalanan ke Gunung Papandayan ya guys. Sebenarnya aku ga terlalu paham sih jalan ke sana. Aku kasih gambaran yang aku tau aja ya. Jadi wisata Gunung Papandayan itu adanya di Kecamatan Cisurupan Garut, yang emang ga begitu jauh lokasinya dari kota Garut. Untuk jalan ke sana kita cukup menuju kea rah Cisurupan yang searah dengan rute Pantai Santolo. Selama perjalanan dari Kiaragoong yang aku tau aku lewat Leles dan daerah Samarang. Di daerah itu masih agak lancer guys perjalanannya alias ga terlalu macet. Tapi pas ketika udah mau deket ke Alun-alun Cisurupan udah mulai agak padat dan macet jalannya. Cuma ga terlalu banget sih. Nah kalo udah ketemu Mesjid Agung Cisurupan itu artinya kita udah mulai masuk ke lokasi Gunung Papandayan. Dari Mesjid tadi kita ikutin jalan aja. Akses jalan sih sekarang udah lumayan bagus. Dulu pas aku ke Gunung Papandayan tahun 2003 jalannya masih jelek. Sekarang sih Alhamdulillah udah mulus banget. Cuma jangan kaget ya jalannya agak berbelok2 dan agak naik kaya di Puncak gitu. Tapi kita disuguhin pemandangan yang bagus banget kok. So.. tetep dapet hiburannya juga kan..





Balik lagi… jadi aku dan keluargaku jalan jam 8 pagi. Dan sampai disana jam 11 siang. Wow.. lama juga ya.. 3 jam booowww… Udah kaya dari Bekasi ke Bandung. Hihihihi… Udah gitu pas sampe disana aku ga langsung naik ke gunung. Karena pada saat itu hari Jumat jadinya yang laki2 pas sampe pada mau sholat jumat dulu. Dan yang perempuan2 pastinya kita isi tenaga dulu alias makan siang. Keluarga besarku ada yang bawa makanan, ada juga yang makan di tempat makanan yang ada disana. Untuk harga yang ditawarkan lumayanlah ga terlalu mahal pula. Oiya untuk masuk ke lokasi Gunung Papandayan kita cuma bayar Rp. 10.000 aja per orang. Cuma untuk parkir kendaraan agak mahal banget. Untuk mobil Rp. 40.000 dan untuk motor Rp. 20.000. mmmm… it’s okelah namanya juga lokasi wisata ya. Untuk masalah menaikkan harga semena2 yang punya tempat kayanya udah biasa juga. Hehehehe…





Setelah sholat jumat dan makan siang selesai, barulah aku dan keluargaku naik ke Gunung Papandayan. Tapi guys dari semua sanak saudara ku yang ikut ternyta yang naik hanya keluargaku dan sepupu2ku aja sama anak2nya mereka. Mama mertuaku dan adk2nya ga jadi ikutan naik. Katanya cape… Haiiyaaaah… Nek Nek.. ga kuat ya.. Ya udh tunggu dibawah aja ya sambil tiduran. Kebetulan dibawah di deket tempat parkir itu juga ada tempat nunggu yang bentuknya seperti pendopo. Enak dan nyaman juga lah. Jadi kalaupun nunggunya lama mereka gapapa juga. Karena tempat nunggunya enak pula.

Perjalanan naik pertama dimulai. Masih enak nanjaknya. Masih rata juga jalannya. Kalaupun udah mulai naik ga terlalu terjal juga naiknya. Aku anak2 dan suamiku masih bisa dan sanggup naik. Intinya dinikmati aja. Pemandangannya beneran indah lho guys.. Aselik… Enak sejuk.. walapun cuaca terik tapi aku ga berasa gerah dan kepanasan. Yang ada malah kedinginan. Karena gunung kali yaa…





Di lokasi ini selain bisa liat view pemandangan bukit2 dan bebatuan yang sangat bagus, kalian juga bisa liat kolam bekas letusan yang adanya di pinggir kawah. Kolam itu isinya air belerang yang konon katanya banyak khasiatnya. Jadi aku mampir disitu dulu buat berendam kaki sekalian rehat dulu.







Selain itu ada juga padang edelwesi tegal alun yang katanya merupakan salah satu padang edelweiss terluas di Indonesia. Tapi sayangnya aku ga sempet sampai ke sana karena keburu kelelahan dan waktunya sudah agak sore pula. Plus anak2 juga udah lelah katanya.

Sekedar informasi bagi kalian yang mau coba naik gunung, jalur pendakian gunung papandayan katanya tergolong mudah kok buat pemula, karena tidak terlalu banyak tanjakan yang ekstrim dan medan yang sulit. Kalian bisa kelilingin kawasan ini sendiri atau bisa juga pake guide. Jadi buat yang ga biasa naik gunung yang ini boleh dicoba.





And finally ga berasa yaa Cuma naik gunung gitu aja (sampai kawah edelweisnya juga belum) cukup memakan waktu lama. Dari aku naik jam 1 siang, aku turun lagi ke bawah sampe jam 4. Sampai yang nunggu dibawah tidur pulas karena saking lamanya. Hahaha..





Dan ternyata diluar dugaan aku pula, untuk turun gunung itu lebih susah daripada naiknya. Aku dan anak2 mesti hati2 banget buat turunnya. Takut jatuh, banyak pegangan. Untungnya kita semua pakai sepatu yang nyaman. Asal hati2 Inshaa Allah akan aman turunnya.





Last but not least.. To be honest ini pengalaman yang sangat seru. Aku dan anak2 sangat nikmatin banget. Jarang banget kita dapet petualangan yang kaya gini. Mungkin kalo anak2 udah pada besar nanti kita bisa naik gunung papandayan ini dengan lebih serius.

So… enough dulu ya guys tentang Gunung Papandayannya. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Besok kita review destinasi yang terakhir..

see youuuuuuuu


Tya

Komentar

  1. Lagi lagi agrut emang bikin ngiler buat dipake nge trip. Sayangnya selalu terlwatkan hanya karna ke garut kadang hanya ke makam bapa saja.

    BalasHapus
  2. Wihhh rekomen nih di list dlu agh

    BalasHapus
  3. 2 tahun lalu aq kesini sama keluarga kecilq, waktu itu anak bontotq masih umur 9 bulan pas aq ajak naik kesini. Inshaallah nanti kalau anak2 sdh besar mau kesini lagi. Papandayan we miss u....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Launching Susu Kambing Formula Karihome

Hai Moms.. Berbicara tentang konsumsi susu untuk anak-anak, apakah ada yang sudah pernah memberikan susu kambing pada si kecil ? Kalau ada yang sudah pernah, apakah si kecil suka dengan susu kambing ? Pasti ada yang suka, ada juga yang engga suka yaa.. Memang wajar sih Mom. Karena katanya susu kambing aromanya agak bau-bau gimana gitu yaa..  Tapi.. sekarang ada lho susu kambing untuk anak-anak dan tidak bau. Apalagi ini susu kambingnya termasuk susu formula. Wah.. susu apa ya kira-kira ?  GRAND LAUNCHING KARIHOME Nah jadi ceritanya Mom hari sabtu kemarin tanggal 18 Desember 2021, aku tuh happy banget karena dikasih kesempatan untuk menghadiri Grand Launching Karihome. Nah, Karihome ini adalah rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak yang berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produsen dari Karihome adalah Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand. DGC ini adalah lembaga kemitraan yang didalamnya terdapat 67 peternak sebagai p

Wajah Cerah Dengan Triple Glow Serum

Hai Hai Beautiess… Siapa nih diantara kalian yang resolusi tahun 2022 ingin wajahnya semakin glowing ? Wah.. toss dulu dong .. Samaan nih kita. Hehehe... Tahun 2021 kemarin buat aku adalah masih tahun terberat. Lebih karena efek pandemi yang tidak kunjung selesai, yang mengakibatkan stres dan berujung pada tidak sehatnya kondisi wajahku. Sampai akhirnya memasuki tahun 2022 aku berniat bahwa salah satu resolusi yang harus dicapai adalah aku harus lebih ekstra merawat kesehatan kulit wajah aku. Karena jujur sebelumnya aku agak malas merawat kulit wajah. Mungkin karena pandemi yang mengharuskan aku untuk tetap di rumah aja, jadinya waktu itu aku berpikiran ngapain juga sih bersih-bersih muka, kan ga kemana-mana juga. Tapi ternyata kesini-sininya itu kulit aku jadi tidak terawat, kusam, ada jerawat, dan kok malah jadi sedikit berminyak. Padahal kulit aku kering lho … Akhirnya aku putuskan, oke.. aku akan rawat lagi wajahku, aku akan rajin skincare-an , rajin bersih-bersih, rajin m

Molto Korean Strawberry, Pewangi dan Pelembut Pakaian Terbaik

Hai Moms ... Pusing ga sih kalau di rumah banyak cucian ? Sama dong kaya aku. Apalagi pas libur Hari Raya Idul Fitri kemarin. Setelah hampir seminggu aku mudik lebaran, sampai di rumah cucian aku langsung banyak dong . Ga kebayang bau baju kotor semua anggota keluarga aku. Belum lagi harus berapa lama ya durasi aku untuk cuci-cuci baju yang setumpuk itu. Ditambah lagi sekarang kan musim hujan ya. Baju-baju yang dijemur juga pasti lama banget keringnya. Dan kalau masih setengah basah kadang suka ada bau apek gitu ya Moms . Kalau udah kaya gitu, solusi aku untuk cucian yang bau apek pasti aku pilih pewangi dan pelembut pakaian yang super duper wangi, dan ga bikin cucian jadi bau. Nah kemarin aku baru nemu nih pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry . Ihh.. tau aja ya aku lagi tergila-gila nonton drama korea nih. Eh .. tau-tau nemu pewangi dan pelembut pakaian ala-ala Korea gitu. Apalagi yang keluarin dari Molto dan Unilever. Pasti dijamin oke nih . Mau tau se